Senin, 28 Mei 2018

BJB Tandamata untuk Kemudahan Menabung


Fauzan itu sudah saya ajarkan menabung sejak kecil. Kami bukan termasuk orang yang hidup berkecukupan. Jadi menabung itu perlu. Walau dulu dia belum mengerti nilai uang. Kadang malah suka menolak kalau ada yang memberi, kalau toh diterima ya langsung diberikan lagi kepada Ibunya. Saya suka bilang, uangnya ditabung supaya bisa membeli sesuatu yang dia inginkan. Alhamdulillah, ada beberapa barang yang bisa dibeli dari hasil tabungannya itu. Sekarang ? Kalau ada yang ngasih langsung dipegang sendiri, Ibunya gigit jari, hehehehe. Alhamdulillahnya, meski dipegang sendiri bukan berarti langsung dihabiskan sih. Dia masukin celengan pribadinya. Ingin beli komputer yang spesifikasinya lebih bagus katanya. Hanya saja, bentuk celengan jaman sekarang yang pakai kunci itu bisa menggoda supaya gampang diambil. Celengan ngga penuh-penuh karena uangnya udah sering diambil buat beli ini itu. Menabung di bank aja kali ya, biar agak susah untuk mengambil uangnya. Banyak pilihan bank pula.

Jadi keingetan deh, saat SD dulu pihak Bank BJB (Bank Jabar Banten) pernah datang ke sekolahnya Fauzan untuk memperkenalkan salah satu produknya yaitu BJB Tandamata My First. Tabungan khusus untuk anak sekolah agar mereka mau mulai menabung di Bank. Syaratnya ngga ribet, namanya juga untuk anak-anak ya. Pihak Bank akan datang seminggu sekali ke sekolah untuk mengambil setoran. Jadi anak-anak tidak perlu repot datang ke Bank. Udah gitu ada kartu ATM yang bisa pakai nama anak. Semakin percaya diri deh untuk menabung. Tapi saat itu Fauzan belum ambil tabungan ini. Ibunya masih ragu.


Ini nih syarat dan ketentuan juga keunggulan BJB Tandamata My First yang saya ambil dari laman Bank BJB.

Syarat dan Ketentuan :
· Peruntukan : Nasabah Perorangan berusia 0 – 17 tahun.
· Setoran awal minimal
Rp. 50.000,-
· Saldo minimum  
Rp. 20.000,-
· Biaya rekening pasif    
Rp.   2.000,-
· Biaya Penutupan         
Rp. 20.000,-
· Persyaratan dokumen
- Perorangan : KTP / SIM / Paspor Orang Tua / Wali yang berlaku.
- Fotokopi Akta Kelahiran Calon Nasabah Anak / Kartu Keluarga Calon Nasabah.

Keunggulan :
· Bebas biaya administrasi bulanan Tabungan dan biaya administrasi Kartu ATM
· Bebas biaya pembuatan Kartu Perdana
· Bebas biaya tarik tunai di seluruh ATM bank bjb, ATM bersama dan ATM Prima di seluruh Indonesia
· Desain Buku Tabungan dan Kartu ATM yang menarik
· Kartu ATM dapat dicetak dengan nama anak.

Apa Fauzan saya suruh nabung di sini aja ya. ATM nya juga rada jauh dari rumah. Uangnya biar rada awetan gitu. Tapi kagok ya, gimana nanti kalau usianya sudah lebih dari 17 tahun, harus ganti produk tabungan. Kan tabungan ini diperuntukkan bagi siswa dengan usia maksimal 17 tahun. Tiga tahun lagi usia Fauzan sudah 17. Ibupun galau. Kalau Fauzan tau, pasti dia bilang begini,”Uang aku, kenapa Ibu yang repot.” Hmm, iya sih. Tapi kan ...

BJB My First ini adalah salah satu turunan dari produk BJB Tandamata, produk tabungan unggulan dari BJB. Produk turunan lain dari BJB Tandamata adalah Tandamata Berjangka (tabungan dalam jangka waktu tertentu dengan ekstra perlindungan asuransi), Tandamata Bisnis (tabungan untuk mempermudah bisnis),  Tandamata Gold (tabungan istimewa yang ada asuransi  jiwanya), Tandamata Purnabakti (tabungan untuk para pensiunan, yang mana bisa dipakai untuk mengambil dana pensiun setiap bulan), Tandamata Dollar (tabungan valas dalam bentuk mata uang dollar Amerika dan dolar Singapura).


Untuk BJB Tandamata sendiri, setoran awalnya sebesar Rp 50.000,-Tinggal datang langsung ke cabang bank BJB terdekat untuk membuka rekening tabungan dengan membawa tanda pengenal,  KTP/SIM/Paspor. ATM nya bisa dipakai sebagai kartu debit untuk belanja. Kalau ngga ada ATM BJB, bisa dipakai di ATM Bersama dan Prima. Ada undian berhadiahnya juga, yaitu Petik Hadiah Bank BJB. 

Selain itu,  BJB juga mempunyai produk Tabunganku, yaitu produk tabungan yang dilakukan bersama-sama dengan bank lain. Program dari Bank Indonesia ini dimaksudkan untuk menumbuhkan budaya menabung di Indonesia. Keistimewaan Tabunganku adalah tanpa biaya administrasi bulanan. Setoran awalpun hanya sebesar Rp 20.000,-.

Banyak pilihan memang, ambil produk yang sreg di hati aja. Intinya sih, menabung itu perlu, walau mungkin nilainya cuma sedikit. Salah satu bentuk ikhtiar kalau kata saya. Jadi, kapan uang celengan Fauzan dipindah ke dalam rekening tabungan di bank ?

3 komentar :

  1. ya ampun bu, komen di atas ini salah nulis urlnya..
    delete aja bu daripada jadi broken link, kelebihan huruf w ,
    maaf ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, Iya Mbak. Sudah dihapus.

      Hapus
  2. Tabungan tandamata ini bagus buat anak anak ya mba, kalau dekat sih anak ku mau ku buatkan tabungan tandamata juga

    BalasHapus