TopMenu

Kamis, 30 Januari 2014

Perempuan dan Internet, Adalah Saya

Perempuan dan internet, adalah saya. Yup, saya seorang perempuan, seorang istri, seorang Ibu yang tidak bisa lepas dari dunia ini. Dunia yang bisa menjadikan saya menjadi orang yang lebih berarti untuk mengisi hidup atau bisa juga membuat saya terlena dalam banyak hal.



Internet pertama saya kenal sekitar tahun 2000, saat saya masih bekerja di sebuah lembaga pendidikan. Tapi saya belum menggunakannya sama sekali, sebatas mendapat cerita. Bahwa melalui internet bisa mencari informasi tentang apa saja dan mencari teman dari mana saja. Hingga akhirnya pertengahan tahun 2002 saya diminta membantu seorang kerabat untuk mengurus warung internetnya. Nah, sejak itulah, tiada hari tanpa internet sampai saat ini. 

Sebagai perempuan rumahan dengan pendidikan yang tidak tinggi, dunia nyata saya sebatas lingkungan yang itu-itu saja. Sejak mengenal internet, dunia di depan saya semakin luas. Tambahan ilmu pun bisa saya dapatkan tanpa perlu meninggalkan keluarga terutama meninggalkan anak di rumah. 

Internet juga yang mempertemukan saya dengan suami. Alhamdulillah, kami baru menjalani 10 tahun pernikahan. Kalau ada yang bilang, perkenalan lewat internet tidak bisa di percaya, saya menyangkalnya. Karena saya kenal dan tahu beberapa orang teman yang berjodoh karena internet. Kembali kepada diri masing-masing, bisa menjaga diri atau tidak. Karena internet hanyalah media, hanya perantara. Memang, banyak kasus tidak menyenangkan terjadi pada perempuan yang berawal dari sini. Intinya, sebagai perempuan harus bisa menjaga dirinya sendiri. Begitu juga dengan para lelaki, baik-baiklah memperlakukan perempuan di manapun, termasuk di internet.

Itu dia salah satu alasan, kenapa seorang perempuan yang kelak menjadi ibu, harus mengerti tentang internet dan segala yang ada di dalamnya. Ibu harus banyak tahu dan harus selalu mencari ilmu. Karena Ibu adalah guru utama untuk anak-anaknya. Jika seorang Ibu tahu banyak tentang internet, biasanya akan lebih mudah masuk ke dunia anak-anak mereka untuk menerangkan segala baik dan buruknya internet. Pengalaman saya seperti itu. 

Internet juga membuat saya tampak pandai di depan anak. Karena jika dia bertanya hal yang sulit, saya punya contekannya. Walau kadang, saya berdua sengaja mencari jawaban bersama. 

Bagi sebagian orang kebanyakan, internet identik dengan Facebook. Tidak usah jauh-jauh mencari contoh, ini terjadi di lingkungan saya sendiri. Padahal, dunia internet itu luas sekali. Salah satunya, menjadi blogger. Perempuan yang suka menulis bisa menuangkan ide-idenya di dalam blog. Mungkin saja tulisannya bisa menginspirasi banyak orang. Pandai-pandailah memilah tulisan yang layak dibaca banyak orang. Masuklah komunitas blogger untuk mencari banyak teman, salah satunya KumpulanEmak Blogger. Komunitas yang para anggotanya adalah para blogger perempuan dengan status menikah ataupun lajang.

Internet juga bisa membuat kita terlena jika tak bijak memakainya. Jujur, saya pun pernah mengalaminya. Protes dari anak karena merasa terabaikan, teguran dari orang tua karena saya duduk terus menatap layar monitor selama berjam-jam, suami walau jarang berkomentar, tapi saya tahu kekhawatirannya saat saya aktif di media ini. Walau bagaimanapun, kita tetap manusia yang hidup di dunia nyata. Tak bisa melepaskan kenyataan ini. Ada orang-orang di sekeliling yang menjadi tanggung jawab kita sebagai perempuan. 

Selalu ada hal baik dan buruk di dunia ini, pun dengan internet. Gunakan nurani perempuan untuk memilihnya.



Catatan :
Boneka kertas Srikandi  mengambil pola dari www.salazad.com

51 komentar :

  1. Lidya - Mama Cal-VinKamis, 30 Januari, 2014

    Komen sambil nyanyi :berawal dari Internet eh ketemu suami hehehe kita banget ya bun

    BalasHapus
  2. Murtiyarini, ArinKamis, 30 Januari, 2014

    Internet membuat impian jadi kenyataan---ketemu jodoh ;)

    BalasHapus
  3. eciieee, kutemukan jodoh berkat internet

    keren mak

    BalasHapus
  4. aku juga paling nyatol bagian ...ketemu suami...' duuh romantis ya...
    Btw harus terus waspada ya mak agar tidak terbelenggu layar komputer karena sihir internet...

    BalasHapus
  5. Suit suiiit... *apa sih*
    setujuu pandai2 milih yang mau dibaca, dan pandai2 juga yg nulisnya

    BalasHapus
  6. Sama, Mak... saya ketemu suami karena internet :-)

    BalasHapus
  7. Waa... banyak yg ketemu jodoh di internet.....
    saya kok tidak ya..... hehe

    BalasHapus
  8. samaaaaaaa aku juga ketemu suami berkat internet :P

    BalasHapus
  9. Haluuu. Makpan cek dan ricek persyaratan, ya. Oke sip.

    BalasHapus
  10. saya juga lho, teh... hehe

    BalasHapus
  11. belalang cerewetKamis, 30 Januari, 2014

    Memang internet bisa menjadi pisau bermata dua ya Teh. Pintar-pintar kita aja manfaatinnya ya. Kalau digunakan dengan bijak, tentu bisa sangat bermanfaat, terutama bisa mendatangkan jodoh --eaaaa--mmolaiiii* xixixix...sukses utk SB teh! :)

    BalasHapus
  12. Teh deeeyy,, kereeeeeeen,,,

    BalasHapus
  13. Aii...aaii...ternyata ketemu si aa dari internet. Sukses ya teh, semoga maju ke seleksi berikutnya

    BalasHapus
  14. iyaapp.. jgn sampai internet membuat kita dekat dg yg jauh, dan jauh dr org2 terdekat.. aamiin

    BalasHapus
  15. Suka deh...mendapat jodoh dari internet...ternyata banyak juga

    BalasHapus
  16. Setuju dengan pernyataan Bu Dey yang mengatakan internet identik dengan facebook, padahal sebenarnya tidak. Kalau lebih melek internet, facebook hanyalah sampingan :)

    BalasHapus
  17. Baru tahu cerita Teh Dey sama Akang ketemu di internet. So sweet...
    Emang media itu gimana yang pakenya ya Teh :)

    BalasHapus
  18. Bener banget Teh Dey kalo sebagai Ibu (dan orangtua termasuk Bapak) harus ngerti internet dan bagaimana efek negatifnya biar kita bisa mencegah efek negatif tersebut meracuni anak dan keluarga kita. :D

    BalasHapus
  19. hihiih internet biro jodoh juga kaaan :p

    sukses ya Teh

    BalasHapus
  20. saya ketemu dengan mantan pacar ga lewat internet.... :-) tp sekarang berkomunikasi dengan dgn mantan pacar dan anak2 malah lewat internet....hehehehe. Soalnya punya grup yg isinya saya, istri dan anak2....lewat internet ini kita kudu pinter2 sama anak2 di rumah. Bukan ga mungkin pengetahuan teknologinya melebihi kita....

    BalasHapus
  21. Penasaran dengan cerita serunya saat pertama kali ketemu suami lewat internet, share dong Maak..:)

    BalasHapus
  22. Ehmm ehmm berawal dari internet semoga tambah sukses ya mak hehe

    BalasHapus
  23. suitt suitttt...ihhierrr,,,,eciye ciyeeee heheheh...senengnya ketemu lewat inet,,
    mau dong bonekanya teh ^^

    BalasHapus
  24. liannyhendrawatiKamis, 30 Januari, 2014

    Temenku juga ada yg ketemu jodoh lewat internet, trus nikah & langgeng sampai skrg.

    BalasHapus
  25. Waaah... ketemu jodoh? Alhamdulilah....
    btw, itu craft srikandinya keren. Maooooo :D

    BalasHapus
  26. Benar, tergantung cara pandang dan memanfaatkan si inet ya, Teh. Semoga saja banyak yang memanfaatkan untuk hal positif. Seperti kitah, para emak2 blogger. :D

    Akankah saya bertemu jodoh melalui internet, seperti Bu Dey dan Mama Calvin? :D

    BalasHapus
  27. Cieee.... Jd memang Internet sangar berjasa sekali ya teh (ikutan salah fokus hehehe)
    Sukses berjaya di #SB2014 teh :)

    BalasHapus
  28. Wayang srikandinya lutu #salahfokus

    BalasHapus
  29. Saya juga perempuan di rumah. Internet membuat dunia rumah itu lebih luas. Tak hanya ketemu teman-teman baru tapi juga membantu kelancaran bisnis kami. Tak terbayang kalau teknologi internet tiba-tiba menghilang dari Indonesia :)

    BalasHapus
  30. Iya ya mak ... ibu harus melek internet. Asyikmya kalo punya contekan, anak pasti yakin emaknya cerdas .. padahal memang cerdas. Ya iya kan .... emak cerdas pasti memanfaatkan internet :)

    BalasHapus
  31. Uniek KaswargantiKamis, 30 Januari, 2014

    eeee..bener banget Teh Dey, pas ditanya anak segala sesuatu yg berkaitan internet dan kita berhasil menjawabnya, rasanya kayak pinteeerrr banget gitu hihihiiii... berasa kayak ensiklopedi aja buat anak ;)

    BalasHapus
  32. Aisyah As-SalafiyahKamis, 30 Januari, 2014

    kalau ada tugas atau apa gitu, mesti temen2 minta aku cari di internet, Alhamdulillah bisa ngebantu temen2.. o ya kak Dey, umur 15 taun boleh gabung KEB?

    BalasHapus
  33. Hihihi.... kalau saya bakal nemunya di mana, ya? *komen yang gagal fokus*

    BalasHapus
  34. Waa.. ketemu jodoh lewat internet. Asyikkk...
    Tapi aku kalah denganmu Mak... karena aku baru kenal internet tahun 2007 lo. Meski telat tapi kini aku sangat mencintainya dan tak bisa terlepas dari internet.
    Oya, tetangga2ku mengenal internet memang sebatas facebook hehehe

    BalasHapus
  35. Lucu banget Srikandinya itu. AKu tahu ngeblog udah tuaan mak, waktu muda internet untuk kerja saja, jadi nggak dapet jodoh blogger heheheee

    BalasHapus
  36. hehe ini baru namanya dari mata (menatap layar monitor komputer) turun ke hati... jodoh deh

    BalasHapus
  37. yaelah,,jadi fingin dapat jodoh dr internet, biar satu hoby gtu hehe

    BalasHapus
  38. Chela Si Guru KecilKamis, 30 Januari, 2014

    smlm kita Wa ibuk bilang "gunakan logika laki2 ..........." sekarang aku suka bgt ini "Selalu ada hal baik dan buruk di dunia ini, pun dengan internet. Gunakan nurani perempuan untuk memilihnya." dan jodoh lewat internet itu memang banyak yg mengalami..hihii

    BalasHapus
  39. Waaaa ternyata kenal lewat maya nih Bu ... (hehehe)

    Maju terus ya Bu ...

    Salam saya

    BalasHapus
  40. datang berkunjung:), internet itu akan bermanfaat jika bisa mnggunakannya dengan baik, wah ketemu jodoh juga di internet:), dunia itu sempit tnggal sekali klik aja ..maju terus sampai thp selanjutanya

    BalasHapus
  41. aku jg kenal internet thn 200an tapi baru buat chatting ajan belum kenal google :D

    BalasHapus
  42. Ahem ahem... alhamdulillah, berkah dari internet :)
    Mau culik boneka kertasnya ah....
    Semoga sukses buat Mak Dey ^_^

    BalasHapus
  43. Wah mak Dey saya juga mengalami hal yang sama yaitu "Internet juga yang mempertemukan saya dengan suami. Kalau ada yang bilang, perkenalan lewat internet tidak bisa di percaya, saya menyangkalnya. Siip... Good luck !

    BalasHapus
  44. Istiadzah RohyatiJumat, 31 Januari, 2014

    wahahhahahha toss dulu kita maaak. saya juga ketemu sama suami dulu dari internet. huhuhuhu. ada temennyaaaaaa. :D :D :D

    BalasHapus
  45. wah banyak yang ketemu jodoh lewat internet. Saya nggak termasuk sih, tapi saya memanfaatkan fasilitas internet saat sempat LDR dengan calon suami he he

    BalasHapus
  46. Dulu sempat berkeinginan pengen ketemu jodoh lewat internet, tp trnyata jodoh saya lbh dekat di dunia nyata di depan mata, heheheh. Alhamdulillah.

    Boneka kertasnya cantik Mbak, sukses yah Mbak. Moga masuk ke babak berikutnya dan menang, Aamiin.

    BalasHapus
  47. indah nuria SavitriJumat, 31 Januari, 2014

    nicely done...nurani memang tidak pernah bohon ya mak..semua harus ada remnya, termasuk internet...suksees terus mak teteh Dey :D...go, go, for SB2014...dengan boneka srikandi imutmu ituuuh...

    BalasHapus
  48. kunjungan makpan :)

    BalasHapus
  49. salam kenal mak Dey ^^ lucu bgt boneka srikandinya,, dari kertas ya mak? buat sendirikah? kereeenn..
    Betul mak, kita harus pintar memilih mana yg baik dan mana yg ga baik di dunia internet..

    BalasHapus
  50. selain bikin tampak lebih pintar ternyata internet mempertemukan dengan jodoh ya mak

    BalasHapus
  51. Good luck ya Mak Dey..:)
    Itu bonekanya cute banget Mak..keren..:)

    BalasHapus