Senin, 25 April 2023

Bandung Wayang Festival 2011

Sebenernya acara ini udah ada sejak tanggal 22 April kemarin. Tapi karena cuaca tidak mendukung, juga kondisi ibu yang belum sehat banget, jadi baru hari Minggu ini disempetin liat. 
Kita pergi sehabis dhuhur, setelah sebelumnya ke undangan pernikahan dulu. So, kita liat festival wayang sambil berbatik ria. Bener2 cinta Indonesia deh ... hehe.

Sampai tempat acara (Bale Pare - Kota Baru Parahyangan), pas banget sedang ada pagelaran wayang keroncong. Meski di artikel ini disebut bahwa wayang keroncong tak hanya sekadar pertunjukan wayang bersama dalang atau nyanyian keroncong tapi juga akting dan tarian, tapi tadi kita cuma liat pagelaran seperti wayang golek biasa (tapi tanpa pengiring gamelan), ngga ada akting & tariannya. Atau mungkin kita telat datangnya ya ...

Seru banget nonton ini, apalagi waktu adegan yang ada si Cepot (Astrajingga), ketawa terus. Fauzan juga menikmati banget. Cekikikan gak berhenti. 

Awalnya nonton sambil duduk di lantai, tapi karena kehalangan yang didepan, Fauzan akhirya di gendong pundak sama bapak.

Beraneka ragam wayang di pamerin disana, dari wayang yang udah biasa kita kenal (wayang golek dan wayang kulit), ada juga wayang karton dari Cirebon (seperti wayang kulit, tapi media yang dipakainya kertas karton), wayang Tavip (terbuat dari botol plastik bekas minuman mineral), ada juga wayang yang dibentuk dari kertas (kayak origami), wayang dari batang padi / batang daun singkong / rotan (ini mah mainan anak jaman dulu ya), lukisan wayang, ada juga wayang yang dibuat dari kertas koran. Wuih, keren-keren deh ... cakep-cakep.

Nih sebagian  foto-fotonya :
kalo mau bikin wayang kayak gini, bisa liat di sini

wayang karton
Ini semacam diorama gitu, kisah Ramayana. Dan bahan buat bikin wayang kecil-kecil ini (tingginya sekitar 5 cm-an), adalah kertas koran ! Dua jempol deh buat yang bikin.

Bapak sama ibu sebenernya betah di acara ini, tapi kasian Fauzan kalau harus pulang malam. Lagian dia juga udah mulai bete, apalagi pas acara live band yg bergenre speed metal. Kan berisik tuh., telinganya emang sensi kalo denget suara keras (padahal ibu malah sehat lho denger musik kayak gitu,  tensi turun, hehehe). Band itu menyanyikan lagu-lagu yang berlirik sajak-sajak cerita Bharatayuda. Band asal Solo. Nama band-nya, Lord Symphony.

Kapan ya ada acara-acara budaya kayak gitu lagi ....

15 komentar:

  1. ketemu kang cepot ya:)

    BalasHapus
  2. @Lidya, iya ... seru lho, penghilang stres.. hehe

    BalasHapus
  3. wah seru bgt nonton acara budaya kayak gitu ya, mengajarkan anak cinta budayanya,.

    BalasHapus
  4. heuheu.. seru kali yach bisa nonton pertunjukan wayang secara langsung gitu. selama ini kami cuma pernah nonton di tv.. belom pernah secara live...

    BalasHapus
  5. @IbuDzakyFai, dan ternyata anak2 suka ...

    BalasHapus
  6. @Desy, berasa banget sensasinya kalo nonton langsung, halah .. apaan coba, hehehe. Kita juga ngga sengaja, pas dateng, pas ada pertunjukan wayang.

    BalasHapus
  7. wah kayaknya memang seru acara budaya macam gitu. Di djogja kayaknya belum ada deh festival wayang

    BalasHapus
  8. wah hebat aa ujan seneng wayang yaa .. wah kalo cepot mah pasti semua suka .. obat stress .. :), kyknya dah gak pernah ada di TV lagi yaa ..

    BalasHapus
  9. Indonesia emang jagonya kalo soal budaya...banyak banget..
    salam kenal

    BalasHapus
  10. @entik, tapi di yogya udah banyak wayang di mana2, dan juga banyak festival budaya yg lain disana kan ?

    @Bunda Farras, kalo di TV lokal masih suka ada Bun acara wayang.

    @Tunsa, yup..bener banget, saking banyaknya sampe diakui milik orang lain, hehe ..
    salam kenal juga ..

    BalasHapus
  11. walah seru yah bisa liat festival wayang di Bandung.. ketemu kang cepot, jadi anak bisa langsung ngerti secara langsung gimana bentuknya.

    wisata edukasi juga, meskipun pasti yang nggendong capeek.. hahaha

    BalasHapus
  12. Waaaah ternyata wayang itu macam-macam bentuknya yaa, aku kira cuma ada 3, wayang kulit, wayang golek dan wayang orang, eh ternyata ada juga yang dari botol plastik dan karton. hebat hebat euy

    BalasHapus
  13. Waduh, itu si Bapak gak pegel2 tuh gending si Fauzan......

    BalasHapus
  14. @Gaphe, demi anak .. cape juga di jalani .. hehe

    @Mauna, sebelumnya juga aku gak tau kalo ternyata wayang byk ragamnya.

    @Nunik, pegel sih .. habis itu ya minta pijit .. :D

    BalasHapus
  15. wahhh, ga kesana euy. baca2 disini jadi lumayan kebayang acaranya. Sip2 ada link nya, jadi pingin bikin .

    BalasHapus