Jumat, 25 Mei 2012

[Ikutan] Kuning

Warna kuning bukan warna favorit ibu, tapi bukan berarti tidak bisa menikmati warna itu lho. Dan foto-foto di bawah ini menunjukkan hal itu. Postingan ini nyontek dari Mama Olive dan Mbak Elsa. Juga dari  foto koleksinya Kang Yayat

Buat yang suka warna kuning, diantaranya Mama Olive, Mbak Elsa, Mbak Hana. Termasuk mereka yang suka bunga, monggo ...

 
 Bunga Aster. Termasuk tanaman hias dan bunga potong
Bentuk mahkota bunga ini dan warnanya macam-macam. Petani disini biasanya menamam bunga aster di tempat yang mereka namakan green house. Lahan tanam di tutup dengan plastik. Supaya tidak kena hujan.

 
Bunga Hebras (Gerbera). 
Salah satu bunga potong yang banyak ditanam petani bunga di Parongpong. Warnanya banyak, ada merah muda, merah, putih.

Dandelion namanya, bunganya kecil-kecil. 
Ini sama dengan yang di posting Mama Olive, punten ya geulis, postingannya dicontek.
Selang beberapa lama, helai mahkota bunga akan berubah menjadi biji yang mempunyai parasut, seperti bulu berwarna putih. Karena tanaman liar, tanaman ini banyak ditemui di pinggir jalan. Fauzan suka sekali memetik bunga yang sudah berubah bentuknya. Bagus kalau ditiup, jadi beterbangan. Tante Orin suka juga ya tiup-tiup Dandelion .. :-)

Jika di lihat secara sekilas dan lewat foto, antara bunga Aster, Hebras dan Dandelion itu hampir mirip ya. Kecuali melihat bentuk daunnya.
 
Bunga Pukul Empat (Mirabilis Jalapa)
Mbahnya Fauzan sih bilangnya bunga Tegerat. Sepertinya di tiap daerah ada, cuma mungkin beda penyebutannya. Ada buahnya warna hitam kecil, isinya berwarna putih. Waktu ibu kecil, isi bijinya itu suka di oles di pipi, dijadikan bedak-bedakan.
 
Dibawah ini, jenis bunga berwarna kuning yang ibu tidak tahu namanya, mohon dimaapkeun  :
 
 Ukuran asli bunga ini, kecil sekali, sebesar kancing.

 
 
Ketiga bunga di atas termasuk tanaman hias.

Yang ini tanaman liar, seperti bunga yang Kang Yayat potret
Banyak melihat tanaman berbunga kuning ini tumbuh di pinggir jalan. Sepertinya bunga ini selalu mekar, tanpa musim. Indah sekali kalau lihat aslinya. Nama bunga ini, hmmmm .... ibu tidak tahu juga, hehehe ...

Sebagian tanaman bunga di atas, ternyata ada khasiatnya untuk kesehatan lho. Bisa di cari lewat google atau tanya mas Alamendah, termasuk nama bunga yang ibu tidak tahu .. *piss Mas ... :-D

Mau melihat bunga-bunga itu secara langsung ? Mari, silakan berkunjung ke Parongpong ... :)

54 komentar :

  1. Waaahh beda yah tukang kembang mah..
    Meni hafal gitu..

    Meni cantik-cantik Bunga kuningnya..
    2 hari bewe, bertebaran bunga di mana-mana..
    makanya kemaren pengen posting bunga..
    *padahal ga suka bunga*

    Makasih teh bunga kuningnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, hapal nama bunga yg emang nge-top aja. Lagian kalo lupa, kan tinggal loncat ke tetangga sebelah yang emang petani bunga, hihihi ...

      Gak suka bunga, tapi minimal suka ngeliatnya.

      Hapus
  2. jadi pengen ke Parongpong deh :D

    BalasHapus
  3. cantik banget bu!! ingin memetiknya segera deh dan menyimpannya di taman hati... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget dipetik mbak Alaika ...

      Hapus
  4. Aku pernah punya aster kuning beli di nursery dekat pasar tapi nggak tahan lama terus kering dan mati:( apa nggak cocok udara dan panasnya ya bu?

    Cantik2 bunga kuningnya bikin seger mata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aster biasanya di tempat dingin.
      Disini aja, biasanya oleh petani bunga disimpan di tempat yang teduh.

      Hapus
  5. bunga aster kayak bunga matahari tapi kecil yaa bu dey... seru deh bunga2 nya kuning2 mau dung bu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bunga matahari, tengahnya warna item.
      mau ? apa sih yang ngga buat Niar .. :)

      Hapus
  6. Di tempat saya bunga pukul empat dikenal dengan nama pacar sore, Bu. mungkinkah karena bunga ini mekarnya jam 4 sore?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga Abi, biasanya mekar jam 4 sore. Lalu menjelang malam, kuncup kembali.

      Hapus
  7. bunga kuningnya cantik2

    BalasHapus
  8. Weh ini mach sudah mirip taman bunga kuning, cantik bunganya dan apik fotonya, keren kuadrat dech :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taman bunga di blog aja deh mbak, aslinya kan foto2 itu diambil di tempat yang berbeda .. hehe

      Hapus
  9. SUbhanallah .. cantik2 bunga2nya Bu ...
    Di Parompong, banyak bunga cantik2 ya ... berapa km dari pusat kota, Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parongpong memang terkenal dengan wisata bunganya mbak. Hampir sebagian besar penduduk disini adalah petani bunga & sayuran.
      Dari pusat kotanya lumayan jauh, puluhan km.

      Hapus
  10. Sumpah aku baru tau dandelion kalau punya kelopak tuh kayak gitu.
    Aku kira putih putih kayak kapas gitu doang @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga kebayang kalo bisa berubah ya .. :)

      Hapus
  11. aku juga penggemar kuning
    tuh tiap pagi produksi
    hahahahoeksss

    BalasHapus
  12. Baru tahu kalau Dandelion punya kelopak. Heheh.. selama ini saya kira cuma helai-helai putih tipis gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, karena kalau melihat bunga kuningnya, ngga kepikiran bisa jadi bulu2 putih gitu.

      Hapus
  13. bagus nih foto fotonya... bunga kuningnya bagus banget....

    BalasHapus
  14. bunga pukul 4 itu mengingatkan saya ke masa kecil saya bu.

    dulu,di halaman rumah orangtua saya di kampung banyak sekali bunga seperti ini. bentuknya memang cantik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunga itu memang gampang tumbuh dimana saja ya mbak.
      Sebenarnya ada warna lain selain kuning, tapi yang tumbuh di halaman rumah saya hanya ini.

      Hapus
  15. Baru tau loh... bunga pukul empatnya ada yang warna kuning
    selama ini cuman tau warna merah, pink, ungu, jingga...

    postingannya KEREENNN

    heheheeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastilah dibilang keren, wong isinya warna kuning semua .. hehehe

      Hapus
  16. waaa bgus bgus ya bungnya !! jdi pngen k eparompong selain bunga ada apa aja di sna mbak ?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada apa lagi ya .. hmmm, banyak deh .. :D

      Hapus
  17. idah juga seuka dengan kuning, selalu terlihat semangaaaaaaaaat dan cerah untuk dipandang. . . :)

    cantik-cantik banget bungaya ya bu dey? ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena itu Idah juga selalu terlihat semangat ya .. :)

      Hapus
  18. Bunganya cantik2 euy.. :)

    nay juga gak suka warna kuning, tapi untuk bunga ini geulis pisan euy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. geulis atuh, sama geulisnya sama Nay ..

      Hapus
  19. Wah, tau ada bunga-bunga sekeren ini, dari du;lu saya ke Parompong, Dey ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum terlambat kok mbak kalau mau kesini ... mangga, diantos ..

      Hapus
  20. bunga dandelion mengingatkan ku pada komik jadul saya lupa namanya, yg jelas dlu seneng banget sm komik itu, hohohoho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ya komik yang ada dandelionnya, saya malah gak tau .. hehe.

      Hapus
  21. Parongpong semakin menggiurkan dengan bunga kuningnya, tapi tanggal 3 nggak bisa ikutan bu,
    anak2 mulai ulangan kenaikan tanggal 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya deh bun, gpp ... dsini juga tanggal 3 anak2 mulai ujian kenaikan kelas.
      Mudah2an suatu saat bisa jalan2 ke sini ya ..

      Hapus
  22. aaahhhh cantik-cantik teh... tapi kalau soal nama aku juga gak tahu.. hehehehe :P

    andai yak dihalaman rumah penuh dengan bunga2 cantik kayak gitu.. pasti asyik deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, ini juga bukan di halaman rumah saya kok. Semua bunga di atas itu milik tetangga .. hehehe

      Hapus
  23. kl bunga kuning sy suka bgt sm bunga matahari mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau satu kebun isinya bunga matahari, kesannya gimana gitu ..

      Hapus
  24. setalah aku baca2, postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kunjungannya .. :)

      Hapus
  25. wah kuning2 nih kembangnya..cantiksnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih .. apa kabar nih ...

      Hapus
  26. Teh, kapan nampilin foto2 bunga berwarna ungu? hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, di catet deh permintaannya .. :D

      Hapus