Selasa, 04 Januari 2022

Konsisten Menulis di Blog, Bisa Ngga ?

Konsisten menulis di blog, bisa ngga ? - Kenapa sekarang ngerasa makin ngga mood buat nulis di blog ya. Tahun 2021 kemarin aja cuma ada 2 postingan di blog ini. Kalau di Facebook masih lumayan, nulis status bisa panjang yang sebenernya bisa jadi satu postingan di blog. Saya merasa di Facebook bisa lebih bebas menuangkan cerita, karena temannya terbatas. Saya memang pilih-pilih teman di sana. 

Sementara di blog ini, semua tulisan bisa bebas dibaca siapa saja. Takut salah tulis aja jika dibaca oleh mereka yang tidak mengenal saya sama sekali. Padahal ngeblog udah lama banget, sejak tahun 2000an, tapi kenapa dulu ngga pernah ada ketakutan seperti itu ya. Isi cerita juga cuma kegiatan sehari-hari, yang receh banget deh. Kalau sekarang tuh, mikirnya lama banget kalau mau cerita di blog. Yang ujung-ujungnya malah jadi ngga nulis sama sekali.

Mungkin karena makin ke sini, makin banyak hal yang membuat tidak nyaman dikarenakan dunia maya. Meski saya sendiri tidak pernah merasakannya langsung. Palingan beberapa foto di blog ini pernah diambil dan dipajang di tempat lain tanpa ijin. Ada yang menyebutkan sumber, ada juga yang ngga. Ya udahlah, kesel mah pasti ada.

Maunya sih tahun ini bisa rutin menulis lagi di blog ini. Sebulan sekali juga ngga apa-apa deh. Mau cerita geje atau ngga, mau ada yang komen atau ngga, mau ada yang baca atau ngga, yang penting blog ada isinya. Sayang uy, tiap tahun bayar domainnya. Trusnya lagi, buat kenangan aja sih. Ternyata seru juga baca tulisan-tulisan lama itu.

Eh iya, beberapa tahun ke belakang, setiap bulan Januari, di Instagram suka ada tantangan menulis 30 hari bercerita di akun @30HariBercerita. Udah beberapa tahun ini saya ikutan juga. Tapi belum pernah berhasil menulis penuh. Selalu ada aja bolong-bolongnya karena berbagai alasan. Hadeuh ...

Yuk, bisa yuk konsisten menulis di blog. Bismillah.

2 komentar :