TopMenu

Minggu, 23 Januari 2022

Nyawang Bandung, Hutan Pinus yang Menjadi Tempat Wisata

Nyawang Bandung, Hutan Pinus yang Menjadi Tempat Wisata 10 Januari pagi, sudah ada telpon dari Mbak Vivi, "Dey sehat ? Hayu di foto tea. Ini temen-temen mau motoin Dey katanya. Tapi di mana, kan maunya di foto siluet." Kira-kira begitu deh inti obrolannya. Ya ampun, ternyata teman-teman yang saya kenal lewat komunitas fotografi itu mau mengabulkan keinginan iseng saya yang ditulis di caption Instagram. Pernah iseng nulis, ada ngga ya mau memotret saya dalam bentuk siluet.

Mereka tahu kalau saya itu pendek langkah, ngga bisa diajak pergi jauh karena harus jaga kondisi, ngga bisa cape. Jadi malah pada mau nyamperin saya. Huhu, terharu. Mana yang mereka adalah fotografer senior. Senior secara ilmu dan secara usia juga, hehe. Hasil foto mereka jangan ditanya, keren-keren deh.

Lupa jam berapa, akhirnya Mbak Vivi sampai rumah. Ngobrol ngalor ngidul sambil nungguin teman yang lain. Tapi kok ngga dateng-dateng ya. Ealah, ternyata Mbak Vivi salah lihat obrolan di WA katanya. Harusnya tanggal 11 bukan tanggal 10. Hehehe .. ya udahlah, masak iya balik lagi. Dengan diantar suami, saya dan Mbak Vivi ke Nyawang Bandung, hutan pinus yang menjadi tempat wisata. Lokasinya masih ada di sekitaran sini. Mau ke perkebunan teh Sukawana kok ya bosen, meski di atasnya ada hutan pinus juga, tapi jalanannya berbatu. Rada lumayan repot kalau naik kendaraan. Mau jalan kaki, udah pasti saya yang nyerah.

Udah lama juga saya pengen ke Nyawang Bandung, suka lihat foto-fotonya di Instagram. Apalagi suami sudah pernah ke sini juga. Kalau dia sih karena hiking bareng tetangga-tetangga di sini. Lewat perkebunan teh Sukawana, bisa lanjut ke Nyawang Bandung karena letaknya memang sejajaran. Sama-sama di kaki Gunung Tangkuban Parahu. 

Untuk mencapai Nyawang Bandung ini lewat jalan yang ke arah Lembang Asri, salah satu komplek Villa di sini. Nanti ada petunjuk arahnya. Jalan menuju hutan pinus dari Lembang Asri hanya cukup untuk satu mobil dan sudah pasti mendaki. Harus yang udah mahir berkendara nih kalau ke sini. Kelihatan sekali kalau jalanannya baru dibuat. Tapi pemandangannya, Masya Allah, indah banget. Apalagi  langit sedang cerah kala itu. Dan saya baru ingat pas sampai rumah, dulu jaman SMA kayaknya pernah ke sini deh sama teman-teman. Dulu sih jalan kaki dijabanin aja. 

Sampai lokasi, suasananya tidak ramai. Karena kami datang pas selesai liburan akhir tahun dan hari kerja pula. Sepertinya kalau liburan suasananya beda. Terlihat dari sampah yang banyak menumpuk, sisa liburan di hari sebelumnya dan belum sempat dibereskan oleh petugas.

Ini foto-fotonya.


Kenapa dinamakan Nyawang Bandung, mungkin karena dari tempat ini bisa melihat kota Bandung dari ketinggian. Nyawang dalam Bahasa Sunda artinya melihat.

difotoin suami

difotoin Mbak Vivi

Bersyukur karena datang ketika tidak ramai pengunjung. Suasananya cukup hening, bisa mendengar kicau burung, suara angin diantara dedaunan, menghirup udara tanpa memakai masker. Alhamdulillah.

Difotoin Mbak Vivi

difotoin Mbak Vivi
Udahlah, emang lebih nyaman di belakang kamera daripada jadi model, hahahaha.


Lagi asik foto-foto, tampak dikejauhan ada petani yang baru pulang mencari rumput. Naluri fotografer, Mbak Vivi langsung lari mengejar. Kapan lagi bisa dapat momen seperti ini. Saya motret dari jauh aja deh pakai ponsel.

Foto bareng fotografernya, yang sebenarnya saya kenal lebih dahulu  karena sama-sama ngeblog. Makasih banget ya Mbak Vivi. Pasti belum puas menjelajah Nyawang Bandung, hutan pinus yang menjadi tempat wisata itu ya. 


16 komentar :

  1. Aku suka deh foto Dey yang lagi pegang kamera. Jadi pengen difoto2 di hutan Pinus euy xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, model abal-abal itu.
      Sini main ke Parongpong, banyak hutan pinus buat foto-foto.

      Hapus
  2. Akhmad Muhaimin AzzetSenin, 24 Januari, 2022

    Jalan ke hutan pinus, foto-foto, menghirup udara segar, alhamdulillaah.... ikut seneng rasanya. Sehat selalu ya, Teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak, Alhamdulillah ini.
      Aamiin, sehat-sehat juga Pak.

      Hapus
  3. Udah lama gak main ke hutan pinus. Jadi pengen juga deh. Lumayan buat nyegerin mata dan pikiran ya, Mbak. Jalan tipis-tipis juga oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo sini, jalan di hutan pinus bareng saya.
      Jalannya jangan pas rame pengunjung aja, biar makin terasa segernya.

      Hapus
  4. seruu euyy popotoannya. apalagi difotoin sama fotograper handal.
    terakhir kita sekeluarga ke hutan pinus gunung pancar bogor malah berujung kecewa krna udah ga alami dan banyak spot foto. harusnya masuk ke dalam hutan lagi, tapi aku ga kuwat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotografernya handal, tapi modelnya abal-abal, hehe.
      Ngga tau nih, ini belum lama dibuka untuk wisata, jadi masih alami. Mudah-mudahan tetap alami deh.

      Hapus
  5. Jadi kangen maen ke bandung teh. Dulu aku pernah ke Tahura, di situ juga bagus pemandangannya. Cuma jalannya ya masya Allah bikin deg-degan. Hehe

    Nyawang bandung ini masih dikelola perorangan atau udah ada karcisnya, teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum pernah ke Tahura, hehe. Dan dari Tahura bisa tembus jalan ke Lembang.

      Info pastinya saya kurang tahu dikelola oleh siapa, sepertinya sih swadaya desa. Soal karcis juga kurang tahu nih, kemarin saya bayar sukarela aja. Ada portal yang dijaga gitu sebelum masuk lokasi.

      Hapus
  6. Aura sehat semangat Jeng Dey merambat melalui foto-foto di hutan pinus Nyawang Bandung. Aa Fauzan, ntar budhe minta tolong difotoin di hutan pinus ya.
    Salam hangat buat keluarga Parongpong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Bu. Jalan di alam terbuka seperti ini memang membuat bahagia dan semangat sehat.

      Ayo Bude, kapan ketemuan lagi. Sekarang Fauzan udah dibolehin pake kamera Ibu.

      Hapus
  7. Jalan-Jalan KeNaiRabu, 02 Februari, 2022

    Jadi semakin pengen ke tempat Mbak Dey. Niat yang belum kesampean juga sampai sekarang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kan Chi juga udah sering main ke hutan sekitaran Lembang, sama aja sih, sama-sama hutan, hehehe

      Hapus
  8. Kangen maen ke alam (padahal belum lama sebulan lalu maen ke alam hihhi). Kangen juga difotoin Teh Dey :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu sini kalau mau main ke alam, difotoin lagi, meski hasilnya ya cuma gitu-gitu aja :D. Ngikutin Nchie aja, pasti nyampe, hehe

      Hapus