Senin, 14 Mei 2012

Olah raga, olah mata, olah jiwa

Dulu selalu malas untuk melangkah, menggerakkan badan. Padahal setiap dokter yang ibu kunjungi, selalu menyarankan ibu berolah raga. Cukup jalan kaki, karena memang ibu tidak boleh olah raga yang berat-berat. Beberapa bulan ini, ibu selalu merasakan dada sesak dan sakit kalau kecapean sedikit aja. Duh, takutnya sakit jantung. Kan tensi ibu selalu tinggi. 

Tapi kata bapak, itu sih karena ibu jarang bergerak aja. Memang sih di rumah ada asisten, meski tidak menginap, tapi semua pekerjaan rumah dia yang tangani. Paling ibu cuma belanja aja, memasak kadang-kadang kalau mau.

Riweuhnya ibu cuma pagi hari menjelang bapak berangkat kerja & Fauzan mau sekolah. Setelah mereka berdua pergi, kegiatan ibu banyak duduknya. Banyaknya sih depan laptop atau gunting-gunting kertas bikin sesuatu. Agak siang sedikit jemput Fauzan sekolah naik angkot. Pulangnya baru deh jalan kaki.

Akhirnya, mulai membiasakan jalan kaki setiap hari Minggu. Sudah 3 kali hari Minggu selama sebulan ini, kami membiasakan jalan pagi ke arah perkebunan teh Sukawana. Jalannya bener-bener santai. Berangkat dari rumah jam 7 pagi, sampai rumah bisa jam 10 siang. Padahal jaraknya hanya sekitar 2 km. Pulang pergi bisa 4 km.

Hasilnya, ada perubahan dalam diri ibu. Ngga gampang masuk angin, dada yang sakit mulai berkurang. 

Seperti minggu lalu, hari sabtu ibu pergi ke kota sampe sore, hari Minggu pagi ke Cikarang (Bekasi) pulang pergi, hari Seninnya ke rumah kakak di kota, hari Selasa pulang ke Parongpong, hari Rabu ada tamu sampai hari ini. Meski ibu gak masak buat tamu, tapi kan tetap harus kesana-sini buat belanja atau sekedar cuci piring setelah makan siang & makan malam (asisten cuma dari pagi sampai jam 11 siang aja). Kurang tidur pula.

Biasanya, kalau dalam kondisi seperti itu, ibu pasti tumbang. Masuk angin dan tensi naik. Alhamdulillah, sekarang ibu sehat. Daya tahan ibu keliatan membaik. Mudah-mudahan ibu sehat terus. Cape kalau harus terus-terusan minum obat. Ngga ada kata terlambat untuk memulai hidup lebih baik kan ?

Walau tiap minggu jalan ke arah yang sama, kami tidak pernah bosan menikmati pemandangan yang ada. Padahal yang di lihat itu-itu aja. Hamparan kebun teh, embun di ujung rumput liar, ilalang, gunung Burangrang, gunung Tangkuban Perahu, kuda yang berkeliaran, hutan pinus, langit biru dan awan putih, kebun sayuran. 

Terkadang, saat melewati kebun sayuran, udara yang kita hirup sedikit membuat menutup hidung. Apalagi saat kebun-kebun itu sedang di beri pupuk kandang. Atau saat melewati jajaran kandang kuda, aromanya itu lho .... hehehehe. Tapi gak akan bikin kapok deh ...
 
Lihat foto-fotonya aja yuk ... 


 Gunung Tangkuban Parahu,
bentuk awannya indah ya ...

 Gunung Burangrang di lihat dari perkebunan
 
 Pemandangan dari atas bukit ke arah selatan, 
kota Bandung keliatan lho ..
 
 berangkat ... :-)

  
 Menghirup udara pegunungan yang segar diantara hamparan pohon teh, sambil melihat gunung-gunung di sekeliling. Huahhh, nikmat tak terhingga. 

 Diantara hutan pinus dan ilalang

 Istirahat dulu sebelum pulang

Fauzan juga seneng-seneng aja di ajak jalan, dengan syarat dibolehin nonton film kartun sebelum berangkat. Di jalan juga jarang mengeluh cape. Di ajak lewat jalan yang menanjak, malah lari-lari. Ibu yang ngos-ngosan, selalu ketinggalan di belakang. Ibu gak mau maksain diri, kalau mulai merasa cape, berhenti dulu.

Ayo siapa yang mau ikut jalan-jalan ke kebun teh, terus lanjut makan di hutan pinus sambil melihat pemandangan dari atas bukit ? Rencananya tanggal 3 Juni, Mama Olive & keluarga, Bang Aswi & keluarga mau olah raga, olah mata dan olah jiwa disini. *halah .. istilahnya .... :-D

59 komentar :

  1. Huuhuh..
    Langsung adem di mata, hati dan pikiran..

    Tunggu aku tanggal 3 teeh..!!

    BalasHapus
  2. walaupun jalan yg selalu di lalui itu2 saja tetapi kalau yg di lihat ujudnya hijau alami yg pastinya tdk akan pernah membosankan mbak,,, kunjungan kembali nih mbak sekian lama sy hiatus...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii, akhirnya mas Kahfi muncul lagi, apa kabar ?

      Bener mas, makanya tiap minggu jalan ke situ gak pernah bosen.

      Hapus
    2. kabarnya mudah2han masih baik2 saja nih mbak,, kapan2 boleh juga saya bergabung di kebun teh yg sering di lewati mbak,,:)

      Hapus
    3. ayoooo, kalau sedang ke Bandung, mampir kesini aja ..

      Hapus
  3. memang teh olahraga itu bikin sehat
    aq juga kalau dulu sering banget pusing dan flu setelah rajin senam dan gowes gowes badan jadi seger dan jaran tumbeng

    tgl 3...?
    ikut gak yaaa....malu banyak yg kenal
    hehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. *ralat*
      maksudnya malu blm banyak yg kenal

      Hapus
    2. hehehe, makanya kenalan ...

      Hapus
    3. ada nchie kan ... masak gak kenal .. :D

      Hapus
  4. Olah raga, olah mata, dan olah jiwa.... saya pengen sekali melakukannya secara rutin paling enggak 3 kali seminggu, tapi kok sering kali gak bisa. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat yang kuat mas, Insya Allah bisa ...

      Hapus
  5. sejuuuuuk ya lihatnya. kalau aku dirumah mah gak pernah duduk diem walaupun didepan laptop pasti mondar-mandir ngejrain apa :) masih belum sreg ambil asisten soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ambil asisten karena tensi gampang naik. Asistennya juga tetangga yg emang udah kenal baik & ngga nginap, cuma dateng pagi, jam 11 siang udah pulang.

      Hapus
  6. subhanallah.. indahnya.. mantap.. seger semuanya deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seger liat yang ijo2 ... :)

      Hapus
  7. sungguh asri pemandangannya mbak.. kapan2 aku mau donk kesitu :)

    BalasHapus
  8. Sunggu jalan kali yang meliputi 3 olah ya Bu, olah raga, olah mata dan olah jiwa. Sejuk dan segar, semoga selalu sehat ya Bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali jalan, 3 yang di dapet Mbak .. hehehe
      Amin .. cuma itu yang saya ingin, sehat .. sehat ..

      Hapus
  9. fotonya bagus bagus nih..... betul sekali kalau kita banyak olahraga kita jarang masuk angin... sayang skrg sudah jarang olahraga juga nih... hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya bener2 ngerasain itu sekarang ..
      dulu males banget buat olahraga dan badan gampang masuk angin.

      Hapus
  10. Foto fotonya bagus mbak...
    Aku jarang olahraga nih hihi T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ...

      Ayo mulai olahraga sekarang ... bareng yuk ... :)

      Hapus
  11. tgl 3 bu? sakedap cek jadwal dulu *meni gaya nya* hihihii...
    Orin hampir tiap minggu jalan kaki-lari-bersepeda jg sih Bu, tapi pemandangannya ga seindah itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an jadwalnya kosong .. :D

      Hapus
  12. sy juga sejak sakit jarang bgt olahraga mbak.. Seringnya istirahat.. Tp kayaknya jd kurang bugar nih, mau rutin olahraga lagi ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dengan saya, keseringan istirahat jadi males untuk memulainya.
      Perlu niat kuat banget, hehehe ..

      Hapus
  13. Subhanallah...masih alami banget ya mbak...Masih menghirup udara yang sejuk dan bersih ^_^

    Mdh2an kedepannya ibu Dey makin sehat yaaaaa...Ayuk olahraga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang alami di daerah perkebunannya, gak jauh dari situ sudah banyak komplek villa mewah .. :(

      Amin ..amin, semangat ah !

      Hapus
  14. seandainya bisa ikutaaan.......
    hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah suatu hari nanti mbak Elsa & Dija bisa ikutan jalan2 ke sini .. :)

      Hapus
  15. asiknya nich jalan2....tempatnya dijamin bikin sejuk dihati tuch...

    BalasHapus
  16. seneng seneng seneng,,,,
    bener2 olhraga olahmata dan olah jiwa.. :D

    semakin ke sini sya juga lagi makin males olahraga nih,, hadeehh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. disana deket ke kebun teh juga kan mas ?
      emang males kok, kalo gak maksain diri .. *pengalaman pribadi saya.. :)

      Hapus
  17. Aku pasti seneng kalo jalan kakinya di daerah sejuk dan cantik seperti lingkungan mbak Dey secara jalan kaki favoriteku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gitu, di tunggu kedatangannya disini ya mbak .. :)

      Hapus
  18. Aaah memang keren sekali pemandangannya ya Bu Dey...

    ngeliat fotonya aja udah bikin seger.. gmana aslinya... :-D

    wah Juni... anak2 udah pd liburan kah itu Bu Dey?

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal juni belum liburan mbak, masih ujian.
      Nanti liburan aja Vania kesini ya ...

      Hapus
  19. Selamat olahraga ya ibuk...

    BalasHapus
  20. wah aku jg kalau tinggal di daerah macam gitu, bakal terus jalan2 keluar. seneng bgt liat hamparan hijau..udaranya segerrr ....
    bau tanah basah, daun2an ... duh jd kangen euy aku sama kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. bau tanah basah, hmmm ... itu juga salah satu yang bikin saya semangat jalan2, mengingatkan saya akan masa kecil.

      ikut aja yuk ntar tgl 3 ...

      Hapus
  21. Teteeeeeh...
    aku mah suka pemalas jalan sebenernyaaah...hihihi...

    dan...dan...
    itu potonya motret sendiri teh?
    Keren abes!!!
    *ngincer mo pinjem kamera nya buat ke Korea...hihihi...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar tanggal 3 gak boleh males ya ... :D

      bukan masalah kameranya kalo soal motret sih, tapi soal siapa di belakang kamera itu .. *tsahhh ... qiqiqiqi

      Hapus
  22. tanggal 3 ya....,menggiurkan ...,
    kami biasanya Minggu pagi jalannya cuma ke kompleks sebelah aja he..he..., nggak ada yang secantik ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, hayu atuh mbak, kapan ke bandung lagi ..

      Hapus
  23. Subhanallah...indah bangettt pemandangannya :D

    Bundaa.... Nay ikutan dong jalan2,, nay juga jarang banget olah raga, sekarang gampang capek =,=

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kalau mau ikutan, jalan kaki rame2 kan seru, jadi semangat olahraganya.

      Hapus
  24. Subhanallah...
    Pemandangannya indah. Sungguh bikin iri bisa tinggal di daerah yang dekat dengan tempat yang indah2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ...
      Di Samarinda juga banyak tempat yang indah kan ..

      Hapus
  25. Tetehhhhh
    Ari ieu mah abdi juga mauuuu :(
    Indahhhhhh
    Kapan saya diajak ke sana atuh, Teh? #Pengennnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. balik tanya nih, kapan ke Bandung ? hehe ..
      pokoknya kalo sdg di Bandung, saya ajak kesini deh ..

      Hapus
  26. Walopun yang dilihat cuma itu-itu aja, tapi sumpah teh..pemandangannya indaaahh sekali!

    Sehat terus ya teh Dey :)

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Dey....indaaaah banget.
    Apalagi buat orang yang suka jalan-jalan di udara terbuka kayak saya. Ah, ah...ini mah surganya olah raga jalan kaki atuh...
    Ssst, kapan-kapan kalo saya kesana jangan ditolak ya?
    ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu atuh mbak, kalo ke Bandung sempatkan mampir kesini ..

      Hapus