Rabu, 18 April 2012

[Maunya] Tutorial Bunga dari Kertas

Saat mencari tutorial membuat bunga dari kertas untuk hiasan di kartu, ibu sering mendapatkan membuat lembaran kelopak bunga atau daunya di cetak memakai craft punch. Sementara ibu tidak mempunyai alat yang di maksud. Demi rasa penasaran, ibu membuat pola bunga itu dengan cara manual. 

Ssssttt, sebenarnya postingan ini sudah dimuat di blog KEB. Yang sudah pernah membacanya, jangan protes ya .. hehehe. Gak ada bahan postingan nih .. :D

Bahan dan alat yang digunakan :
Kertas bekas untuk pola
Pensil
Gunting
Kertas berwarna (kertas lipat)
Lem atau double selotip

Buat pola untuk bunga seperti gambar paling atas. Ukuran besar, sedang dan kecil. 
Masing-masing 1 lembar
Untuk pola daun, ibu hanya memakai pola yang sebelah kiri.
Pola bisa dibuat di atas kertas bekas.

Jiplak di atas kertas berwarna. Jangan kertas yang terlalu tebal. 
Dalam contoh ini memakai kertas lipat yang biasa dibuat origami.
Lalu gunting sesuai garis.
Untuk daun, ibu memakai gunting bergerigi untuk mengguntingnya.

Masing-masing pola bunga, digunting lagi tiap lekukannya (lihat gambar) ke arah tengah.
Tapi jangan sampai putus.

 
Dengan bantuan ujung gunting, tiap kelopak bunga di buat melengkung 
(lihat gambar).

Tempel bertumpuk. Lembar bunga paling besar di paling bawah, lalu yang sedang, terakhir yang kecil. Setelah bunga terbentuk, pasang di atas daun.
Untuk menempelnya, bisa memakai lem kertas atau double selotip.

Membuat benang sari, memakai kertas berwarna lain.
Buat lingkaran kecil, lalu gunting seperti tampak pada gambar.

Benang sari di tempel di tengah-tengah bunga.
Taraaa .. jadi deh ...

 Bisa di tempel sebagai hiasan pembungkus kado

atau sebagai hiasan di kartu yang kita buat

Hayooo, jangan pada bilang susah ya ...

37 komentar :

  1. hihihi....Ibu kreatif... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jagonya ibu Fauzan nih..
      cantik bangeeuut..

      Hapus
    2. @yustha tt : hehehe, iseng aja sih ..

      @Mama Olive : ah Nchie membuat saya tersipu .. hihihi

      Hapus
  2. Aih...aih...tekun banget nih mbak dey...

    Klo aku yang malesnya gak ketulungan...ambil daun2 kering di luar sono, susun, tempel, jadi deh hahahaha *maksa yak?*

    Makasih loh udah diajarin mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih, rajin itu namanya kalau ambil daun2 kering, saya malah males .. hehe

      Hapus
  3. ibu...
    saya mah godek we ah... sepertinya gampang sih, tapi rasanya ga bakat bikin gini2an teh

    kumaha damang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sama yang berbau korea mah oasti bakat ya bu .. :D

      Alhamdulillah sae, sawalerna kumana ?

      Hapus
  4. alhamdulillah, dapat ilmu kreatif pagi-pagi
    makasih udah berbagi keterampilan, bu
    barakallah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 Mbak, senang kalo bisa berguna ..

      Hapus
  5. izin ah di bukmark, kebetulan istri saya doyan ama berkreasi - kreasi seperti ini teh,hehe..nuhun ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga ...
      Wah, kalau tetanggaan, tiap hari bakal ajak istri maminx gunting2 kertas nih ..

      Hapus
  6. ngga susah sih bu, rumit *halah* qiqiqiqi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, eta mah ngedul we .. :))

      Hapus
  7. Kayaknya sih gampang... :D Ntar liburan nyoba ahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gampang kok, pasti seru bikinnya sambil ngajarin Vales ..

      Hapus
  8. Unguuuu!!

    Aku curiga deh, jangan2 teh Dey dah mulai suka deh sama ungu, kreasinya sering banget yang berwarna ungu..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahaha, saya ngakak baca komen Mama Raja.
      Saya sendiri bingung, sy gak begitu suka ungu, tapi sy punya kerudung ungu lebih banyak dari warna lain, begitu juga dengan pakaian. Padahal ngga diniatin, hanya karena memakai barang jualan yg tersisa.

      Dan untuk kreasi ini, gak sengaja juga, kok banyak koleksi kertas warna ungu ya .. hihihi

      Hapus
  9. hui unyuuu bagus,
    kreatif..

    BalasHapus
  10. aku pengen bisa kreatif kayak gini, tapi nggak telaten Mbak,hehehe.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mbak, asal telaten masak aja .. :)

      Hapus
  11. karena gak bisa buat daun, aku pernah jiplak daun benerannya bun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu juga kreatif namanya .. :)

      Hapus
  12. Teteh...bagus banget...mau sih;)

    Langkah-langkahnya praktis teh, tapi ga yakin aku bisa ikutin step by stepnya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bisa kalau niat mah .. hehe

      Hapus
  13. yang beginian istri saya juga seneng bikin, maklumlah emak-emak ngisi waktu luangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, ngisi waktu daripada nonton sinetron gak jelas .. :)

      Hapus
  14. aaiiihh....dari kertas bisa jadi cantik gini ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aihhh, yang bikinnya juga cantik dong .. qeqqeq

      Hapus
  15. Mbak...kapan2 kalo kopdar ajarin aku bikin beginian yach...aku paling seneng kalo lihat langsung cara bikinnya...tp dari tutorial ini udah bisa bikin sech...tp tetep enakan bikin bareng2 heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuuu .. hayuuu, jadi .. kapan kopdarnya ? :D

      Hapus
  16. Gampang, Bu, bacanya. tapi susah mraktekinnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, kalau Sabila pasti bisa mraktekinnya ..

      Hapus
  17. bunga ungu
    jadi keinget mamanya Raja nih

    BalasHapus
  18. Kalau aku dah nyerah bikin beginian x_x
    Aku gak rapi soalnya hihi

    BalasHapus