Minggu, 26 Agustus 2018

Bersama Membuat Keterampilan Kerajinan Tangan

Sudah dua minggu berlalu, tapi kegiatan ini masih memberi kesan di hati saya. Program pemberdayaan masyarakat, begitu judulnya. Kegiatan sosial milik PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Awalnya, akhir bulan Juli saya dihubungi oleh Teh Elisa dari pihak Alfa. Kami bertemu langsung setelahnya, dan saya membawa beberapa contoh hasil kreasi yang pernah saya buat. Ada gelang, kalung, anting, bando, bros dan notesbook. Yang dipilih oleh Teh Elisa ternyata bros. Jadi nanti saya diminta untuk memberi pelatihan membuat bros kepada Ibu-ibu sekitar Alfamart. Lokasi pastinya akan dikabari lagi nanti.



Kata Teh Elisa, kegiatan akan dilaksanakan di pertengahan bulan Agustus. Dan tahukah teman, sehari setelah bertemu Teh Elisa itu, saya demam tinggi. Kata dokter saya terkena demam berdarah dan harus rawat inap. Duh, sempat khawatir juga sih. Tapi apapun harus dijalani kan ya. Alhamdulillah setelah 6 hari istirahat di Rumah Sakit, saya dinyatakan sembuh.  

Selang beberapa hari Teh Elisa memberi kabar bahwa kegiatan akan dilaksanakan tanggal 14 Agustus (selasa). Lokasinya di Alfamart Pasirlangu - Cisarua Bandung Barat. Tidak terlalu jauh dari rumah sih, tapi karena belum tahu tepatnya di mana, jadi pakai acara salah alamat, malah ke Alfamart Tugu Mukti, hehe. Alhamdulillah, ada Aa dari Alfamart Pasirlangu yang datang memandu jalan. Ternyata jalannya lumayan ya, berkelok, tanjakan, turunan. Keponakan perempuan yang saya ajak untuk menemani harus berhati-hati mengendarai motornya. Sebenarnya ngga terlalu kaget juga sih, kan daerah Parongpong sama aja seperti itu.  Tidak sampai setengah jam, kami sampai di lokasi.


Salah satu ruangan Alfamart Pasirlangu dijadikan tempat acara. Aa-aa dari Alfamart sedang sibuk bersiap-siap, karena memang masih ada waktu. Sementara saya dan keponakan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat bros.


Ihir ..

Tepat pukul satu siang, Ibu-ibu mulai berdatangan ditemani anak-anak mereka. Melihat banyak anak-anak, saya dan keponakan kepikiran sekalian ngajarin membuat gelang sederhana. Manik-maniknya ada, tapi ternyata kami tidak membawa talinya. Ya udahlah.

Setelah semua berkumpual,  dimulailah acara. Didahului dengan penyampaian informasi dari Alfamart dan banyak permainan. Seru aja sih ngeliat Ibu-ibu yang bersemangat.

Setelah itu, tibalah waktu saya memberikan pelatihan. Dengan jumlah Ibu-ibu sebanyak 30 orang, mau ngga mau saya dibantu keponakan. Alhamdulillah, waktu satu jam yang diberikan ternyata cukup. Malah ada yang sudah menyelesaikan membuat bros sebelum waktunya habis.


Ini bros hasil kreasi para Ibu di Pasirlangu. Bagus-bagus kan. Menunjukkan bahwa mereka semua bisa.



Bersama para Ibu yang hasil kreasinya paling rapi. Mereka mendapatkan hadiah dari Alfamart berupa sembako. Berkah ..




Berbagi cerita tentang kegiatan saya membuat pernak pernik. Semoga bisa menginspirasi para Ibu. 

Pembawa acara tanya, berapa penghasilan saya dari membuat pernak pernik ini. Hmmm, bingung jawabnya. Ngga tentu soalnya. Kan karya seperti ini bukan termasuk kebutuhan pokok, jadi ngga setiap hari ada yang beli. Apalagi saya membuat pernak pernik ini lebih ke by request

Untuk menyemangati para Ibu untuk berkarya, saya juga memberi tahu di mana membeli bahan dan alatnya di sekitar Bandung. Memangnya saya ngga takut tersaingi ? Ngga dong, memudahkan orang lain saja. Insya Allah kita juga akan dimudahkan, itu aja sih pikiran saya. Apalagi karya handmade, walau bahan dan alat sama, hasilnya bisa jadi berbeda. Jadi ya santai aja sih. 



Berfoto bersama diakhir acara. Terima kasih semua, terima kasih Alfamart Bandung yang sudah memberi saya kesempatan untuk berbagi ilmu saya yang masih sedikit ini. Insya Allah berkah untuk semua. Semoga masih dikasih kesempatan untuk bertemu lagi.

5 komentar :

  1. Keren Mbak... maju terus... suksesss....

    BalasHapus
  2. Ini Farah, Mbak. Bikin yg banyak dan yg bagus2 ya Mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti Farah yang ngeborong ya.. hehe.
      Nuhun udah sampai sini.

      Hapus
  3. Mbak Dey memang keren deh kreasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil buka2 lewat internet juga, Chi

      Hapus