TopMenu

Selasa, 17 Mei 2016

Memanah dan Flying Fox di De'Ranch Lembang

Kapan ya terakhir ke De'ranch. Kayaknya waktu lelaki kecil saya belum berumur belasan tahun seperti sekarang. Memang sih dia masih suka minta diajak ke tempat ini. Tapi kami ngga turuti permintaannya. Bukan apa-apa, suka malas aja lihat macetnya kalau hari libur. Belum lagi pengunjung yang ramai. Ngeliat yang parkir bisa sampai pinggir jalan. Bosen juga kalau buat saya. Udah berkali-kali main ke sini.

Seminggu ini dia libur karena kelas 6 ujian nasional. Rewel aja di rumah, bosan katanya. Minta main ke De'ranch. Saya tanya, mau main apa di sana. Kalau cuma naik kuda kan udah sering. Waktu dia TK sampai kelas 1 SD pun di sekolahnya suka ada kegiatan berkuda keliling lapangan. Dia bilang ingin memanah dan flying fox. Ok deh, ayo jalan berdua aja. Naik kendaraan umum aja. Karena bapaknya kan kerja. Mau diajak jalan ke kota, kondisi Ibunya sedang ngga benar-benar fit. Dengan kondisi fisik saya sekarang, harus banyak pertimbangan kalau mau pergi-pergi jauh tanpa ada yang antar.

Jarak De'ranch dari rumah hanya sekitar 5 km. Satu kali naik angkutan umum selama 15 menit plus sedikit jalan kaki, sudah sampai deh. Setelah membeli tiket masuk 10 ribu rupiah perorang, kami lalu menukarkan 2 tiket tersebut dengan 2 cup susu sapi murni. Lumayan, buat menghilangkan rasa haus. Dua cup itu habis aja sama Fauzan.

Ternyata di dalam sudah cukup ramai. Walau ngga seramai kalau hari libur. Banyak rombongan siswa sekolah dari luar kota. Ngga menunggu lama, langsung ke tempat memanah. Setelah sebelumnya membeli tiket seharga 20 ribu rupiah untuk satu orang. Mendapat kesempatan memanah sebanyak 10 kali. Eh tapi kok ngga dikasih rompi kayak Indian ya. Dulu disiapin pakaian seperti itu lho, juga hiasan kepalanya itu. Lucu aja kalau difoto sambil bawa alat panah. Ya sudahah ngga apa-apa. Anak saya juga ngga peduli. Yang penting bisa memanah.



Selesai memanah, lanjut dengan flying fox. Selesai memakai peralatan keamanan, ternyata hujan turun. Petugasnya meminta anak-anak untuk berteduh, menunggu sampai hujan reda. Alhamdulillah, hujan tidak lama berhenti. Langsung siap-siap antri menunggu giliran.

Untuk sampai ke atas menara, anak-anak harus panjat dinding dulu. Ngga susah, karena sebelumnya pinggang anak-anak disambung dengan tali yang dipegang petugas, lalu ditarik. Jadi kalau toh anak-anak tidak bisa merayap di dinding, bakal tetap sampai atas karena dibantu dengan tarikan petugas.

Sampai di atas menara, baru deh bersiap untuk terbang kayak rubah. Hehehe, flying fox itu kan rubah terbang kalau kata anak saya.


Main di playground. Aduhh, udah ngga pantes deh A', kamu tuh udah gede. Iseng aja nih anak.

Kalau diajak pergi-pergi, anak saya gampang lapar. Kadang memang lapar beneran, kadang cuma lapar mata. Pasti bilang,"Ibu, Aa lapar". Tadi sih pas jam makan siang. Ibunyapun lapar :D. Saya tawarin untuk makan bakso di satu tempat makan yang biasa kita datangi kalau ke Lembang. Karena di tempat itu ada banyak menu pilihan. Saya sekarang ngga bisa bebas menyantap makanan. Harus pilih-pilih. Inget sehat. 

Keluar dari De'ranch, ada delman. Ya udah deh ke pasar naik delman aja. Sebenarnya ngga terlalu jauh sih, biasanya juga kami jalan kaki. Tadi saya udah ngerasa cape, ngga mau maksain. Saya pikir ongkos naik delmannya seperti biasa, ternyata dua kali lipat. Hihihii, disangka turis luar kota kali ya. Yo wis lah, udah terlanjur diantar sampai tujuan, ya dibayar aja. Alasannya Mang kusirnya, karena ngetem. Tau ngetem kan. Itu lho, berhenti cari penumpang.

Sehabis makan, kami langsung pulang. Ibunya jaga kondisi, karena hujan pula. Fauzan sih ngikut gimana Ibunya aja. Udah lumayan senang karena kesampaian memanah dan main flying fox.

Pas sampai rumah, eh dikabarin kalau Mamanya Cal-Vin, Teh Lidya sedang otw mau ke Dusun Bambu. Hiks, ngasih taunya ngedadak. Kalau dari awal bilang, acara ke De'Ranch bisa diubah ke Dusun Bambu aja. Dusun Bambu memang dekat juga dari rumah, kurang lebih 2 km. Tapi ngga ada angkot lewat. Kalau naik angkutan umum, harus disambung dengan naik ojeg atau jalan kaki menanjak lumayan jauh. Saya ngga bisa mengendarai motor, ngga ada yang antar. Sayanya juga udah cape habis dari De'Ranch. Ngga jodo bertemu deh .. hiks.

8 komentar :

  1. Tarry KittyHolicRabu, 18 Mei, 2016

    Si AA udah gede, mainannya pun udah ganti yang lebih menantang ya teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, makin gede makin beda permainan yg dipilih.

      Hapus
  2. andyhardiyantiRabu, 18 Mei, 2016

    Aaaakk waktu di Bandung kemarin sempat diajakin ke sini sama Teh Nchie :( tapi bentrok sama acara keluarga..hiks hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok aku ngga diajak sama Nchie ya ... :D

      Ke Bandung lagi aja yuk ..

      Hapus
  3. Aa Fauzan sang pemanah dan pemanjat tebing, sdh terlihat remaja ya Jeng Dey. Memori perjumpaan kita di dusun bambu sungguh berkesan bagi saya. Salam hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang maunya disebut remaja, Bu. Suka ngomel kalau dibilang anak-anak .. hehehe.

      Salam juga dari Fauzan untuk Bude Prih. Dia masih ingat.

      Hapus
  4. Yasinta AstutiJumat, 20 Mei, 2016

    Seneng udah bisa diajak main ini itu banyak, De ranch seru ya emang, tempatnya luas pilihan mainannya banyak. Ioo kalau kesini jadi tukang ngawasin mondar mandir sana sini ajah hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke sini lagi kalau nanti Iioo gedean dikit, pasti pengen main ini itu bukan sekedar mondar mandir .. hehe

      Hapus