Selasa, 05 Juli 2011

de Ranch - Lembang

Rumah maya ibu berdebu ya ... gak keurus hampir seminggu. Bukan karena penghuninya pergi berlibur, tapi sebaliknya. Rumah kami dijadikan tempat berlibur keluarga yang di luar kota. Mungkin karena ada Mbah disini. Beberapa cucu-nya datang berkunjung, mumpung libur sekolah. Fauzan dong yang pastinya senang. Karena jadi banyak teman.

Lagian juga nih, Bandung kalau liburan macetnya ampun deh, seperti foto di postingan sebelumnya. Jadi, pribumi lebih baik di rumah aja deh ...

Tanggal 29 Juni datang Ade Ryo & Ade Lunar, umurnya sebayaan, klop dah ama Fauzan. Besoknya ada Mbak Nita & Teteh Fia. Makin ramai suasana rumah.
Sayangnya, Teteh Fia ngga bisa nginap, karena meski liburan, tugas dari pesantrennya lumayan banyak. Ade Lunar-pun sempat pulang dulu ke Cikarang karena badannya panas, baru pada hari Jum'at malam dateng lagi.

Jum'at (1 Juli 2011), ngajak ade Ryo & Mbak Nita ke de Ranch di Lembang. Cari yang murah meriah dan mudah dijangkau dengan angkutan umum. Dari rumah cuma sekali naik angkutan umum, di lanjut jalan kaki sedikit. Karena memang lokasi de Ranch tidak dilalui angkutan umum, yang ada cuma delman atau ojeg. Pulangnya cari bakso dulu di RM. Melati yang samping pasar Lembang.

Sabtu (2 Juli 2011), ke de Ranch lagi .. hehehe ... lha gimana, Ade Lunar protes karena dia kan baru datang lagi hari Jum'at malam. Oke lah ... Berbeda dengan hari Jum'at, hari Sabtu jalanan di Lembang macet, terutama ke arah Tangkuban Perahu  & Ciater. 

Turun dari angkutan umum, ngga langsung ke tempat tujuan, karena para bocah ngajakin naik delman. Sewa delman buat keliling Lembang, ngasih harga mahal banget, Rp 25.000. Weks ah. harga liburan. Sama ibu di tawar aja, wong biasanya juga cuma Rp 10.000. Akhirnya dikasih deh, Rp 15.000, keliling Jl. Kayu Ambon, muter ke Jl. Maribaya (ke arah de Ranch)

Buat ibu, serasa nostalgia puluhan tahun yang lalu, saat SMA. Iya, lokasi  SMA-nya di Jl. Maribaya situ, kendaraan yang lewat cuma delman. Kalau punya uang lebih aja baru naik delman, kalau ngga, ya jalan kaki sejauh hampir 2 km. Seru aja sih, karena dulu kan belum banyak yang punya kendaraan. Hampir semua teman jalan kaki.

Balik ke topik ... masuk ke de Ranch, Rp 5.000/orang, tiketnya bisa ditukar dengan 1 cup susu sapi murni atau yogurt. Kalau cuma mau duduk-duduk aja atau sekedar narsis-narsisan, ya monggo, gak di pungut biaya lagi. Kecuali mau mencoba beberapa permainan, beda lagi itu mah. Atau lapar ? Banyak pilihan makanan juga kok disana ...

 susu sapi murni/yoghurt yang bisa didapat dengan menukarkan tiket masuk

Mainan ini gratis, jungkat-jungkit, perosotan, meniti tali.

naik delman (Rp 15.000), berkuda dengan pakaian cowboy (Rp 20.000), bola air (Rp 15.000)
gerobak kereta kuda (kayak di  film little house on the prairie, yang masa kecilnya tahun 80-an pasti tau ..:D)

ayunan (gratis),  panjat tali (gratis), tenda indian (gratis),  memanah ala indian (Rp 15.000)

panjat dinding plus flying fox (Rp 15.000)


Sebagian kuliner di de Ranch : Mendoan, risoles, sosis panggang, kentang spiral, poffertjes, coklat
(Mendoan Rp 9.000, yang lain lupa harganya, itu belum pajak 10%)


Daftar harga tiket permainan, biar bisa ngira-ngira perlu dana berapa andai mau main kesini

Sebenernya ibu pernah posting juga waktu ke de Ranch saat liburan tahun baru kemarin. Bisa baca di sini.

Selain jalan-jalan ke de Ranch, ada lagi nih acara seru yang dinanti-nanti Ade Ryo & Ade Lunar kalau liburan kesini. Buat Fauzan mah udah biasa. Apa itu ? Biasa, kreativitas-nya Mbah ... hehehe.
Di postingan berikut aja ya ....

26 komentar :

  1. Waduh jadi kepingin nih qta... hihihi... kapan2 maen ke de ranch ah... klo nggak musim liburan... :-D

    Makasih infonya yah Bu! ;-)

    BalasHapus
  2. kalau di Bandung banyak bgt ya tempatliburan kaya gini. bermanfaat bgt

    BalasHapus
  3. Mau dong Bu ntar kalu ke Bandung main ke de ranch, seru ya dan yang terpenting anak-anak pasti suka ;)

    Naik delman, ini juga langka, apalagi di Palembang tak ada.

    Liburan ,emang tak harus keluar kota ya Bu, yang penting dibuat asyik anak-anak pasti senang. Salam untuk Fauzan...

    BalasHapus
  4. wah boleh juga neh kalo liburan ke rumah aa fauzan he he he.. abisnya seru kayaknya he he he

    BalasHapus
  5. jadi lapar lihat kulinernya yg enak-enak :)

    BalasHapus
  6. Sama, mbak, blog saya juga kemarin lumutan seminggu gak disentuh, hehehe, tapi kalo saya sih karena mudik.

    Infonya keren nih mbak, bisa jadi referensi kalo 'maen' ke Bandung :)

    BalasHapus
  7. asik bgt bu jalan2 rame2 gitu
    jadi kangeeen keluargaku :)

    BalasHapus
  8. Asyik nya liburan...mau dong kalau ntar aku ke bandung ditemani main kesana...

    BalasHapus
  9. Wah, murah sekali ya mbak. Kecuali makanannya sih. Tapi masih normal untuk ukuran Bandung ya. Yang penting anak senang bermain sampai puas dan ortu juga seneng.

    BalasHapus
  10. Blm pernah maen ke bandung. Hehe
    Tp seru jg liburannya :)

    BalasHapus
  11. Wah liburannnya pasti menyenangkan mbak, ngiler lihat susu murninnya,,,,hiks,,,,hiks,,,,

    BalasHapus
  12. sip deh dipublish disini, padahal orang bdg juga, tapi lum pernah kesana bun hehe, macettt

    BalasHapus
  13. Mendoan 9 ribu mbak? Ampun... mahal bener sih? Tapi secara keseluruhan de Ranch di Lembang sptnya menarik utk dikunjungi mbak...

    Rupanya pekan ini banyak yg posting tentang liburan bersama keluarga ya mbak? hehehe

    BalasHapus
  14. Permisi.. ijin follow ya mba'.. makasi...

    BalasHapus
  15. Shasa pengen ke de ranch juga nih... kapan ya diajakin kesana?

    BalasHapus
  16. Mahal juga yah naik Delman,,mungkin ini masa² liburan Mbak...jadi pingin nih ke de Ranch Lembang

    BalasHapus
  17. Liburan yang menyenangkan, dengan harga yang relatif murah dan harga makanan yang bervariatif. Semua itu tidak terukur bila dengan kesenangan yang dapat dinikmati oleh kebahagian anak beserta keluarganya ya Mba.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  18. kalo aku ke bandung, bulek jadi guide saya yah? hehe

    BalasHapus
  19. uwaaah pengen ke Bandung lagi niih... dulu jaman ke Bandung, mampir lembang cuman makan ketan bakar, sate kelinci, sama minum susu hangat.. gakk mampir de ranch secara jaman saya kesana belom ada. hahahaha...

    eh, angkutan umumnya naik yang mana ya??.. jalur apa, naik dari mana turun mana gituu... >.<

    BalasHapus
  20. Huwaaa....jadi laper kieu ningal kuliner de ranch..

    BalasHapus
  21. antara 15 sampai 20-an ya... lumayanlah.. hehehe.. seperti nya patut di kunjungi suatu saat nanti :)

    BalasHapus
  22. wah mau dong liburan ke sana...

    pengen ngerasain permainan anak-anaknya...
    kan badan Hani kecil, jadi bisa nih naik semuanya...
    ahahahah

    BalasHapus
  23. Kok jadi pingin ngajak keluarga berlibur kesana ya dan itu cocok banget tempatnya dengan anak2..Btw disana tempat GriYa KulineR yang asyik dan makanannya enak2 dimana ya..

    BalasHapus
  24. wah, makasih referensinya yang lebih lengkap nih... tau gitu kemaren kita kopdaran ya, ckckckc

    BalasHapus
  25. wow, komplit infonya. makasih kak

    BalasHapus