Kamis, 05 Oktober 2017

Buah Kurma Muda Banyak Manfaat


Buah kurma muda banyak manfaat - Berawal dari seorang teman lama yang memajang foto di medsosnya, buah berwarna kuning masih dalam tangkainya. Penasaran nama buahnya, ternyata buah kurma muda. Waktu itu, sang teman memang sedang bertugas mengantar jamaah haji. Foto itu dia jepret di sebuah pasar di Arab Saudi sana. Langsung tanya harga deh dan apa bisa titip beli. Alhamdulillah, sang teman mengiyakan. Akhirnya dia membawakan buah ini ketika ada waktu istirahat pulang ke Indonesia sambil menunggu jamaah selesai melakukan ibadahnya. Ini pertama kalinya saya melihat dan merasakan buah kurma muda. Selama ini saya hanya pernah makan buah kurma berwarna hitam yang sudah dikeringkan itu. 



Ternyata buah kurma muda memang sukar ditemui di Indonesia. Jarang sekali yang jual. Paling-paling titip beli ke mereka yang sedang berhaji atau kebetulan ada yang pulang bertugas dari daerah Timur Tengah. Sebagai buah segar, kurma muda memang harus segera dikonsumsi atau dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Jika tidak, buah ini akan matang dan lembek. 

Bagaimana rasa buah kurma muda ini ? Awalnya terasa kesat di lidah yang berasal dari kulit buah yang masih keras.  Tetapi makin lama makin terasa nikmat setelah berpadu dengan daging buah berwarna putih. Malah ketagihan ngga mau berhenti mengunyah. Segar dan enak. Jika sudah menjadi lembek dan matang, rasanya menjadi manis, mirip-mirip dengan buah sawo. 

Sebelumnya saya pernah mendengar jika buah kurma ini sering dicari karena bisa membantu mempercepat kehamilan. Biasanya mereka yang sudah menikah lama tapi belum diberi momongan akan disarankan untuk mencoba menkomsusi buah ini. Informasi yang saya dapatkan setelah mencari rujukan melalui Google adalah buah kurma mengandung hormon Botosin yang dapat menaikkan gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan uterus  (rahim) sehingga dapat meningkatkan kesuburan . Selain itu, vitamin A yang terkandung di dalamnya baik untuk kesehatan mata dan kulit. Juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, mencegah stroke (http://kurmanabi.com/manfaat-kurma-muda/).

Ketika teman kembali bertugas, sayapun kembali titip beli untuk kakak yang ternyata suka juga. Teman saya menawari untuk membelikan kurma muda yang berwarna merah. Ukurannya lebih besar dibandingkan dengan kurma muda yang berwarna kuning. Rasanya kurang lebih sama.

Mari berburu buah kurma muda banyak manfaat. Ssst, kalau nanti ada yang pergi berhaji, titip beli buah kurma muda aja. Titip beli lho ya, bukan minta dibeliin .. hehehe.

10 komentar :

  1. Aku dulu pernah makan kurma muda hasil dari oleh2 teman pulang umroh. Rasanya sepet2 gimana gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepet tapi enak kalau kata saya. Pengen lagi .. hehe

      Hapus
  2. Saya belum pernah cobain kurma muda. Tap kurma yang biasa ditemui juga gak pernah suka. Kalau di rumah yang suka kurma itu Keke. Biasanya saya beli kurma untuk dia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh kurma muda ini, rasanya mirip sawo kalau udah lembek & mateng

      Hapus
  3. Buah kurma memang kaya manfaat ya, Teh...

    Hehehe, betulll, titip beli :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, titip beli biar dapet kepastian.

      Hapus
  4. Belum nyoba Jeng Dey...pengin incip juga euy kurma keluarga palma rasa sawo..
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini Bu saya kasih. Ngga bisa dikirim karena cepat sekali matangnya.

      Hapus
  5. Saya belum pernah nyoba buah kurma muda teh Dey, kalau kurma mateng sih suka

    BalasHapus
  6. aku suka buah kurma yang kayak di foto itu Bunda
    masih ada kriuk kriuk nya
    masih segar

    BalasHapus