TopMenu

Sabtu, 28 Juli 2012

Cerita Anak SMA : Pilih dengan sepenuh hati

Cerita anak SMA itu pasti banyak sekali kenangannya. Tentang cinta, sahabat, guru, ekskul,  iseng, jahil, banyak banget deh. Sempat membaca tulisan teman-teman yang lain, hampir sama dengan yang ibu alami saat SMA. Sekarang ibu mau bercerita tentang apa ya .. hmmmm ...


Gambar diambil dari sini 

Jaman ibu, ada tiga jurusan yang bisa di pilih saat naik ke kelas dua. Ada A1 (Fisika), A2 (Biologi), A3 (Sosial), A4 (Bahasa). Hanya saja di sekolah ibu, cuma ada 3 pilihan. Jurusan Bahasa tidak ada. Seingat ibu, saat itu hanya ada beberapa sekolah yang menyediakan jurusan Bahasa karena sudah dilengkapi fasilitas labolatorium Bahasa.

Minat ibu dari kecil sebenarnya lebih cenderung ke Bahasa. Karena tidak ada jurusan itu di sekolah, otomatis harus memilih A1, A2 atau A3. Nilai rata-rata di buku rapor memungkinkan untuk bisa masuk jurusan ketiganya. Nah, oleh wali kelas 1, sudah ditulis di raport bahwa ibu naik ke kelas 2 dengan jurusan A1. Dan Mbah-pun langsung setuju tanpa melihat dengan baik nilai-nilai ibu. Mbah juga agak memaksa sih masuk jurusan itu, dengan alasan buku-buku ngga usah beli lagi karena bisa pakai punya kakak atau tetangga yang kebanyakan dari A1. Lalu, seperti biasa kebanyakan pandangan orang, isinya orang-orang pintar semua.

Padahal, jika dilihat nilainya satu persatu, nilai IPA ibu itu pas-pasan. Saat kenaikan kelas itu memang sih ibu menjadi juara dua di kelas, tapi yang membuat nilai ibu baik adalah mata pelajaran sosial dan bahasa. Dengan setengah hati ibu masuk juga jurusan A1. 

Nah, dimulai nih cerita anak SMA yang gagal karena salah jurusan. Otak ibu memang otak sosial banget. Terbukti pelajaran IPA yang dominan di kelas A1 ini tidak bisa ibu ikuti dengan baik. Hasil raport semester awal di kelas 2, peringkat ibu menurun drastis.  Eh, tapi emang bener kok, yang dari kelas 1 dapat peringkat dua, langsung ke peringkat 22. Hadeuh .. pas banget dengan momen pembagian raport di hari ibu tanggal 22 Desember.

Apakah setelah itu ibu makin bersemangat untuk memperbaiki ? Iya ! Karena ibu malu dengan teman-teman sekelas. Tapi ternyata, meski sudah memaksimalkan diri, tetap saja hasilnya sama. Rumus-rumus fisika, kimia, matematika itu ngga ada satupun yang nempel di otak ibu. Logika ibu ngga bisa mencerna pelajaran itu. Tapi jangan tanya tentang pelajaran sejarah, geografi, bahasa indonesia dan pelajaran hapalan lainnya. Ibu bisa lho menjawab soal ulangan sejarah, persis dengan kalimat yang ibu tulis di buku catatan. Begitupun dengan titik komanya.

Lulus juga sih dari SMA, tapi NEM (Nilai Ebtanas Murni) jelekkkkkkkkkkkk banget, kecuali Bahasa Indonesia, hihihihih .... Empat mata pelajaran lain yang di Ebtanaskan saat itu, yaitu Fisika, Kimia, Matematika, Biologi,  bener-bener ke laut deh. 
Dan tahukah nilai mata pelajaran apa yang paling tinggi di ijazah ? Sejarah dong :-D. Padahal sama guru sejarah itu gak begitu suka, eh malah dapat nilai 9. Sementara nilai pelajaran eksaknya ngepas banget.

Kalau ditanya salah satu penyesalan saat SMA, ya ini jawabannya. Ibu ngga berani nolak pilihan Mbah. Dan Mbah-pun tidak meilhat dengan jeli kemampuan masing-masing anak. Mbah menyamaratakan kemampuan ibu dengan kakak & adik yang memang otak-nya IPA banget. Ibu yakin kok, niat Mbah itu baik. Mungkin melihat ibu yang dapat peringkat dua saat kenaikan kelas itu dan prestasi sejak di SD, disangkanya ibu cerdas di bidang IPA. 

Apa yang ibu alami ini, akhirnya jadi pelajaran buat ibu dan saudara-saudara yang lain dalam mengasuh anak-anaknya. Ada satu keponakan yang pernah ibu ceritakan beberapa waktu lalu, minatnya itu lebih ke menggambar dan Bahasa Jepang. Orang tuanya (kakak ibu), mendukung penuh. Sejak SD sudah ikut les menggambar, menginjak SMP sudah ikut les bahasa Jepang. Udah gitu, anaknya juga punya konsistensi yang tinggi. Berani bilang ngga kalau tidak suka.

Cerita anak SMA versi keponakan ini berbeda jauh dengan ibu. Saat penjurusanpun dia menolak masuk ke kelas IPA. Walau gurunya memaksa, dia tetap keukeuh ngga mau. Malah bilang gini sama gurunya, "kalau saya tetap dimasukkan ke kelas IPA, saya tidak akan sekolah.". Nah lho ...

Sempat cerita juga sama ibu, anak IPS di sekolahnya agak tidak di anggap. Selalu saja anak IPA yang dinomorsatukan. Iya sih, karena ibu pernah sekali ikut rapat di sekolahnya (mewakili kakak yang memang tidak bisa datang). Waktu ibu lihat, orang tua anak-anak IPA dibagikan nilai-nilai try out. Waktu ibu tanya ke salah satu gurunya tentang nilai try out anak IPS, jawabnya belum di print. Kok bisa, padahal jumlah anak IPS lebih sedikit di banding IPA. Dan saat rapat itupun, ada salah satu orang tua murid yang anaknya di IPS protes, kenapa yang di bahas hanya tentang anak IPA saja. Anak IPS seperti di anak tirikan.

Tentang keponakan ibu itu, dia berhasil membuktikan bahwa anak IPS tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan semua kerja keras dan konsistensinya, akhirnya dia berhasil masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain di ITB melalui jalur SNMPTN (Saringan Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Subhanallah ... Semua bangga dong, termasuk beberapa guru dan teman-temannya yang awalnya menganggap dia gak bisa apa-apa.

Mbah yang awalnya mendoakan cucunya itu tembus ke Jurusan Bahasa Jepang juga ikutan senang dan bangga. Walau sebenarnya Mbah kurang sreg dengan jurusan Seni Rupa. Katanya, nanti jadi tukang lukisan seperti di jalan Braga, hihihi .... Ngga tau aja tuh, jaman sekarang yang namanya seni bisa banyak menghasilkan kesuksesan.

Maklum sih, dengan usia Mbah yang sangat sepuh dan pengalaman hidup yang pernah beliau jalani, agak susah juga merubah pandangannya. Walau bagaimanapun, tetap kok beliau mendoakan yang terbaik buat cucunya.

Apa yang ibu tulis ini bukan mau menyalahkan siapapun ya, karena semua sudah terjadi. Yang ibu jalani saat ini sudah harus ibu syukuri. Banyak pengalaman yang bisa diambil. Diantaranya, orang tua harus lebih  mengerti lagi dengan potensi anak. Anak-anak juga harus berani mengungkapkan minatnya pada orang tua. Harus punya sikap untuk memilih dengan sepenuh hati. Dan jika sudah berani memilih, harus berani  pula bertanggung jawab dan konsisten dengan pilihannya itu. *Banyak harusnya ya... :-D

Weks, ternyata panjang juga tulisan tentang cerita anak SMA ini.

*mudah-mudahan postingan ini menambah konten positif tentang cerita anak sma di internet.

42 komentar :

  1. Hahaa..hhahaa..cekikikan bawa tulisan teteh..
    kebalikan banget ama nchie, paling males pelajaran sejarah, harus hafal tanggal, perang di penogoro, KTT,KAA hhrrggg..!!

    TApi memang bener teh, kita harus memberikan kebebasan pilihan buat anak tentang apa yang ia mau, sebagai orang tua hanya bisa mengarahkannya saja Yah..

    Di tunggu lagi kisah2 berikutnya, Potonya mana *penasaran sama poto yang lagi Ndut hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh, saya mah jauh2 deh dari hitungan IPA. Mending disuruh ngapalin sejarah perang diponegoro .. :D

      foto saya jaman SMA ? oh tidak .. aib tuh .. qiqiqi

      Hapus
    2. iya nih ga aci...kalau ga ada foto SMA nya ya??? hehehe

      Hapus
    3. halah, bang necky malah ngomporin .. :))

      Hapus
  2. maksutnya baca tulisan hhehe

    BalasHapus
  3. Orin jg sm kyk Teh Nchi Bu, ga bs ngapalin. tapi yg jelas waktu SMA itu ga ngerti blas sm akuntansi dan ekonomi, jd yawda weh milih IPA, walopun pelajaran eksak jg ya ga bisa2 bgt. senasib sm Ibu kelas bahasa pas tahun Orin ditiadakan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. akuntasi sama ekonomi masih mending buat saya, daripada IPA gak bener2 gak ngerti .. :(

      Hapus
  4. walau ga jago dalam menghapal, aku lebih memilih masuk jurusan IPS bu, soalnya waktu itu ga ada jurusan bahasa. dan kalau untuk masuk IPA, ga mau, njlimet sama itung2an kimia dll deh. hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga njilmet ama itungan2 IPA, tapi waktu itu emang gak berani nolak disuruh masuk IPA .. ntar di cap anak durhaka lagi .. hehehe

      Hapus
  5. Ibu, fisika yaa niar juga gag suka tapi kalau biologi mah suka :D

    Emang tiap anak beda2 potensinya gag mesti semua masuk ipa, padahal anak ips dan bahasa banyak yang potensi juga toh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya niar, kalau semua masuk IPA, siapa yang bagian ngitungin pemasukan pengeluaran ya .. hehe

      Hapus
  6. saya dulu gak jurusan IPA dan gak juga jurusan IPS bu Dey.. tapi jurusan kejuruan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejuruan yang penuh IPA ya ...

      Hapus
    2. blum update nih Bu Dey?

      Hapus
    3. udahhhh ..

      Hapus
  7. fisika is always in my heart.. :D

    heh..? itu kurikulum kapan ya bu.. kok masih ada program fisika.. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya deh yang jago fisika ... :D

      Hayooo, bisa nebak gak tahun berapa ? jangan2 belum lahir tuh saat saya SMA .. hehe

      Hapus
  8. Beruntung saya dulu diberi kebebasan untuk memilih jurusan. Dan saya memilih IPS walau nilai cukup juga utk jurusan IPA. Memang kalau pilihan atas kemauan sendiri jadi lbh merasa tanggung jawab.
    Makanya untuk anak saya pun saya bebaskan memilih jurusan yg diinginkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ada hal2 tertentu yang memang harus menyerahkan keputusan di tangan anak2 sendiri ya ..

      Hapus
  9. sy dulu masuk Fisika mbak, tp kuliah di Ekonomi... hihihi...

    BalasHapus
  10. Teteh...pengalaman aku banget...seeeemuanya...mulai dari yang pengen masuk bahasa terus gagal karena ortu ga setuju dan ga tau kalo dapet ranking tuh bukan karena pinter IPAnya, hihihi....
    I LOVE ending tulisan ini, apapun dan bagaimanapun, ga nyesel dengan semua yang terjadi ya, teh...malah justru banyak pelajarannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yyaaaa, nyesel dikit sih ... hehehe

      tapi Mama Hanuun sekarang malah jago bahasa inggris ya ..

      Hapus
  11. Waaah...seruuuuu Mbak...:)
    klo saya duluuu...pilih IPS. Ya sregnya di situ alias klo masuk IPA kayaknya tepar duluan.
    Sekarang jadi pengen lagi tuh baca-baca Antrolpologi, Sejarah dan Geografi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sebenernya otak IPS mbak, kalau IPA mah ...huhuhu, setengah hati, otaknya gak nyampe ... :)

      Hapus
  12. Sebaiknya memang masuk kelas yang diminati tetatpi tetapi disesuaikan dengan otak kita juga. Lebih baik paling pintar di antara orang bodo daripada paling bodo diantara orang pintar. Kalau tak tahan bisa stres lho jeng.

    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Pakdhe, Alhamdulillahnya saat SMA itu saya ngga sampe stress, mungkin karena dapet temen2 yang sehati.
      Padahal kalau dilihat dari nilai2-nya, bikin sakit kepala deh .. hehehe

      Makasih ya Dhe ...

      Hapus
  13. Outbound di MalangSenin, 30 Juli, 2012

    nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    BalasHapus
  14. obat tumor lambung alamiSenin, 30 Juli, 2012

    Saya jenis anak otak kanan nih,,,

    mles banget kalo pas pelajaran itung2an, dan saya benci angka kecuali mereka yang tertera di uang lembaran atau logam,,,hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, angka di lembaran uang gak mungkin salah ya ..

      Hapus
  15. betul dulu A1 adalah bergensi sekali.. dianggap pinter gitu kalau masuk A1... walaupun dulu A1... tapi ternyata setelah di telaah aku tidak suka.... heheheheh walaupun bisa mengikutinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih mending walau gak suka tapi bisa mengikuti, lhaa saya ? hihih, gak mudeng blas ..

      Hapus
  16. IPA aku juga nggak ngerti lbh suka ke bahasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, sama dong mbak ..

      Hapus
  17. A1...? angkatan saya adalah angkatan pertama diberlakukan sistem A1....hehehe ketahuan deh umurnya yah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow, berarti bang necky beda2 tipis lah umurnya ama saya ... hehehe

      Hapus
  18. waktu sma srg bgd menang lomba bikin puisi..tp pas jurusan lbh milih IPA. krn emg doyan pelajaran kimia. tp ttp ikutan lomba puisi dimana mana walau jarang menang hihi

    tp liat deh ibu..mimi skrg klo sdh disuruh buat puisi lgsg hilang ingatan hihihi
    jadi syukuri aja nikmat Allah yg skrg. plg tdk sdh prnh merasakan kotaknya jd anak IPA yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, soalnya puisinya udah jadi RADIAL sih .. hihihihi

      Hapus
  19. Jelly Gamat LuxorRabu, 05 September, 2012

    info yang bagus buat di pahami, ......

    BalasHapus
  20. cerita ga beda jauh sama saya, .

    BalasHapus
  21. pengobatan penyakit jantungRabu, 05 September, 2012

    artikel yang sangat bermanfaat sekali buat di pahami, ...

    BalasHapus