TopMenu

Senin, 26 Agustus 2019

Belajar Membuat Vlog di Arisan Ilmu

Minggu pagi tanggal 18 Agustus lalu, inginnya sih selesai sholat Shubuh mau santai-santai aja gitu. Karena ada anak dan suami yang bisa dimintain tolong membantu pekerjaan rumah. Tapi tanggal 18 Agustus kemarin itu, saya sudah daftar untuk ikut arisan ilmu yang diadakan oleh Kumpulan Emak-emak Blogger dan Sisternet. Temanya bagus, sayang untuk dilewatkan. Yaitu optimasi media sosial dengan vlog. Sebagai seorang yang (kadang-kadang) aktif di media sosial, bikin video jadi kebutuhan juga ya. Saya sama sekali belum pernah posting video karena sadar diri belum tahu banyak ilmunya. Minimal bisa bikin video yang bagus untuk koleksi pribadi deh.

Alasan lain, saya udah lama ngga ikut acara-acara blogger. Kangen dengan kebersamaannya. Sesekali keluar rumah untuk bertemu teman-teman yang punya hobi sama itu juga perlu buat perempuan rumahan seperti saya. Sekalian menjemput ilmu baru.


Diantar suami dan anak, sampai juga di Crowne Plaza Bandung hotel bintang 5 di pusat kota Bandung. Mereka berdua lanjut pergi ke tempat lain, saya diturunkan di depan lobi hotel saja. Fauzan sekarang sudah bujang, udah ngga rewel kalau saya tinggalin berdua Bapaknya.

Sempat WA an dengan Nchie, nanyain lokasi tepatnya sebelah mana. Ternyata ada di Mountain View Poolside Bar & Restaurant di lantai 5. Ya udah langsung cari lift. Baru masuk pintu lift, terdengar ada suara yang memanggil. Ternyata Mbak Alaika. Alhamdulillah ada teman naik ke atas. 


Sampai lantai 5, disambut pemandangan seperti ini. Kolam renangnya ngabibita ya, kalau bawa Fauzan kayaknya tu anak pengen langsung nyemplung. Ukurannya cukup luas. Bisa melihat pemandangan gunung-gunung sekitar Bandung. Termasuk Gunung Burangrang dan Tangkuban Parahu yang terlihat di kejauhan. Kalau udah begini, baru berasa deh kalau Parongpong itu tidak dekat dari kota. Pantesan banyak teman yang suka komentar kalau rumah saya jauh, di luar kota dan ngga ada di peta katanya, hehehe.


Kalau suatu saat ngajakin Fauzan berenang, Ibunya mau duduk-duduk di sofa ini sambil menikmati Sunday Brunch yang menunya banyak banget. 




Nah kan, banyak menunya. Ini belum semua lho. 

Ini malah pamer makanannya ya, maapkan. Bikin ngiler semua sih. Sekarang saya mau cerita tentang arisan ilmunya ya.

Acara dipandu oleh Mbak Alaika. Trus ada sambutan dari Mak Mira sebagai founder KEB dan Mbak Adel dari Sisternet.


Biasalah ya, foto bersama teman-teman itu wajib kalau ketemuan seperti ini. Termasuk dengan Yashinta yang ngisi materi. Selain blogger, Yashinta juga seorang youtuber. Dia bilang deg-degan mau bicara di depan teman-teman sendiri. Padahal udah sering lho jadi pembicara seperti ini. Mendingan ngomong di depan orang yang ngga dikenal sekalian katanya. 😁

Banyak tips dan trik yang Yasintha kasih. Diantaranya adalah soal musik atau lagu yang jadi latar, tentang audio yang harus jelas, cahaya yang dipakai saat membuat video

* Tujuan video pada media sosial :
Sebagai pelengkap - promosi jasa - konten independen yang berdiri sendiri - dekorasi estetika

* Alat yang dibutuhkan : Kamera, mic, lampu, background, penyangga kamera

* Video : main footage adalah wajib  sebagai informasi utama video, durasi  bisa panjang.
Lalu ada Insert, video tambahan yg mempercanti, biasanya durasi pendek.
Tips, saat sedang mengambil footage sebaiknya tidak memakai pakai efek.  Penambahan efek lebih dilakukan saat  proses editing.

* Kualitas video : cahaya yang kurang baik membuat gambar kurang tajam, bintik2, gambar berbayang, sulit fokus.

* Kualitas audio
Menurut Yasintha, kualitas audio lebih penting daripada kualitas video. 
Banyaknya suara lingkungan yang ikut terekam membuat informasi yang disampaikan tidak terdengar.

* Proses editing
Memasukkan file video ke aplikasi.
Penyusunan video mentah.
Pemotongan video mentah.
Penambahan efek & transisi.
Penambahan judul & tulisan.
Audio mixing.
Penambahan bakcsound.
Rendering & tayang.

Ada banyak pilihan aplikasi untuk editing. Contohnya kinemaster jika memakai ponsel. Untuk komputer ada filmora atau premiere.

Saya harus banyak tanya-tanya lagi nih dan pastinya langsung praktek ya, biar tahu di mana kesulitannya. Yuk terus belajar. 

Intinya sih jadi blogger jaman sekarang itu diharapkan ngga cuma bisa menulis aja, tapi juga harus memperhatikan ejaan, bisa bikin infografis, fotografi plus style fotografinya juga bisa bikin video yang baik. Aamiin, Insya Allah 

Foto milik Nchie

Foto bersama dengan semua yang teman-teman yang hadir. Makasih kebersamaannya.

6 komentar :

  1. bu, nanti ajarin ya.., tularkan ilmunya ke aku juga...
    belajar sesuatu yang baru itu bikin semangat ngeblognya balik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum sampai taraf ngajarin, Mbak. Kita sama2 belajar aja.
      Iya bener, mudah2an saya juga makin semangat nih ngeblognya.

      Hapus
  2. ASYEK YAH ILMUNYA JUGA MAKANANANNYA

    BalasHapus
  3. Jeng Dey apa khabar? Duh senangnya belajar bersama, ayuuk unggah videonya atau ada 'rumah' lain tuk ngevlognya. Salam buat bujang Fauzan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik, Bu.
      Masih belum pede nih bikin videonya, apalagi bikin 'rumah' baru.

      Salam kembali dari Fauzan katanya.

      Hapus