TopMenu

Kamis, 22 Desember 2016

Rindu Ibu, Rindu yang Tak Pernah Berujung

Rindu Ibu, rindu yang tak pernah berujung - Beberapa waktu lalu, salah satu tema tantangan foto di Instagram adalah sesuatu yang mengingatkan akan sosok Ibu. Banyak yang bisa saya ingat, seperti yang pernah saya tulis tentang Melati untuk Ibu. Disitu saya sebut bahwa buku juga bisa membuat saya ingat akan beliau. Ibu saya memang suka sekali membaca. Entah buku atau majalah. Kesukaannya itu menular kepada kami, anak-anaknya juga para cucu.

Ketika kami kecil, meminta mainan pasti akan ada larangan. Tapi akan lebih mudah dipenuhi jika kami meminta bahan bacaan berupa majalah. Saya ingat sekali, saat saya masih kelas 1 SD dan masih tinggal di Jakarta, Ibu mengijinkan kami berlangganan majalah Bobo. Sementara Ibu sendiri berlangganan majalah yang lain. Selain majalah Bobo, ada juga majalah Kuncung. Aduhhh, ini bacaan anak tahun berapa coba. Masih ada yang ingat majalah Kuncung ? Kalau ada, berarti usianya tidak jauh berbeda dengan saya. Dan ketahuan umurnya, hehehe.

Setelah kami kembali dan menetap di Parongpong, kebiasaan membaca itu tidak hilang. Meski dulu memang agak sulit untuk berlangganan majalah di sini. Selain dari meminjam teman, saya lupa lagi, dulu bisa dapat bahan bacaan darimana ya. Yang pasti saat itu saya masih bisa membaca komik-komik karya HC. Andersen, Tintin, Deni Manusia Ikan, Nina, juga novel lima sekawan, Trio Detektif dan lain-lain. Ngga lama, ada satu orang loper koran di Parongpong. Mang satu-satunya nih, ngga ada lagi selain dia. Seneng bangetlah. Ibu mengijinkan kami berlangganan majalah juga koran. Padahal kondisi keuangan kami tidak sebaik sekarang. 

Sekitar tahun 2011, Ibu terkena stroke untuk pertama kalinya. Sejak itu selama empat tahun, hampir 6 bulan sekali Ibu menjalani rawat inap di Rumah Sakit dan selalu saya yang menemani sebagai anak perempuan satu-satunya. Makin hari, daya ingat Ibu semakin berkurang akibat stroke. Begitupun dengan kemampuannya membaca. Walau begitu, kadang-kadang saya memberinya majalah. Sekedar untuk melihat-lihat gambarnya. Hingga akhirnya Ibu meninggalkan kami di bulan Januari 2015. Ah, sudahlah. Saya tidak akan cerita panjang lebar tentang kondisi Ibu saat sakit hingga meninggal dunia. Yang ada malah saya berurai air mata. 

Lebih baik cerita lain tentang Ibu. Menurut Bapak saya, Ibu sebelum menikah adalah seorang aktivis perempuan di masanya. Senang berorganisasi. Sempat menjadi anggota salah satu partai politik. Dan masih kata Bapak, jika tidak keburu menikah, Ibu bisa jadi sudah menjadi anggota dewan di daerahnya. Karena ketika itu sudah dicalonkan oleh partainya. Kadang suka ngga percaya mendengar cerita ini. Masak iya Ibu bisa aktif berorganisasi. Ibu itu bukan seorang yang menggebu-gebu. Cenderung sabar walau memang ada sedikit sifat keras hati. Dan untuk kesukaan yang satu ini, sama sekali ngga menular ke anak-anaknya. Ngga tau tuh, ngga ada yang suka berorganisasi, apalagi organisasi politik. Sempet sih adik saya aktif di salah satu partai, itupun alasannya karena setelah lulus kuliah belum dapat kerjaan. Setelah kerja dan menikah, boro-boro mikirin partai, sibuk aja ngurus keluarga. 
 
Tentang foto di atas, itu sebenarnya buku Kho Ping Hoo koleksi kakak/adik saya dan sudah pasti Ibu saya ngga membaca buku itu. Tapi bukunya seksi buat di foto. Hasilnya bagus kan ? Iyain aja deh biar cepet, hehehe.

Selamat Hari Ibu untuk semua perempuan Indonesia. Semakin menjadi pribadi yang berarti.


15 komentar :

  1. Ibuuuu Orin jg baca Kuncung waktu SD hahahaha, berarti kita ga seberapa jauh beda usianya ya :))

    Al Fatihah untuk ibu-nya Ibu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sstt, jangan keras2 bilangnya kalo suka baca si Kuncung juga :D.

      Amin, nuhun piduana Neng Orin.

      Hapus
  2. Selamat hari ibu teh dey :) akupun baru merasakan rindu sama ibu setelah menikah tinggal jauh, sedih klo denger mama sakit aku gak bisa nemenin hiks :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Hari Ibu juga, Ria.
      Kalau jauh baru terasa kangen ya.
      Semoga mama selalu sehat.

      Hapus
  3. Ibu pasti bahagia akan kebesaran hati, keikhlasan Jeng Dey. Pun kebanggaan jagoan Aa Fauzan akan hebatnya bunda Dey. Salam hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, Bu. Mudah2an.
      Salam hangat kembali.

      Hapus
  4. Allisa Yustica KronesJumat, 23 Desember, 2016

    Kho Ping Hoo kesukaan papa saya teh...hehehe... Kalo majalah Kuncung aku jg gak tau, taunya udah era Bobo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, papanya suka baca Kho Ping Hoo.
      Selisih usia kita memang jauh ya, jadi ngga tau majalah Kuncung, hehehe.

      Hapus
  5. al Fatihah buat ibu,
    bu Dey, aku langganan Kuncung dulu dikirim dari Jakarta
    mamaku tuh yang kasih saran, soalnya dulu beliau suka baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu kayaknya si Kuncung agak sukar dicari di daerah ya Mbak. Beda dengan Bobo.

      Samaan dong, mamanya suka baca.

      Makasih doanya, Mbak.

      Hapus
  6. Surga di telapak kaki Ibu, begitu mulianya Ibu... jadi kangen Ibu nih Teh

    BalasHapus
  7. Ibu apa kabar?
    HP ganti jadi aja lost contact..
    ini meninggalkan jejak dulu aaah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampunnnn, mama Hilsya, kamana wae atuh.
      Damang ?

      Hapus
  8. Menarik membaca cerita Bapak tentang Ibu Mba Dey. Coba lah Teh kalo digali dari berbagai sumber, teman-temannya atau siapanya gitu pasti menarik pisan nih. Inspiratif.
    Alfatihah buat alm Ibunda Teh Dey.
    Dannnn buat bacaan2 itu, duh bikin damai ingat masa kecil hikssss

    BalasHapus
  9. dulu juga suka baca kuncung Bu

    BalasHapus