Kamis, 18 Juni 2015

Animal 4D+ cards, Kebun Binatang di Dalam Rumah

Hari Sabtu sebelum Ramadhan kemarin, kami bertiga berkunjung ke rumah Neneknya Fauzan (Ibunya Bapak). Bukan di luar kota sih, meski masuk wilayah tetangga sebelah Bandung. Dan perjalanan ke sana lumayan macet. Apalagi jika hari libur seperti kemarin itu. Mau keluar tol Cileunyi aja udah macet sejauh kurang lebih 5 km. Mungkin karena bersamaan dengan Munggahan dan sebagian anak sekolah sudah banyak yang libur.



Kalau ke rumah Neneknya, Fauzan itu sebenarnya senang dan betah. Karena banyak sepupu yang sebayaan. Mainnya bisa nyambung. Seperti ini, baru pada bangun tidur langsung mainan gadget. Pada serius begitu ya. Ngeliat apaan sih ...



Mereka sedang asik mainan ini nih, kartu-kartu alphabet. Penampakan kartunya biasa aja ya, seperti kartu-kartu alphabet pada umumnya. Tapi kalau sudah tau cara mainnya, anak-anak pasti suka. Orang tuanya juga suka kok .. heheh. Ini namanya kartu animal 4D+, dibuat oleh Octagon Studio, Bandung.



Sebelum memainkan kartu ini, kita harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play Store atau Apple Aplikasi Store. Iya sih, memang hanya bisa dipakai pada Android atau gadget keluaran Apple dengan spesifikasi tertentu. Aplikasinya seperti kamera gitu deh. Cara mainnya, kartu diletakkan di depan kamera. Jaraknya dikira-kira aja. Nanti gambar-gambar binatang yang ada di kartu bisa terlihat seperti nyata di layar gadget. Bisa bergerak-gerak dan ada suaranya. Posisi gambar bisa diubah, bisa tampak atas, tampak depan samping ataupun belakang.




Selain gambar 4D, ada juga gambar-gambar dalam bentuk 2D dan 3D. Ditambah sedikit penjelasan tentang hewan-hewan tersebut. Seperti yang terlihat pada foto ini. Di sudut kanan atas di layar putih, ada tombol 2D dan 3D. Jika digeser ke arah 2D, maka yang keluar di layar seperti foto di sebelah kiri. Sementara foto sebelah kanan menunjukkan gambar ketika tombol digeser ke arah 3D. Binatangnya bisa gerak-gerak juga, tapi sebatas ke kiri ke kanan saja.





Kalau salah satu gambar hewan yang ada di sebelah kanan itu di klik, maka yang akan muncul adalah tampilan gambar dalam bentuk 2D atau 3D seperti yang tadi sudah dijelasin di atas.


Bahasa yang dipakai dalam kartu-kartu ini adalah Bahasa Inggris. Nama hewan pun penjelasannya. Kalau yang ngga begitu paham Bahasa Inggris, harus pakai Google translate kalau anak banyak tanya tentang artinya. Hehehe, ini sih Ibu aja kali ya, yang emang gagap Bahasa Inggris. 

Kalau boleh saran sama pengembangnya mah, bikin juga atuh yang dalam Bahasa Indonesia. Trus aplikasinya jangan terlalu berat. Karena lama banget mengunduh aplikasinya. Kadang sudah bisa diunduh, tapi tidak bisa digunakan. Pengalaman kemarin, sempat susah mengunduh di ponsel Ibu, harus pakai wifi. Giliran udah terpasang aplikasinya, ngga bisa dipakai. Dicoba pakai ponsel pamannya Fauzan, ngga bisa juga. Akhirnya bisa dipakai di ponselnya adik Bapak yang lain. Belum lagi ada satu kartu yang sama sekali ngga bisa keluar tampilan 4D-nya. Tapi secara keseluruhan, asik main kartu ini. Anak-anak suka, serasa menghadirkan kebun binatang di dalam rumah. Untuk mengenalkan aksara pada anak juga ok.

Mau lihat keseruan Fauzan dan sepupunya main kartu ini, yuk liat video yang ngga sampai 1 menit ini.


27 komentar :

  1. wihh keren aplikasinya... Serasa pengen punya juga

    BalasHapus
  2. bagus ya aplikasinyaaaa...dan bisa belajar banyak dari sini :). Bo et Obi pasti suka ...
    Maaf lahir batin ya Teh Dey dan selamat berpuasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau buat Bo et Obi sih pasti ngga masalah dgn Bahasa Inggrisnya, hehehe..

      Selamat puasa juga, Mbak Indah. Semoga lancar ibadah di sana walau berbeda suasana. Maaf lahir batin juga yaaa ...

      Hapus
  3. Itu kartunya beli dulu, bu? Atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kartunya harus beli dulu. Tapi kalau mau cobain dulu, di website Octagon disediain beberapa kartu gratis. Buka aja link yg saya kasih itu.

      Hapus
  4. hehehe lucu, "Awas bisi nyoco ..." (hati2 takut menyengat) - bukti permainan ini begitu tipis antara visual maya dan nyata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, saya juga ngikik ngedenger komentar sepupu Fauzan itu.
      Bener kang, emang hampir persis dengan yg asli ya.

      Hapus
  5. wiihh iku keren pisan mak..

    di sini adanya di mana y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa beli lsg lewat websitenya, Mbak. Klik aja link yg saya kaaih di atas, Octagon Studio. Atau lewat kang Ade kayaknya bisa deh.

      Hapus
  6. Seru mainannya ya, bu. Kalo aplikasinya berat mungkin karena dalam proyek pengembangan. Semoga aja ada edisi revisinya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an ada revisinya, karena bagus buat anak2 tapi berat aplikasi. Agak repot jadinya.

      Hapus
  7. aih pingin beli bun, lucu ya bisa gerak jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli ..beli, *halah .. promosi :D

      Hapus
  8. iih seruu ya
    pwrmainan sekaligus belajar
    (btw di belakang aya suara penggorengan? masak apa bu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, Mbak Monda mendengar suara di belakang. Yang masak itu Neneknya Fauzan.

      Hapus
  9. Wah bagus aplikasinya ya teh, bisa buat alternatif liburan fauzan d rumah juga ya bisa sekalian belajar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Neng, anak2 bisa asik kalau udah main ini.

      Hapus
  10. Ada Singa keluar dari handphone ih. .. hahaha
    Asyik mainanya, ya. 4 Dimensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mainan anak jaman sekarang .. heheh

      Hapus
  11. 4D tuh gimana sih..?
    Kalo terkesan keluar gitu bukannya 3D..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampilannya memang 3D, yang dimaksud 4D karena kita bisa melihat obyek dari sudut pandang yang kita mau. *Gitu katanya suami saya .. hehe

      Hapus
  12. Keren banget aplikasinya ya teh..mainan jaman anak sekarang, macam2 banget :D

    Sebenarnya masih bingung kenapa disebut 4D, teh, karena kalo spt penjelasan teh Dey di atas, kita bisa lihat dari sudut pandang yang kita mau, itu kan masih 3D juga sbnrnya krn dimensi keempat itu kan adalah waktu. Tapi yah, gak tau juga sih, memang masih sukar sekali membayangkan dimensi keempat ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti USG 4 dimensi gitu katanya. 3 dimensi yang dapat ditembus.
      Hadeuh, saya bingung nerangin karena otak saya jauh banget sama eksak .. hehehe
      Maapkan ...

      Hapus
  13. Terlihat akur dan nggak rebutan ya di foto itu ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penampakan di oto, aslinya mah ... ya gitu deh anak2 .. ehhe

      Hapus
  14. Wah aplikasi yang bagus sekali, jadi bisa mengajak anak belajar sekaligus bermain, terima kasih infonya..

    BalasHapus