Jumat, 26 Juli 2013

Cinta di sebuah batas

foto milik Budi Arnaya

Pada ilalang yang menari,
kutitipkan jiwa berpayung langit biru.
 
Pada senja berwarna jingga,
kutitipkan dendang asmarandana penuh lagu.

Pada ombak yang bernyanyi,
kutitipkan lirik kinanti berisi rindu.

Pada cinta di sebuah batas, yang hampir luruh di jelang musim,
kutitipkan puisi ini tanpa pupuh magatru.

-------------

Tulisan karena di colek-colek (plus ancaman :D) MakPuh-nya KEB nih, karena hari ini (26 Juli) adalah hari Puisi Nasional yang juga hari kelahiran Bapak Puisi Indonesia yaitu Chairil Anwar. Demi hari ini, puisinya di posting di blog ini, karena sebenarnya sudah ada blog khusus yang isinya puisi semua.

Ngomongin Chairil Anwar, ibu termasuk penggemar tulisan-tulisannya. Ada beberapa bukunya yang jadi koleksi ibu. Dan satu puisinya yang sampai sekarang masih ibu hafal di luar kepala, yaitu yang judulnya 'Aku'. Puisi penyemangat kalau sedang rapuh :).

Selamat hari puisi, Indonesia !

53 komentar :

  1. Ah, ibu emang jagonya berpuisi ria, aku penikmat puisi bu, perlu effort yg tinggi bgt kalo nulis puisi hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja Orin, saya juga bakal mati gaya kalo di suruh bikin cerpen seperti Orin :D

      Hapus
  2. puisinya kereeen.. selamat menjalankan ibadah puisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ibadah puisinya berjalan lancar ya .. :)

      Hapus
  3. Puisinya keren, cepet banget bikinnya. Klo aku mesti mikir lama dulu baru jadi satu puisi he he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya juga lama kok, harus ada pemicunya dulu baru cepet, hehehe.
      Itu tadi karena buka2 koleksi foto seorang teman dan nemu satu kalimat koleksi saya, jadi deh ... :D

      Hapus
  4. Membaca untaian katamu,
    sungguh bikin aku meragu,
    ragu akan kemampuanku,
    untuk tandingi dirimu,
    namun,
    ngapain juga menyaingimu?
    Mending mengagumi dan belajar darimu.
    Bukan begitu Teh Deyku?

    Hihi, Selamat Pagi Teteh sayang, Slmt Hari Puisi, Indonesiaku!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, mbak Al .... jangan ada ragu di hati, karena dirimupun pandai berpuisi ;)

      Hapus
  5. Keren, keren, two thumbs up.
    Aku suka banget puisi ini.

    Thanks sudah menyemarakkan Hari Puisi Nasional :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak ... jadi aja nulis puisi ini karena colekanmu :)

      Hapus
  6. tetep keren mbk :D
    selamat hair puisi ^^

    BalasHapus
  7. mbak, pupuh magatruh apa artinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asmarandana, kinanti, magatru itu sebagian dari jenis tembang sunda/jawa. Saya kurang tau, apa di daerah lain ada juga.
      Asmarandana berisi tentang cinta, kinanti tentang kerinduan dan magatru tentang kesedihan/penyesalan.

      Untuk jelasnya bisa cari tau lewat google *takut salah ngasih penjelasan, hehehe

      Hapus
  8. udh lama ga denger magatru bu... ada ga ya di youtube?

    BalasHapus
  9. Mbak Dey, kalau aku ingat Chairil Anwar cuma pada puisi Kerawang-Bekasi..Itu kan sering diulas dalam pelajaran BI dahulu kala hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, bener banget, puisi karawang-bekasi selalu ada di buku pelajaran bahasa indonesia (dulu).

      Hapus
  10. Selamat hari puisi mbk...
    cantik sekali puisinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat hari puisi juga, makasih ya ..

      Hapus
  11. foto dan puisinya cocok sekali Teh Dey. Selamat hari puisi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih dani, selamat hari puisi :)

      Hapus
  12. Selamat hari puisi ya mak.

    BalasHapus
  13. deuhhh hari ini berpuisi ria semuanya :D
    senengnya, :D
    mendadak lebay :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh lebay asal jangan alay .. :D

      Hapus
  14. Puisi dan foto yang menyatu apik Teh Dey.
    Ingin dengar beningnya suara Teteh melantun pupuh magatru sendu..(jw megatruh). Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ibu, nyambung2in aja antara foto dan kata, hehe.
      waduh, ngga bisa nembang, suara saya ngga ada bening2nya sama sekali :)
      iya ya bu, kalau bhs jawa di sebut megatruh, tadi saya ragu akan memakai kata magatru atau megatruh.

      Hapus
  15. Pada Aa Richard yang keren, kutitipkan bangsa dan negeri ini.. merdeka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merdeka juga *kata Aa Richard :P

      Hapus
    2. ingak inguk.. nyariin Aa Richard...

      Hapus
    3. Aa Richard sedang main game ..

      Hapus
  16. Mak Dey salah satu pembingkai puisi favoriteku.... " mani sae teteh : "

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh, tersanjung .. aku malah suka rangkaian kata2mu Mak :)

      Hapus
  17. wah... penulis ulung rupanya makdey

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, belum ulung kok, masih belajar ini juga.

      Hapus
  18. Wah, telat ngucapinnya nih.. Selamat hari puisi nasional yah kk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, telat juga nih saya bales komennya , hehe

      Hapus
  19. kalo dicolek2 tuk puisi, tetep mlipir.... ga pede... xixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecuali kalo dicolek2 bikin craft, langsung maju ya mbak .. hehe *gantian saya yang mlipir ..

      Hapus
  20. Aku dicolek2 juga sih... tapi karena ga PD aku ga ikutan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, sebenernya ini ngga pede juga sih :D

      Hapus
  21. tiba tiba ikut merasakan rindu itu

    BalasHapus
  22. Lgs terkesima dengan kalimat ini
    "Pada cinta di sebuah batas, yang hampir luruh di jelang musim,
    kutitipkan puisi ini tanpa pupuh magatru."

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan sayapun ngga tau harus komentar apa :)

      Hapus
  23. Sunggu puisi yang sangat bagus sekali.

    BalasHapus
  24. Puisi yang indah.
    Jadi berusaha mengingat-ingat, kapan terakhir kali aku buat puisi....

    BalasHapus
  25. TOP puisinya, Teh. . .
    Sampai sekarang saya belum bisa berpuisi. . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau idah jatuh cinta, pasti bisa deh bikin puisi, hehe

      Hapus
  26. puisi yang sangat indah sekali

    BalasHapus