Kamis, 25 Oktober 2018

Memotret Air Seperti Kapas

Memotret air seperti kapas - Suka takjub kalau melihat foto air hasil jepretan teman, kok bisa ya aliran airnya jadi seperti kapas begitu. Belum pernah tanya sama teman bagaimana caranya. Karena saya suka bingung sendiri kalau hanya dikasih teori. Otaknya emang rada-rada lambat menangkap, hehe. Dikasih taunya harus sambil praktek gitu. Belum pernah kesampaian pula ikutan  langsung belajar motret air.

Sampai akhirnya kemarin Kamis, dengan rencana dadakan saya bisa jalan bersama salah satu teman dari komunitas fotografi. Ngga jauh-jauh, hanya ke kolam air panas dekat rumah.


Risna teman saya itu cari tutorial memotret air seperti kapas lewat Google. Untuk bisa memotret air seperti kapas ini dibutuhkan bukaan yang kecil dan ISO rendah. Agar optimal, seharusnya memotret memakai tripod. Kemarin saya ngga bawa tripod, dan memang ngga pernah bawa tripod juga sih. Males aja, berat. Pemalesan pisan ya, bisa dihitung dengan jari berapa kali motret pakai tripod. Banyak nganggurnya itu barang, sampai tempatnya berdebu akibat jarang disentuh.

Langsung cekrek aja deh. Gini nih hasil foto saya :

ISO 100, Bukaan f/22, Waktu pencahayaan 1/6s, Jarak fokus 21 mm

ISO 100, Bukaan f/18, Waktu pencahayaan 1/13s, Jarak fokus 28 mm

Saat itu sinar matahari sudah terang, sekitar pukul 07.30 pagi. Hasil foto yang pertama itu sedikit saya edit HDR di snapsheed. Meski hasilnya ngga begitu jauh juga sih dengan foto aslinya. Ilmu saya tentang edit foto masih sedikit banget. Cuma gitu-gitu aja.

Walau begitu, lumayanlah hasilnya untuk ukuran saya yang pemula banget. Tinggal sering-sering praktek aja. Cuma ya ngga tahu juga, kapan bisa jalan ke tempat yang ada air mengalir atau air terjunnya. Padahal sekitaran Parongpong banyak wisata alam lho. Ngga sampai 1 km udah ketemu air terjun. Tapi ya gitu deh, lokasinya itu, harus melalui jalan terjal berliku. Belum apa-apa udah nyerah duluan.

Mau bisa juga memotret air seperti kapas ? Atau sudah jago motret seperti ini ? Ajarin saya lah ...

6 komentar :

  1. Balasan
    1. Makasih Bu, belum sebagus foto teman2 yang lain.

      Hapus
  2. Cakep nih hasil fotonya. Pengen bisa juga foto kayak gitu. Hehe

    BalasHapus
  3. ibu.. udah jago aja pada percobaan pertama..
    hasilnya cakep udah seperti kapas beneran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak, masih harus belajar lagi nih.

      Hapus