Sabtu, 22 November 2008

Batuknya Fauzan

Nulisnya dari mana ya .... mau cerita soal batuknya Fauzan nih.
Fauzan emang sering batuk pilek, tapi gampang sembuhnya juga.
Sejak Fauzan umur 9 bulan, ada benjolan di leher sebelah kirinya, tapi setiap ibu tanyain ke dokter (beberapa dokter), jawabnya sama : biasa kok, kalo anak lagi sakit batuk pilek kelenjar di leher membengkak.
Karena itu bejolan ngga hilang, bulan Agustus 2007 ibu bawa lagi ke dokter. Terus di suruh foto rontgen. Hasilnya : TB paru (tanpa tes manthoux).
Pengobatan deh selama 9 bulan, selesai bulan April 2008. Alhamdulillahnya, Fauzan ngga susah disuruh minum obat tiap pagi. Malah kadang dia yang suka ngingetin kalo ibu lupa. Fauzan bilang, permen obat. Mungkin karena rasanya yang ngga pahit.
Tanggal 4 April 2008, kondisi Fauzan emang ngga sehat. Sedikit demam dan batuk pilek. Hari itu adalah hari pertama Fauzan ikutan PAUD. Kumpul ama anak-anak sebaya yang jumlahnya banyak. Beberapa dari anak-anak itu ada juga yang lagi batuk pilek.
Sejak itu, Fauzan tuh melewatkan hari dengan batuk. Tiada hari tanpa batuk deh. Meski batuknya ngga terus menerus, tapi sehari itu pasti ada batuknya deh. Apalagi kalo sudah tengah malam sampai dini hari atau kalo udah kecapean.
Dokter bilang alergi. Mungkin juga sih, karena kita kan tinggal di hawa dingin. Trus nya lagi, ibu punya alergi juga, bisa jadi turunan dari ibu.

Jum'at kemaren Fauzan ke dokter lagi buat ambil hasil lab, setelah hari Rabunya di rontgen dan di ambil darah juga di tes manthoux. Hasilnya, ada pembengkakan kelenjar paru + alergi. Daya tahan tubuh Fauzan gak terlalu bagus. Kata dokternya sih, bertambah umur semuanya itu akan hilang. Makanya kemaren cuma dikasih vitamin aja.

Daripada bete nunggu dokter yang gak dateng-dateng, mendingan baca majalah dulu

Mampir ke tempat kerja bapak, karena kita datang kepagian ke RS

Fauzan mejeng bareng obat-obatan + vitamin yang harus di minum
(eh, ada puyernya)

Makan Tahu Gejrot sepulang dari dokter

Ada yang bilang, minum susu kambing bagus buat kesehatan paru-paru. Sempet sih dibeliin, dan ternyata Fauzan suka tuh. Disini emang gak begitu susah beli susu kambing, ada di de Ranch, harganya Rp 10.000,-/0,25 liter.
Sebenernya selama ini Fauzan juga minumnya susu sapi murni, karena disini harga susu sapi murni jauh lebih murah di banding susu formula. Wong tetangga sebelah peternak sapi, dah gitu, kita belinya pake harga tetangga, hehehe...

O iya, ada juga yang nyaranin minum susu kuda. Tapi nyarinya dimana ya .... ada yang tau gak ?

5 komentar :

  1. waduh, paling sedih deh klo anak sakit....
    Itu obat2an dan vitaminnya sebanyak itu???
    Alhamdulillah Fauzan pinter ya, gak susah minum obat..
    Makan yang bayak ya Fauzan, biar daya tahan tubuhnya membaik...

    BalasHapus
  2. Susu kambing emang enak yah? Kok fauzan doyan? saya kira susu kambing baunya prengus kayak kambing jd ga bernai nyoba ngrasain hihihi...

    smoga fauzan cepet sembuh yah.. yg rajin minum obat & vitaminnya trs maem yg banyak biar sehat... ;)

    BalasHapus
  3. Duh kacian ya Fauzan...Mudah-2an berjalannya waktu daya tahan Fauzan tambah bagus ya...Amin!!! Oya Mbak Susu Kuda Liar tuh dulu adanya di jalan sebelum Gandhok yang mau ke ciumbuleit dari arah kebon binatang...Atau tanya aja sekitar stopan cimbuleit mungkin pada tau...Tapi gak tau msh ada atau gak, dah lama sich!!

    BalasHapus
  4. mau dong tahu gejrotnya, paporit aku tuh teh

    BalasHapus
  5. sekarang fauzan udah sembuh kan bu? :)

    BalasHapus