Sabtu, 04 Januari 2014

Hirup Sauyunan

Sabilulungan, dasar gotong royong
Sabilulungan, sifat silih rojong
Sabilulungan, genteng ulah potong
Sabilulungan, persatuan tembong


Tohaga, rohaka
Teguh rengkuh perbawa sabilulungan
Satia, sajiwa
Segut singkil ngabasmi pasalingsingan


Sabilulungan, hirup sauyunan
Sabilulungan, silih pikaheman
Sabilulungan, nulung tinulungan
Sabilulungan, kukuh persatuan


Santosa, samapta
Teuneung ludeung ngajaring kawibawaan
Saihwan, sapaham
Nagri nanjung berekah sabilulungan


Buat teman-teman yang besar dan tinggal di tanah Pasundan kemungkinan tahu lirik lagu di atas. Lirik lagu berbahasa Sunda yang berjudul Sabilulungan karya Mang Koko.

Yang ibu tahu, lagu ini diciptakan sebagai penyemangat untuk persatuan bangsa (tolong dikoreksi kalau salah, karena cari referensinya lewat Google ngga ada). Beberapa waktu lalu ada teman yang perlu lagu Sunda untuk mengiringi pemotretan pre-wedding dengan tema Sunda pula. Waktu si teman mencari di internet, dia dapat lagu ini. Ibu ledekin, kalau ini lagu perang, bukan lagu romantis. Ngga cocok buat suasana pemotretan pre-wedding. Si teman memang bukan orang Sunda dan tidak tinggal di tanah Parahyangan, jadi wajar kalau ngga ngerti.

Menurut kamus bahasa Sunda - Indonesia terbitan Pustaka Setia, Sabilulungan itu artinya, saling tolong, seia sekata, bersama-sama dalam suka dan duka. Kalau di lihat dari arti kata-katanya sih, sebenarnya cocok juga buat yang mau atau sudah berumah tangga. Tapi memang dengan irama penuh semangat, terkesan tidak romantis. Ntar pasangan yang mau di potret pre-wedding malah berpose bawa bambu runcing melawan musuh ... hihihihi.

Ibu tidak bisa mengartikan perkata, hanya secara keseluruhan, isi dari lirik lagu itu memang tentang semangat kebersamaan. Kalau di terapkan dalam kehidupan suami istri, bersama membangunn rumah tangga yang kuat, kokoh, setia, sejiwa, jauhkan perselisihan, satu langkah, saling menolong, saling memahami

Nulis sih gampang, prakteknya itu yang susah. Emang, hehehehe. Dengan sifat dan karakter berbeda, pasti selalu ada beda pendapat juga beda pandangan. Meski sebelumnya sudah mengenal atau pacaran lama, tetap saja setelah menikah dan hidup serumah, pasti ada berselisihnya. Berdoa dan berusaha, selalu bersyukur, saling melepas ego masing-masing untuk kebahagiaan bersama, Insya Allah semua akan baik-baik saja. Menikah itu memang menyatukan dua jiwa berbeda kan,  untuk saling melengkapi dan akhirnya menjadi sempurna.

Ish, jadi serius begini ya. Pokoknya mah, hirup sauyunan !

Versi Sambasunda ini yang ibu suka, sudah di kolaborasi dengan alat musik lain selain degung.


 Ini versi degung klasik, serasa sedang makan di Rumah Makan Sunda ... :D
 

35 komentar :

  1. ahahahaha....iya Bu, ga cucok kalo bwt wedding mah ateuh liriknya qiqiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat wedding mah cocokna lagu kalangkang nyak .. hihihi

      Hapus
    2. mungguhing... dina impenan...

      dah lama, ga denger lagu sunda

      Hapus
    3. hayo Mama Hilsya jadi kaimpenan saha ... hehehe

      Hapus
  2. Adududiduuuuuu mn lalapan mn lalapan...hebehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iniii, lalapan banyak di kebon .. :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Mengenang kampung halaman ya Mak .. ;)

      Hapus
  4. baru saya mau bilang ... eeehhh ternyata ibu udah nyeletuk duluan ... serasa makan di rumah makan sunda ... ponyo ... saung ... dsb

    salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, atau serasa dateng ke hajatannya orang Sunda :D

      Hapus
  5. Jadi nambah ilmu sial lagu sunda nih Teh Dey. Hihihi. Makasih... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok ilmu sial sih Dan .. typo ya :P

      Hapus
  6. Pokoknya musik Sunda itu mah benar-benar menyegarkan jiwa Teh Dey. Entah angklung, entah suling atau yang lain, tiap kali mendengar musik sunda yang terbayang di mataku adalah sawah dan gunung menghijau..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, musik sunda itu bikin adem.

      Hapus
  7. Meski tidak ngerti artinya, saya bisa menikmati musik sunda :)

    BalasHapus
  8. kwkwkwkw...tapi dikasi lg ini yg mau manten mlh semngt xixixixi..dnger lg ini smbil mkn enk jg mbk hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin semangat untuk segera menikah ya Bli, hihihi.
      Bisa nambah berkali2 Bli kalau makan sambil denger lagu ini :D

      Hapus
  9. Kalangkang ? Makan di hajatan ? Xixixixi...
    *salah fokus* mau banget....
    bu, kalau lagunya 'potret manehna' gimana ? *sapertos nu ngartos wae sayah ini*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Potret manehna ? Ngke nyak bade tumaros heula, abdi geu teu ngartos ... hehe

      Hapus
  10. lagu es lilin g cocok buat prewed kali ya hihih

    perlu dimasukin tv tuh lagu sundanesenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lirik es lilin sebenernya ttg suka2an juga sih, cocok atau ngga tergantung yg dengerin .. hehehe

      Iya nih, di tv nasional udah jarang ada lagu daerah ya. Kalau TV lokal sih masih banyak.

      Hapus
  11. Hihi... itu grup sambasunda salah satunya ada temen ima, jadi waas gini euy. Dulu tahun 2004 pernah longser, yang ngemusikinnya mereka. waas pisan :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih Ima, saya nge fans banget sama grup ini. Ternyata Ima kenal salah satu anggotanya dan pernah longser pula.

      Nostalgia atuh .. :)

      Hapus
  12. ada degung aduh jadi inget lagi konangan ya bun hehehe mangga di tuang :)

    BalasHapus
  13. Ibu, aku sering lagu ini dinyanyiin sm mama ku dulu... artinya aku gak terlalu paham, tp seneng aj dengernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagunya emang enak, penuh semangat.
      Dulu aku tau lagu ini jaman SD, diajarin guru di sekolah. Kalau ngga salah juga, kayaknya jadi lagu wajib kalau ada Rampak Sekar.

      Hapus
  14. Musik Sunda serasa mendengar gemericik air, hirup sauyunan Teteh....hatur nuhun pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi gemericik air nya sekarang sudah berkurang bu :(

      Hapus
  15. teh, aku dulu pas SD di malang pernah nari di acara 17an agustus pake lagu sunda Sorban Palid. sampe sekarang enggak tau itu lagu artinya apa ya? hihihihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi , sekarang bisa cari artinya lewat google .

      Hapus
  16. Aduh ari sunda mah atu abdi pisaan. Salam ti tasikmalaya bu dey

    BalasHapus
  17. Bu Dey walaupun saya bukan orang Sunda tapi saya sukasekali dengerin lagu-lagu Sunda. Selain musik Sunda saya juga suka dengan musik Banyuwangian :)

    BalasHapus