Minggu, 12 Agustus 2012

Roda

Kalau mendengar kata roda, apa sih yang terbayang ? Pasti roda kendaraan kan ? Di Parongpong ada benda lain nih yang juga disebut dengan kata roda.

Benda yang sedang didorong Fauzan ini nih yang disini disebut Roda. Biasanya lebih besar ukurannya dari yang ini. Digunakan untuk mengangkut barang yang cukup berat. Terbuat dari kayu, memakai satu roda di bagian depan.

Karena yang ini ukurannya kecil, bisa dipakai anak-anak untuk bermain. 

Walau sederhana, tapi mampu membuat anak-anak tersenyum bahagia.

Pemilik roda yang dipakai Fauzan itu adalah temannya yang pakai celana merah. Saat itu dia belum mempunyai sepeda. Oleh ayahnya, sementara di buatkan roda ini. Ternyata Fauzan lebih  memilih roda ini lho daripada sepeda, lebih unik kali ya. Sayangnya, setelah temannya Fauzan itu sudah punya sepeda, roda mini-nya ini di rombak lagi oleh ayahnya. Dijadikan roda yang lebih besar. 

Apa di daerah teman-teman ada juga roda seperti ini ? Kalau yang tinggal di kota, kemungkinan kecil ya bisa menemukan alat sejenis ini.

43 komentar :

  1. Betul bu Dey, anak2 saya tdk mengenal permainan sejenis Roda ini. Pegangan mrk ya spt umumnya anak2 skrg dan memilih sepeda tentunya. Padahal mainan yang spt itu, anak2 berinteraksi dgn temannya ya... Gantian mendorong jadi seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tempat saya masih ada beberapa permainan tradisional mbak, walau sama aja sih, anak2 disini juga banyak main mainan modern.

      Hapus
  2. Senyumnya Fauzan hepi bangetttt....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, dia terpesona dengan mainan baru-nya itu ..

      Hapus
  3. Di tempat saya ndak pakek ini Bu... Tapi pake Arco... Tinggal soroooong ehehehe.

    Kalo anak2 sudah banyak yg pakai sepeda, tp ada juga yg mainan dari kayu, tapi rodanya 2 Bu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini banyak juga kok yang pake Arco, tapi sebagian juga ada yang membuat dari kayu seperti ini. Harganya kan lebih murah ...

      sepeda & mainan modern juga banyak di mainkan disini, yang tradisional cuman dikit.

      Hapus
    2. Arco itu jenisnya kayak gimana ya Mbak? Saya kok baru tau namanya neh.

      KAlau ROda kecil kayak punya FAuzan dan temannya pernah sih lihat yg digunakan di PKL itu.

      Hapus
  4. bentuknya unik juga ya bu...saya malah baru kali ini lihat roda yang begitu

    disini nggak ada roda seperti itu bu...adanya yang dari besi merk arco itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hasil kreatif masyarakat disini, soalnya harga Arcp lebih mahal.

      Hapus
  5. ada iklan yang diperankan Doyok, tinggal sorong.
    Di beberapa tempat berbukit, malah ada yang bikin alat angkut mirip motor bahkan ada yang mirip mobil mini yang terbuat dari kayu dan digunakan untuk ngangkut hasil bumi, rumput atau lainnya.
    Kalo di tempat saya terbuat dari besi dan beli hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih besar biasanya disini juga dipakai untuk mengangkut hasil bumi, rumput, dll.
      Yang tinggal sorong itu kan lebih mahal, walau banyak juga sih yang pakai disini .. :)

      Hapus
  6. ada tapi bukan mainan bunda, emang beneran buat angkut barang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga bisa buat angkut barang, tapi jumlah barangnya lebih sedikit .. hehe

      Hapus
  7. wew... itu emang untuk bermain atau emang buat angkutan bu? baru tahu deh disebutnya roda gitu yak.. seperti nyebut satu bagiannya aja.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang lebih besar biasanya memang buat angkut barang, yang kecil juga bisa. Hanya aja kalau yang kecil lebih ringan buat mainan anak2.

      Hapus
  8. rodanya bentuk mobil2an bun kalau disni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eta mah roda momobilan .. hehe

      Hapus
  9. kalo ditempat saya rodanya ada 3 bunda, jadi bisa dibuat seperti mobil di jalanan yang menurun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. didaerah jawa barat juga ada yang roda 3, tapi yang biasa dipakai di tempat saya yang roda 1 ini ..

      Hapus
  10. kreatif yang bikinnya he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. mempergunakan barang yang ada kang .. hehehe

      Hapus
  11. Disini juga ada mbak kereta dorong spt itu, biasanya sih untuk nyangkut memang, tapi juga sering dibuat mainan anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. idenya sama ya mbak sama orang sini, hehehe ..

      Hapus
  12. kalo di jawa barat, derobak suka disebut roda kan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, tergantung daerah di jawa baratnya.

      Hapus
  13. bu dey...
    apa kabar??

    alhamdulillah bisa berkunjung ke mari lagi :)

    gerobaknya lucuu :)
    apa memang disana biasa model gerobak kaya gitu, soale ya baru liat. disini mah ga ada yang model begituan :)
    apalagi yang bisa dimainin anak-anak.

    disni anak-anak mainannya sudah motor matic #bete to the max

    BalasHapus
    Balasan
    1. baikkkkkkkkkkk ..
      sibuk pindahan dari MP ya, heheh ..

      iya, dorongan seperti ini emang banyak disini. Disana modelnya lain kali ya, tapi mungkin fungsinya sama.

      Ah, kebanyakan disini juga mainannya yang modern, untung aja masih ada beberapa tetangga yg punya dorongan kayak gini. Jadi fauzan gak melulu mainan modern.

      Hapus
  14. Owalah, ini namanya roda, to, Mbak..
    Pernah dulu pas jalan2 liat barang itu, ya, lagi dimainin anak2 jga..
    Tapi gag tau namanya --"

    BalasHapus
  15. mbak gambar no.2 krennnn...dijadikan HI pasti menang tuh

    BalasHapus
  16. Kalau ditempat idah ROda seperti itu gak buat mainan, Budey.
    Tapi buat membawa barang. :)

    Ada roda yang buat mainan, tapi dilengkapi dengan genjotan yang seperti ada di sepeda. :)

    BalasHapus
  17. disini roda kaya gtu buat ngangkut ngangkutin kayu bakar !

    BalasHapus
  18. baru lihat ini teh mainan roda :) hemat, ramah lingkungan

    BalasHapus
  19. ngeliatnya aja sy baru skrg kl utk dimainin sm anak2 mbak ^^ Seneng ya liatnya Fauzan & temennya happy bgt ^^

    BalasHapus
  20. main anak anak seperti ini sudah tidak ada ya.... bagus sekali... seneng melihat foto anak yang bermain seperti...

    BalasHapus
  21. wah sdh ndak ada yg kayak gini nih ditempat kita....

    BalasHapus
  22. Aa fauzan senag sekali main rodanya....

    BalasHapus
  23. kalau saya dulu suka main klaher Bu Dey.. Dari papan kecil yang dikasih klaher

    #klaher juga gak ya istilah orang-orang hehehe

    met ganti nama Bu Dey dengan blognya. ada bancakan bubur merahnya ga?

    BalasHapus
  24. Woww kreatif sekali ya Bapaknya teman Fauzan ini, belum bisa beliin sepeda bikin sendiri dan ternyata hasilnya lebih memuaskan..

    BalasHapus
  25. Sekarang di kampung saya sudah jarang ada permainan anak-anak seperti itu. Mungkin karena ayah2nya kurang kreatif ya... :)

    BalasHapus
  26. bah asyik juga bermain mainan ini.

    BalasHapus
  27. mh...itu kaya roda buat ngangkat semen,,,

    BalasHapus
  28. jadi ingat salah satu benda buat berkebun di rumahku :)

    BalasHapus
  29. Hm, ada tapi bentuknya gak kayak gitu hihi...

    BalasHapus