Jumat, 17 Juni 2016

Pempek Nasi untuk Buka Puasa

Pempek Nasi untuk Buka Puasa - Suka bingung dengan penulisan yang benar untuk nama makanan yang berasal dari Palembang ini. Mpek-mpek, empek-empek atau pempek. Karena takut salah tulis, barusan ngintip dus bekas oleh-oleh dari Bangka. Di dus itu tertulis pempek. Dan yang benar menurut KBBI memang pempek.

pempek/pem·pek/ /pémpék/ n makanan khas daerah Palembang dari adonan tepung terigu dan ikan, dimakan dengan kuah yang bercuka;
-- kapal selam pempek dalam ukuran lebih besar, biasanya di dalamnya diisi telur rebus

Sementara mpek-mpek tidak ada artinya. Empek-empek artinya Bapak, laki-laki yang sudah tua sekali, kakek-kakek.

empek/em·pek/ /empék/ Cn n bapak;

empek-empek/em·pek-em·pek/ n laki-laki yang sudah tua sekali; kakek-kakek

Saya sangat suka pempek. Salah satu makanan favorit deh. Suami dan lelaki kecilpun suka. Banyak teman blogger yang jago membuat Pempek. Salah satunya, Mbak Vivi. Beberapa kali saya pesan kepadanya. Pesanan dengan syarat khusus, tidak pakai garam. Walau tanpa garam, tetap terasa gurih karena ada campuran ikannya. Makannya cukup dikukus saja tanpa digoreng. 

Kemarin itu ada sedikit sisa nasi. Sisa dalam artian ngga habis karena masak kebanyakan. Bukan bekas. Teringat tentang resep yang pernah bersliweran di medsos beberapa waktu lalu. Membuat pempek nasi. Sip, bikin itu aja. Bahannya sebagian sudah ada dan cara membuatnya juga ngga ribet menurut saya.


Saya membuat pempek nasi untuk buka puasa ini memakai resep yang saya contek dari  sini. Meski ngga semua takaran membuat cuko saya ikutin. Gula aren yang saya pakai hanya 200 gr, cabe merah cuma 1 ditambah 1 cabe rawit. Bawang putih pakai 5 buah saja. Ngirit karena harga bumbu-bumbu sedang mahal :D. Ngga terlalu mengurangi cita rasa kok. Masih ok kata suami. Ini sih memuji untuk menyenangkan hati istri, hehehe. Anak saya juga bilang enak. Dia mah anak bageur, selalu memuji masakan hasil Ibunya :D. Malah dia usul untuk dijual di kantin sekolah. Hahaha, ntar ya Nak, belum pede Ibunya. Bikin kedua kalinya belum tentu berhasil :D.

Menurut beberapa resep yang saya baca, adonan pempek ini bisa juga dicampur teri medan, ebi atau mungkin teman-teman punya ide lain ? 

Mau bikin juga pempek nasi untuk buka puasa ? Ayo praktekin. Bisa menjadi pilihan untuk mengolah nasi sisa kemarin.

47 komentar :

  1. aseek..nanti mampir ahh
    spesial uy nyobain masakan teh dey
    hahahhaa, sisaiin teeh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya berani posting kayak gini, berarti emang berhasil nyobain resepnya ... hahaha.

      Hapus
  2. lha baru tau bu ada pempek nasi..
    cek linknya ah
    foto makanan juga jago deh si ibu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link yg tadi salah. Barusan udah diedit.
      Langsung praktek, Mbak.

      Fotonya pakai hp & edit pakai picsart. Foto aslinya ngga sebagus itu, hehehe.

      Hapus
  3. Beuuhhh ...
    Ini kalo disiram kuah kacang ...
    gggrrrhhhh

    Salam saya Ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om kabita .. hehe. Kemarin saya sempat coba di cocol pakai sambal pecel. Pas kebetulan bikin pecel juga.

      Hapus
  4. kebayang enaknya....pernah buat juga bu,,tapi gak pake kuah..dicomotin aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kan ya walau tanpa ikan.
      Saya malah penasaran sama kuahnya, makanya sengaja bikin. Aroma kuahnya itu lho yang bikin ngga tahan.

      Hapus
  5. Errr.. Kesalahan buka artikel ini pas masuk asar. Tambah lapar ini puasanya. Hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, sabar ... bentar lagi buka.

      Hapus
  6. Aku suka banget pempek Mak hihihi fotonya loh ah, bikin ngiler~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos ah, sesama penyuka pempek.

      Hapus
  7. Link resep pempek nasinya nggak bisa dibuka, Dey :(
    Kalau aku, nasi sisa hanya dibuat nasi goreng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah diedit, Mbak. Maaf.

      Biasanya juga saya bikin nasi goreng. Tapi kemarin bosen dan lagi mood juga di dapur. Jadi deh pempek nasi ini.

      Hapus
  8. aku lumayan sering bikin pas di siak,lembut teksturnya...besok bikin ah,teh dey bikin ngilerr^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buatan Mbak Hanna pasti lebih enak nih.

      Hapus
  9. pempek.....sangat suka...
    Ooh nasi bisa dibikin pempek ya Jeng Dey. Aa Fauzan, sebagian dikirim ke budhe dong.. lanjut intipin resepnya ya, hanupis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah habis pempeknya, bude. Tinggal kuah cukonya aja .. heheh

      Hapus
  10. AAhh kepignin lho jadinya bu dey, eeh kalau enak dijualan di kantin sapa tau laku yaa kan :D aa emang cerdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin sendiri, Niar. Gampang kok.
      Atau beli dikantin aja kalau nanti aku jual ... hihihi

      Hapus
  11. di rumah sering nyisa nasi kemarin. biasanya dikasih ke si bibik (art pp) buat makanan ayam.
    mau bikin juga ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sih jagonya masak, pasti jadinya lebih enak. Ayo bikin.

      Hapus
  12. kapan kapan aku minta ajarin ya, Ibu, saya sering ada sisa nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta ajarin google aja, hehe

      Hapus
  13. baru tahu kalo nasi bisa dibikin pempek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta Tante Elsa buat bikinin aja :)

      Hapus
  14. Betul teh, yg bener itu pempek. Aku gk tau knp di daerah lain jd nyebutnya empek-empek ato mpek-mpek :D

    Pempek nasi malah br denger ini teh..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, yang tinggal di Palembang keluar nih, hehehe. Salah dengar kali ya, jadinya salah penyebutan juga.

      Resep pempek nasi sempat rame di share di FB beberapa waktu lalu.

      Hapus
  15. Serahin ke ahlinya saja dah
    Aku mah taunya tinggal lep aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal lep itu memang lebih enak, Mas.

      Hapus
  16. Wah, baru tahu ada pempek nasi. Enak kayanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang belum tau ya .. saya juga tau dari medsos.

      Hapus
  17. ibuuuuu kintun atuh ke Karawaaang hihihihi

    BalasHapus
  18. Waw sepertinya enak nih mbak, kebetulan saya belum pernah mencoba makan pempek pada saat buka puasa.

    BalasHapus
  19. Baru sekali ini tahu ada pempek berbahan dasar nasi. Jadi pengen nyobain. Kapan bikin lagi agak banyak, ngundang-ngundang dong Teh, he he he . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, siap mengundang Om Chris deh ...

      Hapus
  20. Wah...jadi ada ya yang namanya pempek nasi. Baru tau saya xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tau karena resep2 yang bertebaran di medsos.

      Hapus
  21. yaaa baru baca resepnya tau gitu bikin buat nanti malem mudik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin buat di rumah aja kalau habis mudik.

      Hapus
  22. sebagai pecinta pempek, saya pun sukaaa makan camilan yang satu ini kapan saja dan di mana saja teh. Ayo buat lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ya Mbak, kalau di NY pasti bikin sendiri ya karena ngga ada yang jual.

      Hapus