Senin, 24 September 2023

LocaFore 2012

LocaFore itu nama suatu acara yang isinya perpaduan antara seni, desain dan musik. Sementara arti LocaFore sendiri menunjukkan suatu gaya hidup baru yang ramah lingkungan dan budaya serta memanfaatkan produk lokal. Ada festival jazz, pameran patung di alam terbuka, pameran kerajinan dan yang pasti ada kulinernya dong.

LocaFore 2012 digelar di Bale Pare - Kota Baru Parahyangan (Padalarang), dari tanggal 21 - 23 September 2012.  Kami datang kesana hari Minggu kemarin, di hari terakhir. Niat awal sih, ingin menonton Maliq & D'essential pukul 12.30 wib. Dikarenakan pagi harinya harus ke rumah Pakdhe-nya Fauzan di kota, sampai Bale Pare sekitar pukul 2 siang.

Kurang lebih 1 km mendekati Bale Pare, sudah banyak mobil parkir berjajar sepanjang jalan. Wuih, ramai nian. Parkir motor yang biasanya bisa di halaman, jadi di lahan kosong seberang jalan. Mungkin karena banyak musisi jazz terkenal yang akan tampil.

Saat kami datang, Maliq & D'essential sudah selesai tampil. Tapi masih banyak artis lain yang akan tampil. Bapak sudah pasti ingin melihat Jubing Kristianto dengan petikan gitarnya. Karena Jubing baru akan tampil pukul 15.30 wib, kami melewatkan waktu dengan melihat-lihat pameran kerajinan. Ada sekitar 50 produk yang di gelas di exhibition hall. Semuanya produk lokal dan sebagian dibuat dari barang bekas. Ada aksesori, furniture, fesyen, lukisan dan banyak lagi. Keren-keren lho ...

Ibu tertarik dengan tempat pensil yang terbuat dari kayu-kayu bekas. Ada yang memakai kayu pinus, kayu jati. Tapi tidak jadi membeli, soalnya bingung aja nanti buat apa. Mau membelikan Fauzan, kok ya sayang, harganya lumayan mahal sih. Tempat pensil yang ibu pengen, harganya Rp 150.000. Tapi kalau mau lihat contoh produknya, bisa klik rempahshop. Sebenarnya, soal harga berbanding lurus dengan kualitas. Halus banget buatannya.

Melihat nama-nama dari mereka yang pameran itu, ternyata ada beberapa yang ibu sering intip blognya. Hasil karyanya memang cake-cakep, lucu-lucu. Diantaranya,  raisytasthy dan tamimi.

Setelah berkeliling melihat pameran, bingung mau ngapain. Lihat susunan acara, ternyata di panggung ada yang mau tampil. Ikutan deh duduk lesehan di rumput di depan panggung. Panggung memang di buat di alam terbuka, jadi penonton duduknya di rumput dibawah pohon. 

Saat itu ada Sandy Winarta Quartet. Bapak sih menikmati, tapi Fauzan sama sekali ngga bisa menikmati musik yang dimainkan. Dia kan suka musik yang berirama cepat. Sementara Sandy Winarta Quartet memainkan musik jazz yang jazz banget. Aduh, istilahnya jazz apa ya, lupa.

 
Bisa ditebak deh, sepanjang pertunjukan itu, Fauzan ribut terus. Mana disebelah panggung ada tempat outbond buat anak-anak. Itu anak sudah ingin berlari ke arah sana terus. 

Ya udah deh, diajak makan. Fauzan juga sudah lapar. Pesan nasi goreng, mie kuah Jawa dan Siomay. Yang pertama datang siomay, habis dimakan kami bertiga. Soalnya nasi goreng + mie kuah Jawa lama banget gak dateng-dateng. Untuk kali ini, gak ada foto makanannya. Ibu senewen sendiri dengan pesanan yang lama, belum lagi Fauzan yang ribut terus. Yang nasi gorengnya panaslah, pedes, pusing, pengen ke toilet. Duh ... bete sendiri jadinya, boro-boro keingetan motret makanan.

Habis makan, langsung ke depan panggung lagi. Jubing sudah tampil disana. Duduk lesehan lagi di atas rumput. Memang deh, top banget petikan gitarnya. Walau sendirian di panggung dan hanya dengan satu alat musik, tapi penonton benar-benar menikmati apa yang di tampilkannya.


Yang ibu ingat, Jubing memainkan lagu Ayam den Lapeh, Mission Imposible, Bunda, dan yang paling ibu suka, lagu Becak Fantasy. Wuihhh ... asik ! Yang penasaran, bisa lihat di youtube klipnya, ini link-nya : http://www.youtube.com/watch?v=1H-cAYpK5Gk

Jubing sempat tampil juga bareng Cornelia Agatha yang bacain puisi plus Vicky Burki sebagai penarinya.

Tetep ya, sepanjang Jubing main, Fauzan juga tidak betah. Kecuali pas lagu Bunda-nya Melly, dia duduk di peluk ibu, dia bilang itu lagu buat ibu. Dan dia senyum-senyum sendiri.

Selesai Jubing, ada The Groove di panggung sebelah. Ibu cuma lihat sekilas, sudah menjelang malam, sudah waktunya pulang. Mau motretpun agak susah, karena penontonnya banyak, sebagian besar anak muda. Penampilan The Groove memang sangat interaktif. Terbukti dengan penonton yang ikut nyanyi-nyanyi dibawah panggung.

Kata Bapak, nonton acara seperti ini memang lebih nyaman tidak bawa anak-anak. Nonton sampai malam, sampai acara selesai. Acara malam itu rencananya memang ditutup dengan penampilan Tompi.

Ya, namanya juga orang tua yang punya anak kecil, mau-mau ngga mau harus mementingkan anaknya ya. Tapi lumayanlah, bisa mengenalkan Fauzan dengan jenis musik lain, walau sepertinya dia tidak suka musik jazz. Ibu juga sih, hehehehe. Bapak doang yang suka.

O iya, buat yang di Bandung atau yang kebetulan mau ke Bandung, minggu ini ada acara Bandung Air Show 2012 di Lanud Husein Sastranegara, dari tanggal 27 September - 30 September 2012.
Minggu berikutnya, Kemilau Nusantara 2012. Dimulai dari tanggal 5 Oktober sampai dengan tanggal 7 Oktober di seputaran Gedung Sate. 

Yuk nonton ...

30 komentar:

  1. waaaah Fauzan sebenarnya romantis yaaa...
    meskipun gak bisa menikmati musik jazz yang mengalun pelan, tapi Fauzan mempersembahkan lagu BUNDA nya Melly buat Ibu...

    sudah sangat romantisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya bukan romantis, dia hatinya mudah tersentuh ...

      Hapus
  2. kapan ya Dija diajak nonton konser sama tante elsa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ajakin tante elsa-nya ..

      Hapus
  3. ah sudah lama ga menikmati konser jazzy-jazzy begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar mbak, kalo anak2 udah mulai bisa ditinggal / di ajak2, pasti bisa menikmati acara2 kayak gini.

      Hapus
  4. beneran jadi kangen jogja yang tak pernah sepi dari kegiatan seni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yogya hampir sama dengan bandung ya, acara budayanya banyak ..

      Hapus
    2. emang selalu saingan kok
      sering kan seniman jogja bandung perang di media..?
      kaya kasus seniman mbentoyong dulu..

      Hapus
  5. Aku mau lihat ah video Becak Fantasy-nya, penasaran nih!

    Kalau nonton Jazz berdua romantis loh mbak! ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. videonya bukan yg saya liat, tapi petikan gitarnya sama asiknya.

      Kalau nonton bertiga gimana ? hehehe

      Hapus
  6. Allisa Yustica KronesSelasa, 25 September, 2012

    Aiiihh...Fauzan romantis banget teh...anak pinter ya, udah ngerti lagu yang cocok buat ibunya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, ibunya jadi termehek-mehek .. :D

      Hapus
  7. pdhl sy ada di Bdg wiken kmrn ya.. tp emang riweuuhh jd gak bs rekreasi.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minggu ini atau minggu depan aja ke Bandung lagi, lumayan banyak acara budaya ..

      Hapus
  8. hi mbak dey, salam kenal ya..kunjungan perdana nih..

    klo jubing...salute deh..pernah sekali gw liat performe...amazing petikan gitarnya

    natural banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, makasih kunjungan perdananya :)

      iyah, Jubing emang keren banget deh ... betah menikmatinya.

      Hapus
  9. betul kita harus memperkenalkan semua jenis musik kepada anak anak... seneng kalau di bandung banyak acara.. kalau saya lebih sering ngenalin makanan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya ngenalin makanan juga sih mas, tapi suka sayang aja kalau Fauzan gak suka, soalnya ibunya yg harus ngabisin.. hehehe

      Hapus
  10. wah knpa ya aku kok gak bgtu suka sama musik jazz..
    tapi klo sheila on7 aku bela belain nonton..:p

    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    minta komennya habis renovasi rumah,,makasih..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp, selera musik kan beda2.

      Hapus
  11. Lidya - Mama Cal-VinSelasa, 25 September, 2012

    nama acaranya bule pisannya hehehe. tapi seru ya lihat acara musik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena ada festival jazz, jadi namanya acarana siga bule .. :D

      Hapus
  12. Teteh...seru euy acaranya. Abinya pasti seneng dengan acara yang berbau jazz gitu:)

    Udah lumayan kali Bu A'Ujan mau nemenin Bapak dan Ibu segitu juga, masih lebih baik dibandingkan dari awal ngajak pulang kan?hehehe...#membela A'Ujan;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, si Abi nonton gak ?

      hihihi, dia sebenernya ngajakin ke museum iptek yang gak jauh dari tempat acara musik. Tapi bapak ibunya udah males duluan .. :D

      Hapus
  13. ibuuu.. the groove kan jaman kita muda, hahaha...suka banget
    btw, reza masih loncer ga tuh kakinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beu, bukannya jaman kita muda mah Kahitna ? :D

      Tah eta, gak sempet liat Reza, cuma keliatan Rika Roeslan-nya aja dari kejauhan.

      Hapus
  14. Ini kemarin juga masuk tipi nih liputannya teh,,seruuu.teh, kemilau nusantara itu acara apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, di tipi mana ? Saya keliatan gak ? :))

      Kemilau Nusantara itu acara budaya dari tiap daerah di Indonesia, sok atuh ntar liat aja. Siap2 berdesakan di gedung sate ... hehehe

      Hapus
  15. wah datang kesana juga ya?? saya juga kemarin kesana, cuma yang hari jumat malamnya saja, lumayan nonton BLP.
    semoga bisa jadi setiap bulan acara kaya gitu hahaha, gratisan lumayan

    BalasHapus