Senin, 04 Juni 2012

Ujian Kenaikan Kelas

Mulai hari Senin ini sampai nanti Sabtu, Fauzan mulai mengikuti UKK (Ujian Kenaikan Kelas). Anaknya sih nyantai, emaknya yang senewen. Kayaknya dia belum ngerti banget tentang ujian, tentang nilai. Menurut dia, sama aja dengan sekolah biasa. Sama-sama ngerjain soal.

Ibu mulai memberi latihan soal sejak seminggu yang lalu, terutama untuk pelajaran Matematika. Karena menurut guru dan juga ibu, Fauzan itu masih belum bagus berhitungnya. Bisa ngerjain, tapi lama mikirnya. Kadang ngga teliti juga.

Tiap hari ibu kasih 30 soal matematika dan 30 soal pelajaran yang lain. Fauzan itu bukan tipe anak yang mau ngapalin lewat buku, dia lebih suka di kasih soal latihan. Dan soal-soalnya harus di ketik, bukan tulisan tangan. Lalu pura-puranya ibu jadi bu guru, seperti di sekolah gitu. Hihihihi, ribet ya ... Tapi ngga apa-apa, pokoknya Fauzan nyaman belajar dan ngga merasa terbebani. Demi kemajuan anak, emaknya ngikut deh ....

Untungnya, sekarang ini ada internet. Soal latihan ibu download aja dari sini. Dan sesuai pula dengan kurikulum yang diberikan di sekolah Fauzan. Tapi ngga semua mata pelajaran, ada beberapa yang ibu bikin sendiri sesuai buku pegangan, seperti Bahasa Inggris. Kadang ibu tanya-tanya juga secara lisan. Itupun saat dia bermain. Soalnya Fauzan ngga bisa di suruh duduk manis.

Selalu aja ada jawaban yang bikin ibu senyum. Namanya juga anak-anak ya, yang masih polos pikirannya.
Ibu : Kalau puasa itu bulan apa ?
Fauzan : Bulan Agustus
Ibu : kok Agustus ? bulan Ramadhan dong.
Fauzan : lho, kan kata ibu, nanti bulan Agustus kita udah puasa.
Hehehehe, ibu emang pernah bilang, kalau nanti Agustus kita puasa.
Ngga salah juga sih ...
Tapi tetep, ibu jelasin lagi tuh bulan Masehi dan bulan Ramadhan.

Ada satu pertanyaan di soal IPS, membantu orang tua itu untuk apa. Jawaban Fauzan, untuk dipuji. Qeqeqeq, soalnya kalau dia sehabis bantuin ibu atau bapak, pasti di puji oleh kami. 

Sebenernya yang ibu utamakan kalau Fauzan mau ujian itu adalah, kondisi kesehatannya. Ibu khawatir dia sakit. Karena sudah dua kali Fauzan di rawat di Rumah Sakit selama kelas 1 SD ini, dua-duanya menjelang ujian. Mudah-mudahan Ujian Kenaikan Kelas ini diberi kesehatan, lancar ngejawab soal-soalnya. Pokoknya mah usaha dulu yang maksimal. Insya Allah diberi hasil yang baik. Amin

Yuk ah sama-sama saling menyemangati ujian anak-anak kita ....
Emak Bapaknya untuk sementara jangan kebanyakan online ya ..... *nyindir diri sendiri ini sih .. heheh

35 komentar :

  1. Ayo Aa ujan smangat..!!
    Pasti bisa..!!

    Tenaaang teh..emaknya harus kalem dulu..
    kalo emaknya senewen, anaknya ntar ikutan snewen jugaa..! hihi..

    Biasanya nchie kalo si Olive UJian, selalu hiatus seminggu, tapi kali ini ga deh, dalam rangka mendukung bibi ke Korea, smangat ol qiiqiq..
    *asalkan pinter2 bagi waktu*
    ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di depan anaknya sih keliatan tenang, tapi dalam hati deg2an .. hehehe

      sipppp .. demi erry ya Nchie ...

      Hapus
  2. Mudah-mudahan Fauzan bisa mengikuti ujian, mengerjakan semua soal dengan benar sehingga naik kelas dengan nilai yang maksimal.
    Fauzan, tetap semangat! Om mendoakanmu.

    BalasHapus
  3. jawabannya Aa jujur loh itu, harusnya bener nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, itu dia bun ... makanya saya gak langsung bilang salah, karena dia jujur.

      Hapus
  4. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  5. InsyaALLAH Aa ujan sehat2 aja ujian kali ini ya. Chayooooo *tari pompom*

    BalasHapus
    Balasan
    1. nuhun tante Orin ..
      makin semangat nih karena tante tari pompom .. :D

      Hapus
  6. ayo semangat buat ibu dan anaknya... hehehe

    BalasHapus
  7. dulu teman saya setiap hari buat soal hitung hitugansendiri kalau anaknya ujan... saya belum sempet ngalaminnya mungkin suatu hari nanti ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cari di internet aja deh, apalagi sesuai dengan yg diajarkan di sekolah anak saya. Kecuali beberapa mata pelajaran tertentu yg memang harus bikin sendiri.

      Hapus
  8. Jadi ingat ngajarin ponakan baca dulu, maunya juga kayak yang di tempat les katanya pake papan tulis :) Btw, semoga lancar semua ujian Fauzan, amiin ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, makasih mbak ..

      Iya, si anak merasa sekolah beneran kalo pake papan tulis, hehehe ..

      Hapus
  9. sukses dengan ujiannya ya Ujan.. :)

    BalasHapus
  10. dey....kalau saya mah minum pil sabar yg banyak kalau ngajarin Ajif.....hehehehe....salah saya juga umurnya kemudaan sih jadi si anak jadinya tahu main doank....hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, anak kelas 1 SD kayaknya semua sama, apalagi laki2, ortunya harus banyak sabar ...

      Hapus
  11. wkwkwkw.... ngakak bgt baca jawaban2nya Fauzan.. Tp ya gak salah juga sih karena jawabannya emang bener, tergantung dr sudut pandang mana kita liatnya kan? Sukses ya buat aa ujan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia bun, gak bisa langsung di salahin juga kan ...

      Hapus
  12. wah samaan ya Fauzan, mas dzaky juga ujian minggu ini..selamat ujian ya...sukses deh insya allah kan dah dilatih ibu sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas dzaky, sama2 semangat bareng Fauzan ..

      Hapus
  13. lho udah hampir kenaikan kelas ya..?
    bentar lagi musim liburan dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, akhir juni ini udah liburan ...

      Hapus
  14. oo..kalo di tng mah, belum da.. baru minggu depannya
    duh, gimana tuh ya si kecil.. nyantai banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda2 ya waktu ujiannya ...
      gpp nyantai, asal bisa ngerjain soal2nya aja.

      Hapus
  15. semangat buat emak2...
    biar tetep sabar dalam membantu belajar anak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. doping sabarnya harus banyak di tambah mbak .. hehe

      Hapus
  16. Ayo Aa..! Semangat yaa, pasti sukses deh!

    BalasHapus
  17. iya niih....
    demi anak aq juga baru ol lagi hari ini
    itu juga krn bsk ujiannya cm 1 matematika aja
    ayooo.....FAuzan selamat ujian yaaa....
    buat ibunya....selamat menemani yaaa....

    BalasHapus
  18. Iya benerrrr bgt, anak yg ujian tapi emaknya yg sutris

    BalasHapus