Rabu, 22 Januari 2014

IT itu Perlu

Pernah mendengar kalimat yang berbunyi seperti ini, didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, karena kelak mereka akan hidup di jaman yang berbeda denganmu ? Di jaman yang makin maju seperti sekarang, keberadaan komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-sehari. Termasuk untuk anak-anak. Kita sebagai orang tua tidak bisa melarang mereka menggunakan komputer, selama itu untuk kebaikan. 

Seperti Dita, cucunya Pakde yang di ceritakan di artikel yang berjudul Belajar IT Sejak Dini,  Fauzan pun sudah kami ajarkan menggunakan komputer dan sejak masuk Sekolah Dasar ada mata pelajaran TIK di sekolahnya. Pakde menulis di artikelnya tersebut, orangtua sudah harus mengarahkan agar anak-anak dapat mengambil sebesar-besar manfaat dari IT untuk kepentingan pendidikannya. Jangan sampai kesenangan dan kecanduan terhadap IT malahan mengganggu belajarnya dan perkembangan jiwanya. Itu juga yang kami lakukan terhadap Fauzan. Peran orang tua sangat besar sekali di sini. Apalagi Fauzan juga sudah bisa bermain di dunia maya, entah untuk bermain game atau mencari gambar kesukaannya, lagu favoritnya, atau artikel-artikel yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah. Harus ekstra ketat mengawasi.

Bagaimanapun juga, belajar IT itu perlu untuk anak-anak. Komputer/internet adalah media, bisa kita gunakan untuk kebaikan atau sebaliknya. Tergantung yang memakainya. Jadi, tidak ada salah mengajarkan IT pada anak-anak sejak dini sesuai dengan porsinya.
 
Giveaway 2 Hari

16 komentar :

  1. Duh, klo Vivi sulungku itu, nyandu online-nya luar biasa. Tadinya fesbukan. Begitu jam fesbuknya dibatasi hanya di Sabtu sore dan Minggu pagi, dia beralih ke ngeblog. Seringnya bukan bikin postinga sih, tapi lebih ke utak-atik blog, macam nambah widget aneh2 hingga gonta-ganti template yang kadang2 emaknya aja enggak mudeng hihihii..
    Sekarang emaknya langsung mulai pasang 'taring' deh klo Vivi udah kelamaan nongkrong di depan komputer.

    BalasHapus
  2. di saman kini IT memang sudah menjadi barang yang wajib diketahui,,,selamat berlomba ya...semoga menjadi yang terbaik...salam takzim dari Banjarbaru Kalimantan Selatan :-)

    BalasHapus
  3. wah saya lulusan IT nih jadi malu, heheee. tapi waktu kecil saya gak pernah tau/kenal ama dunia IT. Baru kenal saat SMP.

    BalasHapus
  4. anak bulekku udah belajar komputer sejak dini banget,apalagi kakak2nya dah gede..jadi PG dah otak/ik komputer sendiri hehe..tv nggak ada di rumah,tapi koran standby terus hehe

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway 2 Hari
    Salam hangat dari surabaya

    BalasHapus
  6. IT memang perlu. Tapi bagi anak-anak, seperlunya saja. Seperti demikian saya perlakukan kepada anak-anak saya saat di rumah. Apalagi mereka ber-enam di ponpes semua.

    BalasHapus
  7. Seperti kata Bapak Menteri BUMN Dahlan Iskan bilang "Suatu generasi tidak bisa dipaksa paksakan untuk didekat dekatkan". Setiap generasi berbeda satu dengan yang lainnya

    BalasHapus
  8. perlu banget lah, jaman udah berubah begini
    yang penting jangan kaya di kerjaanku
    it itu singkatan dari iiii tapedeeeh...

    BalasHapus
  9. Iya IT perlu ya Bu dikenalkan anak sejak dini, hari gini beda sama masa kita dulu, sukses ya GAnya..

    BalasHapus
  10. iya yah bu dey... biar anak2 melek teknologi...
    sementara ini vania baru memanfaatkan inet untuk search google dan youtube.. :-D

    BalasHapus
  11. umar juga sudah bisa menghidupkan, mematikan, membuka internet di kompi mbk, pinter ya anak jaman sekarang :)

    BalasHapus
  12. Perlu banget memang mengenalkan IT sejak dini Teh Dey kalo menurut sayah.. Hehehe.

    BalasHapus
  13. Sepakat, Teh. IT memang perlu dikenalkan kepada anak sejak dini, namun tentu saja dengan pengawasan dan arahan dari orang tuanya agar ga 'melenceng'. :) Sukses yaaa.

    BalasHapus
  14. Sukses dengan GA nya ya bu DEY ? Salam saya

    BalasHapus
  15. setuju dengan kalimat "didiklah anak sesuai jamannya"

    dan untuk anak jaman sekarang, pengetahuan IT memang sangat penting banget. Supaya mereka juga bisa siap menghadapi kompetisi global pada saatnya nanti.

    gutlak GA nya, mbak!

    BalasHapus
  16. perlu banget bun, asal ada batasannya ya

    BalasHapus