TopMenu

Jumat, 07 Februari 2014

Air Putih Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengalami dua kali kehamilan dengan tekanan darah yang selalu tinggi adalah hal yang sebenarnya sudah ibu perkirakan sebelumnya. Karena memang sejak lajang ibu sudah mengidap penyakit ini. Minum obat-obat yang dari dokter, mengurangi asupan garam, ngga boleh terlalu cape, wah .. banyak deh yang harus di lakukan demi ibu dan bayinya. Satu lagi nih, menambah minum air putih. Karena kata dokter, air putih itu bisa melancarkan peredaran darah ibu dan otomatis lancar juga peredaran darah sang janin. Dan dengan peredaran darah yang lancar, tekanan darah ibu tidak terlalu tinggi.

Setiap kali mau menyusui, segelas air putih sudah disiapkan dan harus di minum. Memang sih, selama hamil dan menyusui itu, bawaannya haus terus. Sering kan dengar, kalau ibu hamil dan menyusui itu makan atau minumnya harus lebih banyak. Karena harus di bagi dua dengan bayinya. 

Walau sama-sama harus banyak minum air putih, ternyata asupan air untuk ibu hamil dan menyusui itu berbeda lho. Menurut German Nutrition Society (EFSA-European Food Safety Autority) 2002, dianjurkan untuk ibu hamil itu total asupan air adalah 2700 mL/hari. Sementara untuk ibu menyusui 3100 mL/hari. 

Jujur nih ya, sebenarnya ibu suka malas minum. Tapi semenjak hamil dan menyusui, dengan ikhlas dan sadar diri jadi minum lebih banyak. Namanya juga kasih ibu, apa sih yang ngga demi kebaikan anaknya. 

Buat yang sedang hamil dan menyusui, jangan lupa banyak-banyak minum air putih ya. Ngga apa-apa kok kalau harus lebih sering ke kamar mandi buat buang air kecil, kan buat kesehatan ibu dan bayinya juga.

6 komentar :

  1. Ika Hardiyan AksariKamis, 13 Februari, 2014

    Terimakasih Ibu sudah berbagi info yang bermanfaat ini.
    Sekarang ini sangat suka minum air putih semoga saja nanti kalau sudah menikah dan hamil sampai punya anak tetap suka minum air putih :)

    BalasHapus
  2. bagi yg akan hamil,catettttt hehehehe,,makasih teh pengtauannya ^^

    BalasHapus
  3. Ibu saya dulu juga sama dengan Teh Dey dan beliau juga melakukan hal yang sama. Makasih Teh sudah berbagi tentang ini. InsyaAllah akan banyak yang mendapat manfaatnya.

    BalasHapus
  4. Allisa Yustica KronesJumat, 14 Februari, 2014

    Setiap kali menyusui, bawaannya memang sering haus, dan sekali minum segelas penuh langsung habis, soalnya kerongkongan terasa sereeet banget apalagi kalo habis perah asi

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah..memang yang terbaik untuk anak dan masa depannya memang berawal dari sang Ibunda sendiri..mari ciptakan kesehatan yang baik untuk anak-anak kita di 1000 hari pertamanya :)

    BalasHapus
  6. terimakasih sudah berbagi pengalamannya, banyak minum air putih memang baik untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil

    BalasHapus