Jumat, 21 September 2012

Jejak Langkah Cinta


Kalau mengingat kembali masa-masa dulu itu, bagaimana ceritanya sampai bisa kami menikah, wah, benar-benar jodoh itu di tangan Allah SWT, Subhanallah. Kalau Allah sudah berkata iya, apapun bisa terjadi. Seperti kami ini contohnya.

Pertama kenal itu sekitar bulan Februari 2003, lewat ICQ di internet. Biasalah, karena sama-sama hidup didunia maya. Yang pertama menyapa adalah ibu. Iya, karena dulu itu ibu merasa bosan karena teman dunia mayanya kebanyakan masih muda (untuk tidak menyebut ABG, :D). Seringnya malah dijadikan tempat curhat. Iseng-isenglah lewat ICQ mencari yang sebaya, salah satunya ya Bapak ini. Saling cerita tentang apa saja, termasuk tentang gebetan masing-masing. Itulah, karena kami merasa sebagai teman dan tidak saling tebar pesona, jadi kami bebas untuk bertukar cerita.

Satu saat, lupa tepatnya kapan, adik sepupu Bapak berkunjung ke tempat kerja ibu. Ternyata, baru ketahuan sekarang, memang disuruh sama Bapak (yang saat itu masih status sebagai teman maya).  Beberapa minggu kemudian, Bapak yang main ke tempat ibu bekerja. Bapak datang bersama salah seorang temannya. Diberi suguhan teh botol plus beberapa potong kue atau roti ya…, lupa. Enak banget dapet gratisan .. :P

Setelah pertemuan pertama itu, kami tidak pernah bertemu lagi secara langsung. Hanya bertemu di dunia maya. Hampir setiap hari, dari pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Iya hampir setiap hari, selama hampir 8 jam tapi hanya melalui tulisan. Ngobrol apa aja ? Ya…gitu deh, segalanya …. tapi tidak pernah sekalipun saling tebar pesona. Menjadi diri masing-masing.

Sekitar akhir bulan Juni, hari Sabtu, saat ngobrol lewat tulisan itu, ibu iseng mengundang Bapak untuk main. Tak dinyana tak diduga, Bapak berkenan. Datang menjemput memakai kaos hitam, celana panjang hitam, mobil hitam dan kulit hitam .. hehehehehe …. Dan dengan jujurnya pula, Bapak berkata, bahwa mobil yang dia pakai adalah mobil kakak sepupunya yang minta tolong untuk dijual. (Jujur sekali dikau pak ..)

Nah, dari situ mulailah pertemuan-pertemuan selanjutnya. Mulai rutin akhir pekan berkunjung. PDKT istilahnya mah. Tau gak sih, selama pdkt itu, kita masing-masing punya cadangan lho. Ya gak apa-apa tho, wong belum ada kepastian, masih banyak yang bisa terjadi.

Setelah masing-masing keluarga saling mengenal, ditetapkanlah tanggal 21 September 2003 sebagai hari kasih sayang kita berdua. Alhamdulillah … horreee .. akhirnya …. gak banyak halangan berarti kok, ada sih dikit-dikit mah. Tapi sudahlah, Allah sudah menentukan jalan kami berdua seperti itu.

Undangan untuk teman-teman hanya kami kirim lewat email, sms ataupun telepon. Karena kami memang tidak membuat undangan khusus seperti layaknya pasangan lainnya. Kami menginginkan kesederhanaan, karena kami sadar diri, bahwa kami belum mampu untuk membuat pesta pernikahan yang meriah dengan memakan biaya yang besar. Kami percaya, ridho dan restu orang tua adalah pembuka jalan untuk melalui awal kehidupan kami ini. Toh pada intinya, ijab kabul adalah yang utama.

Ini nih isi undangan yang ibu kirim lewat email :

Assalamualaikum wr.wb,
Ya Rabb,
Dua hati yang selama ini berserak, terbang mengikuti kemana arah angin berhembus,
akhirnya bersatu dalam keagungan-Mu
Ijinkan kami untuk selalu bersama
Restui kami untuk selalu bersama
Kuatkan gengaman tangan kami untuk menjalani pasang dan surutnya kehidupan
Rekatkan jiwa kami untuk menempuh hari-hari yang akan dilalui
Hidup ini sepenuhnya adalah milik-Mu

Insya Allah, minggu ke-4 bulan ini kami akan melangsungkan akad nikah.
Tidak ada pesta meriah, hanya ijab kabul dan syukuran sederhana.
Undangan pun hanya dari mulut ke mulut, lewat sms atau telpon, dan seperti ini, lewat email.
Kami hanya menginginkan doa yang tulus dari teman-teman semua, semoga semua berjalan lancar, dimudahkan oleh Allah dan mudah-mudahan mempunyai keluarga yang di ridhoi dan banyak di beri berkah oleh Allah.

Golontorna rasa asih anu kiwari nyanding, ngucur minuhan satungkebing hate
Beda jeung mangsa katukang, nung kungsi kasorang,
asih, deudeuh .. lain saukur carita endah, lain ngan bisa mawa ka alam sawangan
lautan kanyaah nyosok jero, minuhan sakabeh lambaran rasa
naha laratan kudu jadi pamiangan, eunteung geus peupeus dina poe kamari
di ditu, di palabuhan asmara, geura tarima rema-rema kanyaah
carita rek mimiti dipedar
wassalamualaikum wr.wb,

Kata-kata yang bahasa sunda itu ibu ambil dari Majalah Mangle. Penulisnya adalah salah satu penyair Bandung. Kang Darpan namanya.
Awal kenal bulan Februari, menikah 21 September, berarti hanya 7 bulan.
Pendekatan akhir Juni, menikah 21 September, berarti hanya 3 bulan.
20 Agustus dilamar, 21 September menikah, berarti hanya 1 bulan. 
Singkat, tapi tidak mengurangi kebahagiaan kami sampai sekarang.


Hari ini, tepat 9 tahun perjalanan kami, membuat jejak kaki dalam cinta yang sempurna.
Insya Allah masih banyak tahun-tahun berikutnya yang bisa kami lalui bersama.
Masih banyak cita-cita, masih banyak harapan.
Kami yakin, Allah selalu ada untuk menemani hari-hari kami. 
Amin.

Catatan khusus :
Selama 9 tahun menikah, ternyata kami tidak punya banyak foto yang sedang berdua :-D.
Istrinya sih narsis, tapi suaminya ngga ... hehehe
Makanya waktu mau buat video ini, susah bener ngumpulin foto-fotonya. Dan sebagian itu yang memotretnya adalah Fauzan.

54 komentar :

  1. Ibuuuu....deketan kita ya hari bahagianya hihihi...

    Wilujeng ya Bu, semoga bahagia selalu bersama Bapak (dan Aa ujan) ^^

    btw, itu kalimat basa sunda-nya meni bagus ih, jadi kangen baca mangle :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, cuman beda 2 hari ya .. tapi tahun-nya beda .. :D
      Amin, nuhun nya ...

      Saya juga langsung jatuh cinta sama puisi sunda itu, dalem banget ..

      Hapus
  2. Foto2nya nempel trs mba..hihihi...
    Selamat ya mba.. smoga senantiasa disatukan dlm suasana bahagia dunia akhirat...aamiin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sengaja yang di pajang yg pada nempel, biar pada sirik .. hihihihi *padahal koleksi foto2nya memang cuman itu thok ... :D

      Amin, makasih doanya ..

      Hapus
  3. Selamat ya nduk
    Semoga terwujud keluarga sakinah,mawaddah,warohmah. Amin
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  4. Selamat untuk 9 tahun yg sudah terlampaui... Semoga selalu dalam lindungan Allah Subhanahuwata'ala.
    Sdg pakai hape nih bu Dey... Ngga bisa lihat gambar2nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, Makasih mbak .. hitungan tahunnya masih banyakkan mbak Niken ya ..

      Hapus
  5. Selamat berbahagia teh. Semoga Allah senantiasa memberi kebahagiaan dan kekompaakan pada Anda sekeluarga...Salam :)

    BalasHapus
  6. 9 tahun buan waktu yg sebentar
    wilujeng nya bu
    oh indahnya :)

    BalasHapus
  7. mesranya mesranya...aduhaii....ihirrr:)

    BalasHapus
  8. appy anniversary mbak.. Jodoh emang bs dateng dr mana aja ya.. semoga langeng selalu :)

    BalasHapus
  9. Hapoy anniversary bun semoga langgeng ya. Kita sama2 ketemu di icq ya ketauan tua nih hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, nuhun ...
      Hihihi, ayeuna teu aya ICQ ya ?

      Hapus
  10. Ibu dey, selamat yaa bu sudah 9 tahun dan dari internet juga semoga makin langgeng yaa bu :D

    Wah singkat banget yaa bu, cepet lho :D

    Fotonya bu dey sama fauzan ajah yaa bu, xixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih Niar ...

      Singkat, cepat dan padat .. hehehe

      Iya nih, yang narsis cuma istri & anaknya, jadi susah kalau mau berfoto ama bapaknya.

      Hapus
  11. Eh, ICQ itu apa, Budey? #maaf gak tau. :)

    Kemarin Teh orin baru annyversary, sekarang budey. . . :))
    Senangnyaaaa, Happy Anniversary untuk budey, semoga tetap diberi kemudahan dalam menjalani hidup bersama kerluarga, langeng. . . ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ICQ itu seperti YM, buat chatting juga .. sekarang udah gak ada ya ?
      Hhihi, jadul itu ...

      Amin, makasih ya Idah ...

      Hapus
  12. wow, udah 9 tahun ya Kak. lumayan lama dan semoga langgeng hingga akhir nanti. saya baru 1 tahun, huaaa :) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. merinding bacanya...**terharu >_<
      selamatttttttttttttt,semoga berkah dunia akhirat aminnnn

      Hapus
    2. @Shaleh, lumayan lah dibanding yang baru setahun, hehehe.

      @HM Zwan, hayooo ... nangis ya ?
      Amin, makasih ...

      Hapus
  13. Waaaaah... perjalanan cinta yg begitu indah mba.... dr maya ke nyata... semoga langgeng hingga ke akhir masa ya mba... menjadi keluarga yg selalu diselimuti keberkahan dan kebahagiaan... amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih mbak Al ...
      kapan nih ketemuan, mumpung mbak Al masih di Bandung.

      Hapus
    2. Sebuah hubungan yang langka: nerawal dari maya ke Nyata...maklum pengalaman saya gak seindah itu sey.

      Semoga langgeng, sakinah mwadah warohmah selalu:)

      Hapus
  14. kisah ketemuannya unik ya
    happy anniversary ... semoga rukun selamanya

    BalasHapus
  15. Fauzaaaaan.. sini, jangan baca tulisan ibu yang ini ya, belum waktunya hahaha

    met milad pernikahnnya ya Bu Dey.. semoga langgeng dan sejahtera selalu aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fauzan gak baca, tapi seneng liat slide-nya, hehehehe ...

      Amin, matur nuwun mas ..

      Hapus
  16. selamat ya bu..semoga langgeng terus ya.....:)

    BalasHapus
  17. keren banget...
    salam kenal admn blog

    komentar kan artikel ini ya....

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
  18. Selamat hari jadi perkawinan ya mbak, semoga selalu bahagia,aamiin ... btw, mbak sdh dpt email saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih mbak Hany.

      Sudah mbak.

      Hapus
  19. semoga barokah ya ibuuu...salam buat si bapak #eh..
    btw.. saya suka banget ama sundanese sentences-nya *hayyah, nulis apa sih*
    iih, berasa diiringi seruling di pagi hari di galengan sawah sambil naik kerbau.. 5555

    btw, ini masih blog lama kan? kok beda sih, bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, nuhun ... salam balik ceunah ceuk bapak .. :D
      sok atuh bu, nulis pakai sundanese sentences ... ;-)

      blog lama, cuma ganti template & pakai domain sendiri ...*gaya .. 5555

      Hapus
  20. Ibu...wilujeng...semoga makin sakinah mawaddah warahmah, langgeng dan penuh cinta...Amin...

    Teteh, baca tulisan yang sundanya, aduh meuni nyeredet hate;) aaah, meuni lucu ada cadangan ya teh, tapi realistis sih, hehehe...

    salam buat Bapak dan A'Ujan disana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, nuhun nyak ...

      Hihihi, cadangan itu harus ada kok ... biar gak sakit ati banget kalo gak jadi .. heheheh

      Hapus
  21. selamat ya ibu ..sudah 9 tahun, smoga langgeng selalu, sehat, rukun dan berbahagia slalu...blognya keren bu, biru euyy warnanya dan sekarang dot com nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, makasih ya ...
      Iya nih, coba beli domain sendiri, mudah2an makin rajin posting.

      Hapus
  22. hahah korban dunia maya juga ternyata...
    eh tapi beneran jadi kangen jaman mirc loh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ssst, sesama korban dunia maya tidak boleh saling menertawakan .. :D

      yuk, kita mirc-an .. :))

      Hapus
  23. hepi eniperseri ya mba...
    di foto berdua nempel terus gitu..semoga cintanya nempel di hati masing2 selamanya..

    BalasHapus
  24. Happy Anniversary ya mbaaaak!

    Mdh2an tetap rukun dan saling mencintai hingga akhir nanti. Amin!

    BalasHapus
  25. happy anniversay ke 9 ya ibu ....

    bagus deh videonya..moga langgeng ya, rumah baru burunya juga cakep nih

    BalasHapus
  26. waaa....happy 9th anniversary Ibu....

    BalasHapus