TopMenu

Rabu, 18 November 2023

Sei Sapi Bubulae, Bisa Jadi Pilihan untuk Mencoba Olahan Daging Asap

Sei Sapi Bubulae, Bisa Jadi Pilihan untuk Mencoba Olahan Daging Asap - Kurang lebih dua tahunan yang lalu kalau ngga salah, sedang jalan berdua suami ke kota. Tiba jam makan siang, kami bingung mau mengisi perut di mana. Lalu saya usul, bagaimana kalau ke kantin tempat pertama kali suami mengajak saya makan. Jaman dia pedekate, sekalian nostalgia gitu ☺️. Berbeloklah kami ke sana. Ternyata kantinnya sudah berubah menjadi rumah makan sei sapi. Bingung juga, sei sapi itu apa ya. Kayaknya bukan makanan khas Sunda deh. Biar ngga penasaran, kami masuk aja walau antrian lumayan panjang.

Ooo, ternyata Sei itu makanan khas dari Nusa Tenggara Timur. Olahan daging yang di asap. Di tempat asalnya sih memakai daging yang tidak bisa dikonsumsi kaum muslim. Tapi di tempat yang kami datangi itu adanya Sei daging sapi dan daging ayam. Insya Allah halal.

Waktu makan itu, saya keinget anak bujang melulu yang lagi di rumah. Dia tuh doyan banget makan daging. Saya bilang ke suami, pokoknya suatu saat harus bawa dia makan di tempat itu. Dan beneran dong, pas ada kesempatan diajak makan sei sapi, hadeuh .. minta 2 porsi jumbo. 

Nah, sejak pandemi kan ngga bebas untuk keluar rumah sekedar makan. Anak bujang sering banget bilang pengen makan sei sapi lagi. Tapi gimana dong, tempat yang biasa kami kunjungi itu agak jauh. Mau order lewat ojek online bisa mahal di ongkos. Rumah kami jauh di gunung, hehehe.

Tapi memang sudah rejekinya  juga sih ya, minggu lalu dapat kesempatan mencoba sei sapi Bubulae. Biasanya sei daging ini disajikan dengan sambal luat, sambal khas NTT ditambah rebusan daun singkong juga kuah kaldu. Di Sei sapi Bubulae ini ada beberapa pilihan sambal lho, ngga cuma sambal luat aja. Sambal rica, sambal ijo, sambal matah, sambal goang, blackpaper bisa jadi pilihan lain. Selain itu juga bisa memilih, mau pakai nasi atau mie. Yang kurang suka daging sapi, bisa memilih sei daging ayam. Atau mau sei lidah sapi ? Ada juga.

Ini nih penampakannya, bikin pengen ngga ?

Sei daging sapi Bubulae.


Sei daging ayam Bubulae dengan sambal rica-rica.


Sei lidah sapi Bubulae dengan sambal matah.


Rebusan daun singkongnya enak, empuk dan ngga terasa pahit di lidah. Kuahnya juga segar. Pedas sambalnya bikin keringetan. Kesukaan saya adalah Sei Lidah Sapi sambal matah. Pengen lagi. Ntar deh ke tempatnya langsung yang di Setrasari, lokasi yang ngga terlalu jauh dari rumah. Udah janji juga ngajakin anak bujang ke sana. Tapi tetep ya makannya di rumah aja dulu.

Siapa yang udah pernah juga makan Sei Sapi ? Yang tinggal di Bandung bisa nyobain Sei Sapi Bubulae. Ada tiga lokasi yang bisa didatangi. Tinggal pilih yang terdekat. 

Sei Sapi Bubulae
Setrasari Plaza Blok A2
Jl. Mekar Utama no. 111H
Jl. Dalem Kaum no. 12A

Tidak ada komentar :

Posting Komentar