TopMenu

Selasa, 20 Agustus 2013

Kemerdekaan buat Aa

Aa Ujan, ibu mau cerita lagi ya .... tentang 17 Agustus yang selalu di peringati sebagai hari kemerdekaan negara kita sejak 68 tahun yang lalu. Kemarin Sabtu, Aa ikut senang kan melihat arak-arakan di jalan raya dekat rumah. Bolak balik ke pinggir jalan setiap kali mendengar bunyi-bunyian. Sampai lupa dengan sarapan yang sudah ibu siapkan. Dan bukan cuma Aa aja yang seperti itu. Teman-teman sekitar rumah juga, bahkan para orang tua ikut  merasakan kegembiraan itu. Terlihat dari wajah-wajah mereka yang bertabur senyum.

Kegiatan seperti ini sudah ibu lihat sejak kecil. Setiap kali perayaan 17 Agustus, jalan raya sekitar Parongpong selalu penuh sesak. Sejak pagi, oraang-orang sudah bersiap diri dengan memakai pakaian terbaik yang mereka punya. Sejenak melupakan rutinitas sehari-hari, melepas penat dengan berjalan kaki atau berkendaraan mengikuti iring-iringan karnaval. Tahun ini tidak seramai dulu ya, mungkin karena masih suasana libur lebaran. 


Buat ibu, negeri ini sudah merdeka kok. Kalau ngga, mana bisa Aa melihat keramaian seperti hari Sabtu itu. Coba deh dengar cerita-cerita para sesepuh yang dulu ikut merasakan perang. Termasuk Mbah Kung. Kalau ibu bilang negeri ini belum merdeka karena masih banyak kemiskinan, kebodohan, banyaknya pengaruh luar di dalam kehidupan sehari-hari dan lain-lain, hmmm .. komentar Mbah cuma gini, "Tugasku wis rampung, melok perang kanggo anak putu. Ngerasakno ra enak jaman londo, jaman jepang. Nek saiki koyok ngene, yo kowe piye sing enom. Kowe ki tinggal ngisi kemerdekaan thok."
-Tugas saya itu sudah selesai, ikut perang untuk anak cucu. Merasakan tidak enak jaman Belanda, jaman Jepang. Kalau sekarang seperti ini, ya kamu gimana yang muda. Kamu ini tinggal mengisi kemerdekaan aja.-

Iya sih, Mbah kan paling suka komentar ya kalau kita beli jajanan atau mainan yang jelas-jelas bukan asli Indonesia. "Panganan koyok ngono kok di tuku. Dolanan ki nggawe dewe, ojo tuku." - Makanan kayak gitu kok di beli. Mainan itu bikin sendiri, jangan beli.-

Mbah juga suka komentar kalau mendengar berita-berita di TV tentang keadaan negeri ini.

Seharusnya kita koreksi diri ya A, kalau memang merasa masih belum merdeka karena terjajah dalam bentuk lain. Makanya, Mbah kan paling suka ngebuatin Aa mainan tradisional yang bikin sendiri, seperti wayang-wayangan dari daun singkong, sumpit dari bambu, pedang-pedangan dari kayu, perahu-perahuan dari pelepah pisang, masih banyak lagi. Duh, bersyukur banget Aa masih punya Mbah yang seperti itu.

Lagu Indonesia Raya sudah Aa hapal sejak kecil kan. Ini juga karena Mbah ya. Ibu inget lho, dulu setiap mau tidur nyanyinya Indonesia Raya. Hahaha ..... Belum lagi lagu anak-anak dalam bahasa Jawa. Aa masih hapal ngga sih lagu-lagu itu ? Mudah-mudahan masih ya, walau ibu tahu sekarang ini Aa malah suka lagu-lagunya Bruno Mars .. hiks. Salah ibu juga kalau yang ini sih :-(. Mudah-mudahan juga bukan hanya sekedar hapal lirik lagu nasional atau lagu daerah, tapi juga harus bisa memaknainya ya.

Satu lagi nih yang ibu inget tentang kemerdekaan dan Mbah Kung. Saat ibu masih sekolah pasti diwajibkan ikut upacara sama Mbah. Ngga ada alasan deh buat menolak, kecuali sakit. Ya itu, Mbah cuma bilang,"Kamu ini tinggal upacara aja kok males, dulu Bapak itu ikut perang, susah payah cuma buat Merah Putih supaya berkibar."

Sering-sering deh Aa mendengar cerita Mbah atau mereka-mereka yang ikut merasakan ngga enaknya jaman perang dahulu, biar Aa bangga jadi anak Indonesia. Apapun yang terjadi, negeri ini milik Aa.  Mudah-mudahan, Aa dan semua anak Indonesia bisa mengisi kemerdekaan negeri ini dengan baik.

Ini ada kalimat yang ibu ambil dari film 5 cm :
Saya akan mencintai tanah ini seumur hidup saya, saya akan menjaganya dengan apapun yang saya punya, saya akan menjaga kehormatannya seperti saya menjaga diri saya sendiri. Seperti saya akan selalu menjaga mimpi-mimpi saya terus hidup bersama tanah air tercinta ini, yang berani nyela' Indonesia... ribut sama gue..! 

Merdeka !


Ps : Maaf ya belum sempat BeWe dengan maksimal, komputer di rumah belum merdeka dari virus sejak Ramadhan kemarin.

32 komentar :

  1. hihihi..Hidup Mbaahh..
    Persiis Mbahku Banggeud
    Paling smangat kalo dah cerita jaman belanda n jepang..
    Wokeh deh Mbah Kalo begeto..Merdeka Mbah !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, ya begitulah para Mbah.
      eh, Mbah-nya tante Nchie itu seumuran Mbah-nya Fauzan ya.

      Hapus
  2. Putri Baiti HamzahSelasa, 20 Agustus, 2013

    wah, suka ditembangin lagu-lagu jawa ya bu, aanya keren donk bahasa jawanya ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama sekali ngga bisa bahasa Jawa. Kan tinggalnya di tanah Pasundan, jadi malah lebih ngerti bahasa sunda :D

      Hapus
  3. suka banget sama quote terakhirnya mbk....
    Merdeka!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak quote bagus di novel/film 5 cm itu.

      Hapus
  4. Matur nuwun mBah sudah berjuang demi negara ini, mohon doa restu agar generasi kami Aa Fauzan mengisi kemerdekaan dengan baik. Menunggu Jeng Dey nembang ah. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh Bu, jangankan nembang, ngomong aja sudah fals suaranya, hehe ..

      Hapus
  5. mbah buyut saya juga seperti itu mbak dey, selalu mengutarakan bahwa jaman sekarang itu udah enak, daripada dulu, makan susah dan selalu jadi budak untuk bekerja kesana kemari

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena Mbah buyutnya merasakan langsung susah cari makan ya ..

      Hapus
  6. Dalam sekali Bu, Terbayang bagaimana sedihnya si Mbah melihat keadaan negara yang orang banyak bilang sedang carut marut begini. Baiknya lagi si Mbah tak menyalahkan siapa-siapa, hanya menyatakan bahwa keadaan seperti ini tugasnya orang muda yang menyelesaikan.
    Semoga si Mbah diberikan panjang umur sehingga bisa melihat keadaan Indonesia kedepan yang sudah lebih baik dari sekarag :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ... semoga ya Mbak..

      Hapus
  7. yang berani nyela' Indonesia... ribut sama gue..! ..
    Kita bangga dengan kemerdekaan ini karena bangsa Indonesia merebutnay sendiri (bukan pemberian)
    paling aku suka denger cerita penjajahan itu dari mbahnya temen..

    Merdeka Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya begitu ya ..

      Hapus
  8. Lima cm...memang oke xixixixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo 10 cm gimana Bli .. :P

      Hapus
  9. BlogS Of HariyantoSelasa, 20 Agustus, 2013

    apapun terjadi saya tetap bangga terlahir sebagai anak asli Indonesia...sekali merdeka tetap merdeka....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, merdeka ! :)

      Hapus
  10. Cieee..ciee 5 cm lah yaw..

    terlalu lebay lah bu Dey kalau ada yang masih bilang belum merdeka. Sesulit dan seremuk apapun hidup di Indonesia, jauh lebih remuk saat kita hidup di jaman penjajahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, banyak orang, banyak pendapat ...

      Hapus
  11. jaman dulu mungkin tidak nyaman, tapi indah karena kita lebih mampu menyikapinya dengan lapang dada. dulu makan nasi pera juga enjoy. tidak seperti sekarang, nasi pagi diangetin sudah dibilang ga enak

    kata simbah, jaman biyen pancen ora enak. ning kepenak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya, harus bisa menyikapi dengan lapang dada ya Mas ..

      Hapus
  12. Betul ya Teh, apa kata si Mbah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya sih mengiyakan apa kata si Mbah :)

      Hapus
  13. puteriamirillisRabu, 21 Agustus, 2013

    iya kita sudah merdeka, tapi bener kata si mbah ya mbak jangan sampe kita malahan lebih suka makanan orang luar drpd makanan indo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. promosi makanan luar lebih heboh sih dari makanan sendiri, jadi termakan iklan :D

      Hapus
  14. Hehe, ternyata masih ada yang bilang Indonesia belum merdeka, apa cerita Mbah Kung belum cukup jelas, Tugasku wis rampung, melok perang kanggo anak putu. Ngerasakno ra enak jaman londo, jaman jepang. Nek saiki koyok ngene, yo kowe piye sing enom. Kowe ki tinggal ngisi kemerdekaan thok

    Mbah Kung memang essip, Bu Dey

    BalasHapus
    Balasan
    1. se-essip kang Sofyan ;)

      Hapus
  15. alhamdulillah perayaan kemerdekaan Indonesia pasti dihiasi kegembiraan anak-anak yang meramaikan dengan ikut lomba-lomba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tahun ini di tempat saya kurang ramai Mbak, mungkin karena orang2nya masih asik libur lebaran.

      Hapus
  16. perang jaman dulu merebut kemerdekaan adalah perang melawan penjajah, kalau perang jaman sekarang adalah perang melawan kemungkaran, korupsi dan ketidak adilan

    BalasHapus