TopMenu

Senin, 05 September 2023

Cape, lelah, tapi seru, seneng ....

Postingan bakal panjang nih .. rapelan cerita selama seminggu .. :D
Minggu pagi ke Pasar Lembang beli beberapa sayuran buat di bawa mudik ke Tasikmalaya. Jarang-jarang masuk pasar menjelang lebaran, udah kebayang penuhnya. Dan terbukti, lumayan berdesak-desakan. Makanya kita cuma sebentar, yang dibelinya juga ngga banyak kok. Udah gitu, harga-harga kok mendadak naik ya .... timun yang beberapa hari sebelumnya cuma Rp 6.000/kg, jadi Rp 9.000/kg, tomat dari Rp 3.000/kg naik jadi Rp 5.000/kg. Hadeuhhh, kesempatan pedagang .. padahal petani sih jual di kebun dengan harga normal.

 
Tomat, timun, daun salada, pete, plus bunga hebras warna warni & sedap malam. 
Bunga putih yang kecil-kecil itu gak tau namanya. Bunga hebras beli di kebun tetangga, bunga putih kecil-kecil itu malah dapet gratisan, mau segimana ngambil di bolehin aja.


Senin paginya, ibu sama bapak ke RS Al Islam di Jl. Soekarno Hatta, karena minggu terakhir Ramadhan itu kondisi ibu ngedrop banget. Tensi ibu naik & maag kambuh, makanya puasa ibu bolong bukan hanya karena alasan perempuan, tapi juga karena sakit. Ke dokter buat berjaga-jaga karena lebaran mau mudik. Ternyata tensi bagus, tapi maag-nya nih, sampe sakit dada. Sama dokter di kasih 3 macam obat.

Jl. Soekarno Hatta -  Bandung yang biasanya ramai, macet ... hari Senin itu lengang, serasa jalan milik sendiri.

Karena lebaran ngga jadi hari Selasa, lanjut puasanya. Tapi akhirnya bapak memutuskan ngga puasa karena ragu-ragu. So, serumah ngga ada yang puasa deh.  Mbah emang cuma sanggup puasa 9 hari pertama, setelah sempat lemas dan jatuh, semua menganjurkan untuk gak puasa aja. Toh sudah sepuh banget, jadi bisa di maklum tapi harus bayar fidyah. Ibu juga sakit, Fauzan kok ya masuk angin. Deuh .. kompak sakitnya.

Selasa sore, kakak ibu yang dari Jakarta nyampe Parongpong bareng keluarganya. Rumah mulai rame. 

Besoknya, setelah sholat Ied, adik ibu yang dari Cikarang datang juga. Makin rame deh ... apalagi Fauzan emang cs-an banget ama 2 ade sepupunya yang dari Cikarang ini. Keluarga adik ibu sebenernya udah ngerayain lebarannya hari Selasa. Jadi mereka 2 kali lebaran hari pertama, hehehe ....

tema baju lebaran kita bertiga taun ini adalah, sasirangan gratisan, hehehe ..
iya, kain sasirangan yang kita jadiin baju kembaran itu, di kasih temen dunia maya yang tinggal di Kalimantan Selatan.

Nah, siangnya, dateng lagi 1 keluarga kakak ibu, gak jauh sih, sama-sama di Bandung, tapi yang ini mah tinggalnya di kota. Fiuhhh ... heboh dah dengan celotehan para cucu-nya Mbah. Alhamdulillah bisa kumpul.

Karena Mbah udah banyak yang nemenin, gantian ibu yang ninggalin mereka, hihihihi ... Iya, kita bertiga mau ke Tasikmalaya, kampung halamannya bapak. Sebelumnya ke Garut dulu jemput adik bapak.

Dari rumah sekitar jam 10 pagi, nyampe Garut sekitar jam 3 sore., hampir 5 jam. Padahal kalo hari biasa, ke Garut paling lama 2 jam. Sepanjang jalan menikmati macet, apalagi masuk daerah Nagrek. Di daerah Kadungora - Garut, sempet di pelototin sama bapak-bapak yang mobilnya di sebelah kiri kita , soalnya kita yang udah ambil jalur kanan, tiba-tiba motong masuk ke kiri. Bukan apa-apa, tiba-tiba Fauzan bilang sakit perut, gak jauh di depan, ada POM Bensin di sebelah kiri. Tapi akhirnya si bapak itu mau ngerti, waktu kita bilang mau ke POM Bensin. Lha, anak-anak mana bisa di suruh sabar nunggu sampe tujuan.

 macetttt .... 

Pemandangan yang sempat ibu ambil di Garut
yang sebelah kiri di daerah Kadungora, gak tau nama gunungnya
yang sebelah kanan, udah masuk Garut kota, Gunung Cikuray

Jam 5 sore, mulai deh lanjut ke Tasikmalaya. Isi mobil jadi nambah, selain kita bertiga, ada keluarga adik bapak. Total di mobil jadi 4 orang dewasa & 3 anak-anak. Yang kecil-kecil mah pada nyenyak tidur di mobil. Bapak tuh yang cape karena jadi supir, tapi dari awal udah berjaga-jaga minta di bawain kopi biar gak ngantuk. Alhamdulillah, sampe Tasikmalaya dengan selamat.

Meski lelah, gak bisa langsung istirahat ya .. banyak saudara. Trus kumpul-kumpul buat acara  untuk besoknya. Rencananya kan mau ada lomba-lomba kayak 17-an gitu untuk anak-anak. Ada door prize juga. Tapi ibu mah tidur aja, dengan alasan nemenin Fauzan yang rewel mau tidur, hehehe ....

Habis sholat shubuh, langsung deh bantuin nenek beres-beres rumah. Karena bakal datang banyak kerabat, sekitar 107 orang. Itu keluarga satu buyut dari neneknya Fauzan (ibunya bapak). Seru lho acaranya, meski banyak yang ngga tau namanya, tapi karena yakin itu sodara, ya langsung akrab aja.

Lomba balap kerupuk, bawa kelereng di sendok, tarik tambang, dll

Beres acara lomba-lomba, lanjut sholat Dhuhur yang disambung makan siang. Menunya bukan ketupat + opor ayam, tapi nasi plus lalap sambal di tambah tahu, ayam goreng & aneka ikan. Ada ikan gurame goreng, pindang ikan mas, pepes ikan mas, pepes peda, ikan nila kecil-kecil yang di goreng. Hmm, nikmat ....


Menu makan siang

Selesai makan, mendengar nasehat dari salah satu kerabat yang di tua-kan, salah satu kakeknya Fauzan  (kakak dari neneknya Fauzan) yang memang udah sepuh. Ternyata taun ini usia pernikahan beliau udah 50 taun lho .. Subhanallah, patut di contoh oleh anak cucu cicit.

Lanjut pembagian hadiah lomba dan doorprize. Fauzan menang lomba masukin pensil ke botol. Pas dibuka hadiahnya, ternyata pastel oil yang kotaknya warna pink. Fauzan protes, hihihi .. gak mau katanya, soalnya warna pink. Untung ada sepupu perempuannya yang menang lomba lain dan emang pengen pastel oil warna pink itu. Jadinya tukeran hadiah deh .. Fauzan jadi dapet pastel oil yang kotaknya biru meski lebih kecil plus pensil & alat tulis lain. Ah, dasar bocah ..

Tapi karena acara ini buat seru-seruan aja, semua anak-anak dapet hadiah kok, dapet godie bag isi makanan ringan. Semua anak-anak juga dapet lembaran uang baru pecahan 2 ribu sebanyak beberapa lembar. Yang penting kan kumpul-kumpulnya ....

Saat pembagian doorprize, ternyata ibu dapet mixer. Alhamdulillah ... akhirnya sih mixernya ibu kasihin ke adiknya bapak, soalnya dia yang suka bikin kue dan mixernya punya dia emang rusak. Ibu mah punya mixer satu aja jarang di pake, gimana mau punya 2 mixer. Malah mubazir kan ...

Kirain acara udah beres, ternyata masih ada acara makan-makan ronde ke-2. Seorang kerabat yang tinggal di Makasar, ngebikinin coto Makasar. Wuihhh, mantappp ... Belum lagi ada yang bawa siomay, makin deh .... Minumnya air kelapa muda asli !

Coto Makasar
Siomay & air kelapa muda-nya lupa di potret

Fauzan seneng sekali di ajak mudik. Soalnya emang jarang kita ke sana. Kita lebih sering ke Jatinangor, karena Neneknya Fauzan emang tinggal disana. Tapi saat lebaran, semua tumplek blek di Tasikmalaya.

Suasana lembur (kampung halaman) bapak,  beda banget dengan Parongpong. Meski sama-sama kampung. Di Tasikmalaya, masih banyak sawah. Banyak aneka ikan air tawar. Sayangnya, kemaren itu sawahnya sedang kering. Karena memang sawah tadah hujan. Jadi gimana hujan turun aja.

Satu lagi yang bikin Fauzan seneng, dia bisa maen di sungai dengan gratis ! Di Parongpong ada sungai sih, tapi gimana ya .. perasaan udah jadi tempat wisata semua. Musti bayar kalo mau maen di sungai, hehehe ....

Sehabis maghrib, kita memutuskan pulang. Pengennya sih nginep sehari lagi, biar bisa jalan-jalan ke kota Tasikmalaya buat cari oleh-oleh & wisata kuliner. Tapi gimana, para kakak & adik ibu udah pada mau pulang dari Parongpong, kasian Mbah sendirian.

Berangkat dari Tasikmalaya sekitar jam 7 malam, sampe rumah jam 2 dini hari. Weittttssss ...............  langsung tepar sampe besok paginya ...

22 komentar :

  1. tapi rasa lelahnya terbayar lunas sama rasa senengnya kan :D

    BalasHapus
  2. wah eta tah ikan na mantap pisan pasti. :D

    taqabbalahhu minna wa minkum :)

    BalasHapus
  3. Whooa, kain sasirangan-nya bagus lho... :D

    BalasHapus
  4. wuiiih acara lebarannya bener2 seru yachhh.....saudaranyanya banyak banget yachh...sampe 107 orang....senangnya masih bisa ngumpul sama saudara2....

    BalasHapus
  5. anjrit..
    menunya serba ikan euy, kereeen...
    rata rata pada libur seminggu ya..?

    BalasHapus
  6. Menunyaaa.....
    enyak-enyak-enyak....

    BalasHapus
  7. wow 107??
    luar biasaaaaa
    menunya juga luar biasaaaa
    cotonya bikin ngileeeerrrr:D


    btw minal aidin wal faidin ya mbak..
    maaf baru sempat berkunjung ^^

    BalasHapus
  8. acaranya kaya 17an ya jadinya,rame ada lomba2

    BalasHapus
  9. whuaa..meni seru pisan....

    BalasHapus
  10. Wah seru bngt ya bu acaranya. Biar capek tp khan seneng? Hehe

    BalasHapus
  11. belum pernah ke garut... tapi sangat ingin ke sana... :(

    BalasHapus
  12. woww ...motif kainnya lain ya? Saya baru lihat nih, biasanya batik...
    eniwey - laporannya padat n tertata, nicee :D

    BalasHapus
  13. walau terlabat ucapin :
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
    Taqobbal Allahu minna wa minkum
    Minal aidin walfaidzin
    Mohon maaf lahir & bathin

    BalasHapus
  14. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
    Mohon maaf lahir & bathin

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum,
    bener-bener liputan yang komplit, bahkan kalo mau bisa jadi banyak post hhh.

    reuni besar tuh ya Mbak sampe 107, tapi tetangga saya kemarin malah ada yang reuni keluarga sampe 900 orang wwkkk.

    sasirangan itu apa sih ?

    “Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum .
    Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faidzin”

    BalasHapus
  16. wah senengnya dapat mixer, Alhamdulillah, mudik dengan suka dukanya ya :)

    BalasHapus
  17. Rame banget yah Bu acara mudiknya... Menunya asik, krn yg santen2 pasti udah ngebosenin ya... jd pengen... hihihi... ^_^

    btw, beneran di Parongpong maen disungai kudu bayar..?

    ckckck... yah mending sih... drpd di jakarta nggak aa sungai yg bisa dimaenin... hehehe...

    btw, skrg masih tepar nggak Bu? Gmn Fauzan udah masuk sekolah ya?
    met aktivitas kembali... semangaaat... ^_^

    BalasHapus
  18. Cape dan lelahnya terbayarkan sudah dengan kebahagiaan bersama keluarga ya Mba...
    Met lebaran, mohon maaf lahir batin ya Mba...

    Oya, itu batik sasirangannnya kerennn loh;)

    BalasHapus
  19. Menu makan siangnya menggoda sekali. Jadi ingat istri yang begitu hobi makan ikan asin.

    Kalau coto makassarnya mengingatkan saya pada coto makassar di asrama mahasiswa makassar di Jogja. Enak. Antreeee!!!

    BalasHapus
  20. Keluarga ZulfadhliKamis, 08 September, 2011

    Dear,

    wahhh gileee benerr suasanay lebaranya meriah sekali.... makanannya bejibun dan ada aktifitas seperti 17 belasan yach..... keren juga tuch idenya.....

    tapi pasti ampe sekarang masih tersisa pegel linunya yavhc..... minala aidin wal faidizin maaf lahir dan bathin....

    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  21. Ikuta seneng baca posting ini, Dey...kebayang gimana ramenya ngumpulin 107 orang saudara itu...

    Ngomong-ngomong, ikan nila kecil-kecil itu favorit saya banget lo, enak, gurih dan renyah...huhu, pengeeeen!

    BalasHapus
  22. wah, seru acara kumpul2 lebaran sama sodara-sodara.
    menu makanannya juga bikin ngiler nih. :)

    BalasHapus