Rabu, 02 Mei 2012

Jambu Kupa

 0d86fbaad6fcf7f7a0f15b30a0a2cbf8_gohok
Tahu buah kupa ? Suku Jawa menyebutnya buah gowok, sebesar buah duku, warnanya ungu kehitaman, rasanya ada asam kecut. Jaman ibu kecil, mudah menemui buah ini. Sekarang susah mencarinya.

Pasti juga sudah tahu buah jambu dong, jambu batu tepatnya. Yang ini sepertinya tidak usah di jelaskan lagi.

Gambar diambil dari sini.

Kalau buah Jambu Kupa ? Ukurannya sama dengan buah kupa, kecil-kecil sebesar kelereng. Kalau masih mentah, warnanya hijau. Berubah menjadi merah marun kalau sudah matang. Sedangkan isinya seperti buah jambu batu, banyak bijinya. Kalau buah kupa, bijinya cuma satu.

Batang pohonnya juga mirip jambu batu, daunnya yang berbeda. Lebih kecil dan permukaannya lebih halus. Sayang ibu tidak punya fotonya, padahal tetangga sekitar rumah banyak yang menanam pohon ini. Dan banyak juga disini yang menjual bibitnya.

Jambu Kupa yang tadi dikasih sama tetangga, satu mangkok besar.
Berbeda warnanya kan dengan buah kupa.
Rasanya yang asam dan sedikit manis, bisa menyegarkan tenggorokan.
Langsung habis dimakan Fauzan & teman-temannya.

 Ini isi buahnya, seperti isi buah jambu batu kan ..

Ibu belum pernah menemukan buah jambu kupa ini di tempat lain. Atau mungkin ibu yang tidak tahu. Bapak pun mengakui, baru tahu buah ini sejak tinggal di Parongpong. Coba tanya mas Alamendah deh ... :)

Adakah buah ini di tempat kalian ?

51 komentar :

  1. ini enak banget nih... buah gowok nih... sudah lama ga makan.. kecut dan asem... mantap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau buah jambu kupa udah nyobain ? sama kecut & asem kayak kupa ... beda bijinya aja.

      Hapus
    2. Kupa/gowok sudah nyobain dan jambu kupa pun sudah nyobain, tapi soal rasa menang jambu kupa deh soalnya ga begitu asem dan bisa langsung dinikmati ma bijinya yang banyak itu. Moga makin populer, ayo dong terus populerkan. Asyiknya lagi tanamannya relatif pendek dan berbuahnya tak mengenal musim. ok bangeut.

      Hapus
  2. aku baru tahu bu buah ini dan baru liat pula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lho rasanya, yuk nyobain .. :)

      Hapus
  3. kok pake jambu sih
    kalo di kampung ada yang nyebut gowok ada yang juga kupa
    tapi jambu kupa baru denger

    BalasHapus
    Balasan
    1. gowok dan jambu kupa memang beda mas .. kan udah di jelasin di atas.
      Warnanya berbeda, isi buahnya juga berbeda.

      Hapus
    2. Mohon dimaklum klo blom banyak yang kenal dan belum tahu bedanya karena belum populer, apalagi lebih dikenal kupa-nya daripada jambu kupanya. sayangnya belum dibandingkan jenis pohon dan buahnya dalam bentuk gambar.

      Hapus
  4. teh Dey....
    di gbi gak ada buah kayak begini
    jadi jgn salahkan aq kalau aq gak tau dan blm pernah liat buah kayak gini
    hihihi.....
    *alesan*

    boleh juga tuh kalau dikirim kesini
    hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampangnya mah, dateng ke Parongpong, beli bibitnya trus tanem di gbi. Sekalian penghijauan .. :D

      Hapus
  5. Kaya anggur ya bentukannya (:

    BalasHapus
    Balasan
    1. warnanya sih iya, tapi kalo bentuknya, lebih mirip buah jambu batu.

      Hapus
  6. Balasan
    1. hehehe, disana pasti gak ada ya mbak ..

      Hapus
  7. wah baru tau klo kalau ada jambu seperti ini #minta dikrimi ke kandangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata wikipedia, buah kupa sih ada di kalimantan .. mungkin beda sebutannya.

      Hapus
  8. gowok aku biasanya nyebut dgn kupa aja. aseeeeeem

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga nyebutnya kupa, kalau yang jambu kupa, beda bun ... asem tapi seger ..

      Hapus
  9. sy mah gak kuat makan buah gowok... Asem bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain jambu kupa-nya deh kalau begitu ... agak beda rasanya dengan kupa (gowok)

      Hapus
  10. Wah, saya malah ditodong pertanyaan, ki...
    Jambu kupa emang beda dengan kupa. Kalau nggak salah jambu kupa tuh dikenal juga sebagai Pineapple Cherry Guava. Rasa masam buahnya menurut saya lebih mirip nanas, tetapi setahu saya warna daging buanya cenderung agak kekuning2an. Btw, saya sendiri kurang yakin (soal warna daging buahnya) :D Ntar kalau nemu referensi yang pas bias tak angkat jadi postingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah .. nah, ahlinya dateng nih ....
      Warna daging buah-nya emang agak kekuningan kok mas, kalau jambu batu kan agak putih. Tapi bijinya itu yg hampir mirip.

      Sini mas, tak kirimi buah aslinya aja .. banyak tuh ... hehe

      Hapus
    2. alamendah blom juga kirim postingannya ttg jambu kupa ya....
      masih ditunggu, lho.

      Hapus
  11. lihat gambar gowok langsung teringat masa kecil saya tuh bu....waktu kecil saya sering makan buah ini....rasanya asem banget kan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. buah langka ya mbak .. sekarang buah kupa memang susah di cari.
      Tapi kalau jambu kupa, disini masih banyak.

      Hapus
  12. Belum pernah lihat teh...
    dan belum pernah makan juga...
    *sayah memang tidak gaul*

    ntar kirim kirim ke GBI ya teh :)
    sekilo cukup lah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang kalo sekilo mah, gimana kalo sekalian 5 kg ? hehehe ..

      Hapus
  13. baru tau di sini ada jambu kupa
    kayaknya seger tuh klo asem2 manis
    klo Aa fauzan aja doyan apalagi tante nik hehehe

    kira2 ada masa panennya gak bu?
    atau sepanjang waktu selalu berbuah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesini aja tante, buahnya gak ada musim kok ..

      Hapus
  14. mau mba.... aku belom pernah melihat n merasakan jambu ini... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya maen ke parongpong, jangan di GBA aja .. :D

      Hapus
  15. segeer pisan ningali buah kupa :D

    BalasHapus
  16. Jadi ngiler membayangkan segarnya asem-asem manis disiang hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap2 sapu tangan ya mas buat lap ilernya .. hehe

      Hapus
  17. Aku baru kali ini liat buah ini, teh... Seger banget keliatannya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memang seger .. sepertinya cocok di tanam di hawa dingin seperti disini.

      Hapus
  18. belum pernah nemuin jambu kupa di di djogja...
    jadi penasaran juga, gimana rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. asem kecut sedikit manis ... seger2 gimana gituh . hehe

      Hapus
  19. wah aku kok belom pernah tau ya Mbak...

    BalasHapus
  20. saya baru tau kalau ada buah yang ky' gni.,.

    BalasHapus
  21. boleh tanya tinggal daerah mana, ibu sayah butuh jambu kupa. buat nurunin gula darah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari ke daerah cihideung - parongpong (deket kampung gajah), disana banyak petani bunga yang juga menjual pohon jambu kupa ini.

      Hapus
  22. boleh saya beli bibitnya, berapa harga bibit dan ongkir bila dikirim ke Surabaya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, saya tidak menjual bibitnya.
      Mungkin bisa suatu saat jalan2 ke Bandung, bisa mampir ke daerah Cihideung - Lembang.

      Hapus
  23. Wah, iya nih, buahnya seger, enak tenan. Alhamdulillah punya pohonnya di rumah dan setiap hari saya panen, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan temen-temen saya di kantor pas saya bawain, semuanya serempak bilang baru liat :D

      Hapus
  24. Mau makan buah kupa, udah lama bgt gk makan ... Nah kl jambu kupa nya sy punya pohonnya di dpn rmh, malah sdh berbuah cukup lebat ... Awalnya sih gk tau kl itu namanya jambu kupa, stlh baca postingan di atas br tau dehh ... Kt penjual bibitnya itu jambu jepang, heheehh ..

    BalasHapus
  25. maaf kalau mau beli buahnya dimana ya dan panennya bulan apa? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di mana ? Kalau tinggal sekitar Bandung, bisa datang ke daerah Wisata Bunga Cihideung (Parongpong), ngga jauh dari Lembang. Banyak petani tanaman hias yang menjual juga bibit tanaman ini.

      Hapus
  26. Teh Dey....
    Terusin dong infonya ttg JAMBU KUPA ini. Mulai dari sejarahnya, terutama prospek pemasarannya dan bisa diolah nggak, misal buat sirup/jus. Ini menarik tapi belum dikenal luas. thanks bangeut......!

    BalasHapus