Jumat, 19 Juli 2013

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug Oncom, salah satu menu pilihan kami saat mampir ke Rumah Makan Racik Desa di daerah Limbangan - Garut. Rumah Makan yang berada di Jalan Raya Bandung Tasikmalaya ini memang merupakan salah satu tempat makan favorit bagi kami. Setiap kali mudik ke Tasikmalaya (kampung halaman bapak) atau jika mau jalan-jalan ke Garut, pasti di sempatkan mampir di sini. Seperti saat liburan kemarin di bulan Juni.

Nasi tutug oncom yang ada di RM Racik Desa, disajikan bersama lauk telor ceplok, tempe mendoan, tahu goreng dan lalapan juga sambal. Hmmm, membayangkannya langsung lapar.
Ops, puasa ya .. ;-)
(Menurut kami, nasi tutug oncom ini rasanya terlalu manis, beda selera kayaknya sih)

Dari namanya sudah dipastikan nasi ini memakai oncom sebagai campurannya. Tau oncom kan ? Itu lho, makanan khas Jawa Barat sejenis tempe. Oncom biasanya menggunakan kacang tanah atau bungkil tahu kacang kedelai sebagai bahan utamanya untuk di fermentasi. 

Membuat nasi tutug oncom ini termasuk mudah, tapi ibu ngga pernah bikin sendiri. Menunggu kiriman dari neneknya Fauzan aja deh, hehehe. Padahal Bapak suka lho sama olahan oncom yang sudah dibumbui ini lalu di campur dengan nasi. Ibunya emang pemalesan nih ... :-D

Yang ibu tahu (ngintip kalau ibu mertua sedang membuat), setelah oncom di bakar atau di goreng, lalu di haluskan bersama bumbu-bumbu lainnya. Ada kencur, cabe rawit, bawang putih (goreng sebentar), sedikit gula merah dan garam. Setelah itu, campuran oncom tadi di aduk-aduk (di tutug) bersama nasi hangat. Sajikan deh. Ini sih yang ibu ingat, tapi nanti tanya lagi deh sama ibu mertua, memastikan bumbu-bumbunya apa saja.

Mudah kan membuatnya, praktis. Bumbunya bisa sekalian membuat dengan porsi banyak, lalu simpan di tempat yang kering. Jika mau makan, baru deh di campur dengan nasi hangat.

Ok deh, ini ada foto lain saat kami ke Racik Desa, mungkin bisa jadi ide untuk menu sahur atau berbuka puasa. 

Tempe Mendoan

Pencok Kacang Panjang

Bonus foto satu lagi ya ...

Tatapan mata si ganteng yang ngambek karena di jadiin obyek foto melulu sama ibunya.
Lha habis mau motret siapa lagi, bapak kan ngga asik di jadiin model, hehehe.

41 komentar :

  1. hmm menu makanan favoritku juga iniii
    yummy..
    aku suka bikin sendiri teteeh..

    Coba kalo Te Nchie ikut waktu itu,
    Aa pasti kalah saingan, aku yang jadi objek penderitaaaa :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngambeknya aja ganteng gitu A..

      Hapus
    2. iya, sebenernya bisa bikin sendiri ya :D

      Makanya tante, kan waktu itu di ajakin, biar ada korbannya ibu.
      Ntar lagi ikut ya kalau di ajak jalan2 .. :P

      ganteng dong, ponakan siapa dulu .. ;-)

      Hapus
  2. aku sukaaaa, duh ibu jadi kepengen nasi tutug incom deh, nyari dimana ya *lgsg mikir* hihihi.

    Aa meni baeud gituh, tapi malah lucu ya hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin sendiri aja Rin, oncomnya beli dimanaya ya ..*mikir juga :D

      baeud wae ayeuna mah, udah mulai bosen di potret , hehe

      Hapus
  3. Bikin lidah berdecap Teteh, ieu mah kudu ka bumi Pasundan. Teu acan nyicip nasi tutug oncomna, tapi oncom leunca abdi mah suka. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok atuh ibu, mangga diantos di dieu.
      Oncom leunca ge sami raosna :).

      Hapus
  4. huahahahaha, sakses membuat sayah mengiler Teh Dey... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, gih sana cari nasi tutuh oncom :D

      Hapus
  5. Balasan
    1. hihihi, deudeuh teuing, pasti ngga ada di sana mah ..

      Hapus
  6. Balasan
    1. balasannya sama dengan di atas :

      deudeuh teuing, pasti ngga ada di sana mah .. hehehehe

      Hapus
  7. Mau pencok kacang panjangnya... segeeerrr....
    lirikan aa tajem pisan... makin kliatan gantengnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin sendiri pencoknya, kan jago masak ;)

      setajem silat ? hehehe ..

      Hapus
  8. malah baru tau ada yang namanya nasi tutug
    eh kok di garut ada mendoan sih..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di hutan melulu sih, jadi gak tau nasi tutug ... hehehe

      Mendoan udah jadi makanan nasional :D

      Hapus
  9. Makanan yang enak nih Mba, apalagi dengan sambel. Selalu membuat mulut tidak mau berhenti.

    Salam wsiata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener pak, mengundang selera banget.

      Hapus
  10. Lagi-lagi ketemu gambar makanan di atas hehehe.. Comot satu deh buat sahur.

    Iya dong sekali-kali Akang Fikri yang jadi model lah yaw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, monggo silakan comot .. :P

      Hadeuh, ngga deh kalo Akang yang itu jadi model .

      Hapus
  11. wah nasi tutug incomya menggoda skali, suka banget ma makanan ini, ada teman orang garut yang suka bawain ini..

    He he he Fauzan bosen ya jadi model Ibu terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat menggoda apalagi ngeliatnya pas puasa kayak gini ya .. hehe

      Hapus
  12. Kok warnanya bisa ungu gitu ya Bu, kirain nasinya pke nasi merah.
    Saya kok belum biasa ya makan oncom, klo saya lihat bentuknya oncom sih mirip tempe menjes dan tesksturnya juga mirip, bedanya oncom waranya kekuningan, kayak jamur gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliatan ungu ya, efek kamera kali ya ...
      Olahan oncom & bumbu yg bikin warnanya berubah.

      Hapus
  13. Kalau dari warna ungunya mirip nasi kalong yang pernah saya cicip bersama maba al, mba ama dan una.

    Tapi kalau nasi tutug ini berarti dicampuri dengan oncom? Gitu ya, Teh?
    Maaf, belum pernah mencuuuuba iciip. . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasi kalong pakai nasi merah/hitam.
      Tutug = mencampur, disebut tutug oncom karena nasinya di campur oncom.
      Ntar kalau ke Bandung lagi, minta Nchie buatin nasi tutug oncom ..*lho, kok nchie .. hehe

      Hapus
  14. mak nyuus bu...., aku juga doyan oncom

    BalasHapus
  15. Belum pernah nyobain, Dey...tapi kayaknya rasanya boleh juga, aalagi pas lihat tempe mendoannya...duuuh, pengen!
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin sendiri aja mbak, kan udah di bandung lagi, gampang cari oncom yang enak :)

      Hapus
  16. belum pernah nyobaik mbk,penasaran bangettt...kayaknya enak tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke sini buat nyobain :D

      Hapus
  17. waaahh Fauzan ganteng, lirikannya maut.

    Sayang kemarin gak bisa ketemu langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tante ..
      mudah2an lain waktu bisa maen & ketemu ya ..

      Hapus
  18. Hahaha untung aja aku baca postingan ini pas malam... jadi gak tersiksa krn kepengen... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, coba bacannya pas siang hari.

      Hapus
  19. Eh...yang menarik perhatiankua dalah foto terakhir ma pencoook kac.panjang...piye iku resepe, sepertinya enak tuuuuh,

    Salam
    Astin

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah, coba cari lewat google resepnya. Takut salah kasih resep :D

      Hapus
  20. tempe mendoan plus pencok kacang panjang...enak benar dipake sahur :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahurnya jadi nikmat ya pak .. :)

      Hapus