Senin, 06 Agustus 2012

Karya Untuk Lomba Foto Blogfam

Cilok itu singkatan dari aci dicolok. Yaitu makanan ringan khas dari Jawa Barat. Bentuknya bulat seperti baso. Terbuat dari tepung kanji (aci) yang dicampur bumbu-bumbu. Cara membuatnya sama dengan cara membuat baso. Setelah adonan dibentuk bulat, lalu direbus hingga terapung. Lalu di hangatkan dengan cara dikukus. Karena memang lebih sedap jika dimakan dalam keadaan hangat.

Bisa dimakan dengan sambal kacang ditambah kecap ataupun dengan saos sambal.  Rasanya yang memang enak, kenyal-kenyal dan ada gurihnya ditambah sambal kacang, membuat lidah tak berhenti untuk mengunyah. Harganya yang murah meriah menjadikan makanan ini salah satu makanan favorit anak-anak juga dewasa.


44 komentar :

  1. trus apa hub.nya dg judul cayaaaaank ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, lomba foto makanan Mimi cayankkk ... :D

      Hapus
    2. uwaaaaaaaaaaaaaaaa,pengennnnnn.....bikin ngiler bund :D

      Hapus
    3. hehehe, ini dikasih tissue buat lap ilernya .. :D

      Hapus
  2. Teteh, aduh itu ciloknya bikin mupeng;) mauuu...sukses kontesnya ceu...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar kalo ke Bandung lagi, berburu cilok yuk .. hehe

      Hapus
  3. Cilok itu, awalnya mungkin cara nenek moyang orang pasundan niru siomay kali ya Mbak Dey :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin mbak, tapi cilok lebih sederhana lagi, adonannya ngga pakai campuran ikan. Tapi makin kesini, tukang cilok makin kreatif, kadang ada yg isinya sosis, dll.

      Hapus
  4. Makanan favorit masa kecil mbak. Eh sampai sekarang juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, sampe skr saya masih suka beli .. enak sih .. :D

      Hapus
  5. wah cilok makanan waktu masih sd nih..good luck lombanya ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya SD juga cuma ini jajanan di sekolahan.

      Hapus
  6. Pengen cilooooooook...*ngacay*
    hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha, pan waktu ke Parongpong sempet di beliin ...

      Hapus
  7. Balasan
    1. ntar ya di kirim ke Palembang .. ehhe

      Hapus
  8. Di tempat saya juga banyak yg jual, biasanya mangkal di Sekolahan ini Bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Pangsa pasar pedagang cilok rata-rata memang anak-anak sekolah.
      Semoga menang lomba, Bu.

      Hapus
    2. Mbak Tarry & Abi Sabila, seringnya memang mangkal depan sekolah. Tapi ada juga yang keliling kampung.

      Hapus
  9. woowww... di Banjarmasin kayaknya gak ada dehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah deh, ntar saya jualan cilok di Banjarmasin .. hehe

      Hapus
  10. blom pernah icip2 cilok, gara2 bahannya dari sagu.
    emang enak ya bu Dey? :D

    sukses lombanya ya bu dey

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak banget .. heheh
      gak suka makanan yg terbuat dari sagu ya ?

      Hapus
  11. wah sudah lama tidak makan cilok... makanan yang enak banget.... jadi kangen nih... hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kesini, ntar saya traktir .. :D

      Hapus
  12. ngabibita hikssss pengen cilooook, bun bukunya udah dititipin teh nchie ya, punten kelamaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, kabita ya ..
      Iya nuhun, gampang ke Nchie mah ..

      Hapus
  13. Saya dulu juga suka sekali makanan ini mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang disana gak ada makanankayak gini ya ...

      Hapus
  14. sy sebetulnya gak terlalu suka sm cilok sih mbak.. tp bumbu kacangnya menggiurkan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah, gak suka cilok ? kok bisa ... :D

      Hapus
  15. Hmmm... jadi pengen cilok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar saya kirim buat buka puasa ya ... hehe

      Hapus
  16. Balasan
    1. hehehe,, ntar orang di Jerman pada bingung ngerasain cilok
      Cari di google aja mbak, wong saya aja selalu beli ..

      Hapus
  17. Deeeeeyyyyy, kanapa harus ada foto cilok disiniiiiii?
    Ini makanan favorit saya banget lo, di Surabaya juga saya suka beli biarpun rasanya nggak sama dengan cilok yang ada di Bandung...hihi, pokoknya mah terbuat dari kanji dan ada saosnya aja...
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, biar pada kabita mbak ...
      emang yg di Surabaya rasanya gimana mbak ?

      Hapus
  18. hihi, banyak lomba foto makanan mengganggu yang sedang puasa ngga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, tergantung yang liatnya mas .. :D

      Hapus
  19. Swear aku baru tau kepanjangan cilok lo teh. Dulu sempet penasaran kepanjangannya apa ya, sampai lupa pernah penasaran sama kepanjangan cilok

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, pokoknya camilan yg ada ci-nya, pasti aci.
      cilok, cimol, cidog, cireng

      Hapus
  20. Urfaku bilang gini pas lihat foto ini, "Emmhhh...mauuu, mauuu..."
    hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kesini, ntar dibeliin ama Fauzan ... hehe

      Hapus
  21. pas banget buat camilan sore2 ya bu...
    terima kasih resepnya...:)

    BalasHapus