Kamis, 25 Agustus 2016

Baso Aci Ceu Imas di Garut

Baso aci Ceu Imas di Garut - Selain dodol, kerupuk kulit, ada lagi kuliner Garut yang sekarang mulai terkenal. Baso aci. Aci itu sebutan tepung tapioka dalam Bahasa Sunda. Kemarin Minggu, saat kami mengunjungi Garut, adik ipar mengusulkan untuk mencoba Baso Aci Ceu Imas di sekitar Jalan Karacak. Katanya sudah terkenal sampai luar kota.


Porsi 25.000 rupiah. Isinya ada baso sapi, baso urat, baso tahu, siomay dan baso aci itu sendiri. Di atasnya ditaburi daging ayam cincang. Selain saos sambal, saos tomat, kecap, ada tambahan penyedap lain. Yaitu perasan air jeruk sambal (jeruk limo). Aromanya membuat kuah baso makin segar dan sedap.


Baso Aci, kayak cilok ya. Memang rada-rada mirip sih. Ngga tau juga apa bedanya dengan cilok. Yang sebelah sananya itu adalah baso sapi. Kata pelayannya, baso sapinya asli, ngga pakai campuran bahan pengawet.


Baso tahu dengan tahunya gede-gede banget.



Kenyang banget deh makan baso dengan porsi seperti ini.





Meski lokasinya masuk ke dalam gang kecil, tetap banyak dicari.

Sebenarnya, ada teman suami yang tinggal di Garut juga memproduksi baso aci. Hanya saja dia membuat jika ada pesanan atau untuk acara pesta. Tidak membuka tempat makan khusus. Pilihan isi baso acinya juga lebih beragam dibanding baso aci Ceu Imas.

Buat saya yang sudah tidak makan daging sapi, baso aci ini bisa jadi pilihan. Bakal mampir lagi nih ke baso aci Ceu Imas di Garut ini kalau ada kesempatan. Bisa beli buat dibawa pulang juga, sekalian buat oleh-oleh. Di Bandung udah ada apa belum ya yang jual Baso Aci.

28 komentar :

  1. ahh teteeh kapan atuh kita kesana yiuuuk..
    berasa ya baso aci inget jaman dulu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru kemarin Minggu dari sana, Nchie.
      Ntarlah jalan2 bareng lagi.

      Hahaha, iyaa ... dulu jaman SD udah ada yg jual cilok pakai kuah. Mirip kayak baso aci ini.

      Hapus
  2. Duh keren banget di dalam gang begitu tetap dicari pelanggannya ya mba, foto2nya mantap banget euy bikin ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bikin penasaran, kemanapun tetap dicari.
      *sediain tissue buat lap iler .. hehehe

      Hapus
  3. Saya belum pernah nyobain baso aci, bun.
    Teksturnya kenyal-kenyal gitu ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke Garut atuh, mumpung masih kuliah di Bandung.
      Iya, kenyal2 kayak cilok.

      Hapus
  4. Di sini lagi hujan deras pas baca postingan ini. Bikin saya jadi pengen menyantap bakso :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, langsung cari tukang baso yaaa ...

      Hapus
  5. Duh, baksonya bikin ngiler, teh Dey. Ngabibita :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja ngabibita Ila .. hehe

      Hapus
  6. ibuuuuu...kabita ih, dan udah lama bgt ga ngebolang ke Garut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk atuh urang ka Garut bareng2.

      Hapus
  7. baso tahunya montok montok banget ya teh... *ngeces

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangetttt ... hehehe. Makan satu juga kenyang.

      Hapus
  8. Teteeeh meuni kabitaaaaa!

    Jadi itu teh kesimpulannya bakso rasa cilok weh nya hehehe..

    BalasHapus
  9. haduh teh jd kabita liatnya :D blum pernah ke garut, nt klo ke derajat mau ah mampir nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diborong atuh kalau kabita, hehehe.
      Yuk ke Garut.

      Hapus
  10. aaaah jadi kepingiiiiiin baksoooo

    BalasHapus
  11. Porsinya cukup besar ya Jeng Dey. Catet baso aci tuk kunjungan ke Jeng Dey, semoga suatu saat bisa main ke Parongpong. Salam hangat kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu, kalau buat saya sih itu porsi besar.
      Amin, semoga bisa sampai sini lagi.

      Hapus
  12. Kenapa nggak makan bakso daging sapi lagi teh? Kalau saya bakso urat yang dihindari. Makan bakso urat bisa bikin sendi2 saya sakit hanya dalam hitungan menit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakit saya yg ngga ngebolehin makan daging merah, salah satunya daging sapi. Kalau baso ayam / baso ikan masih bisa.

      Tapi kalau makan baso daging sapinya ngga masalah ya ?

      Hapus
  13. baso aci ini sama aja dengan cilok kasih kuah bakso ya bu..?
    menggoda juga buat cicip2

    BalasHapus
  14. Haduuuuh basonya menggoda banget ini *ngiler, jadi pengin baso apalagi pas hujan-hujan gini :D

    BalasHapus
  15. Bikin sendiri, Mbak. Kan jago masak.

    BalasHapus