Rabu, 11 April 2012

Aneka Bunga Hias

Suka bunga ? Biasanya para perempuan yang lebih menyenangi bunga di banding kaum lelaki. Termasuk ibu, suka mengagumi & melihat bunga yang indah-indah. Hanya saja, jangan di suruh merawatnya, ibu tidak suka berkebun.

Daerah Parongpong, terutama desa Cihideung, terkenal dengan wisata bunganya. Karena hampir sebagian besar penduduk disini adalah petani bunga. 

Beberapa waktu lalu, ibu mengunjungi rumah seorang teman yang memang petani bunga. Di halamannya yang luas itu, banyak sekali aneka bunga dan tanaman hias. Mata benar-benar di manjakan dengan warna-warni bunga. Apalagi tetangga kiri kanan juga berjualan tanaman hias, pemandangan yang indah.









Sebagian tanaman hias yang sempat ibu potret

Tuh liat, halamannya penuh dengan bunga kan ...

Sebenarnya ibu di tawari mau tanaman yang mana, tapi ibu menolak. Bukan apa-apa, sudah berulang kali ibu punya tanaman hias, ada yang beli atau di kasih, tapi nasibnya semua sama. Berakhir tragis, hehehe. Layu dan mati begitu saja. Atau diminta sama kerabat yang berkunjung kesini. Dan Mbah-nya Fauzan termasuk orang yang murah hati jika dimintai tanaman, apapun diberikan. Pernah punya pohon anggrek yang mahal & bagus, diberikan begitu saja saat ada yang minta. Waktu ibu protes, jawaban Mbah cukup menohok, "Wong kowe ora gelem ngurus kok ..." Hihihihi, iya juga sih.

Kenapa bukan Mbah yang mengurus tanaman hias, padahal beliau suka berkebun ? Mbah-nya Fauzan itu aneh, beliau hanya suka menanam tanaman yang hasilnya bisa dimakan. Seperti tanaman buah, sayuran ataupun tanaman obat. 

Walau di rumah sedikit tanaman hias, tapi bersyukur tinggal di Parongpong. Karena setiap saat bisa menikmati keindahan bunga-bunga itu tanpa perlu merawatnya, tinggal melirik halaman tetangga kiri kanan... :)

Yuk atuh kapan mau jalan-jalan ke Parongpong (lagi) ...

62 komentar :

  1. industry bunga sekarang masih lesu setelah tahun lalu terlalu cepat boomingnya... saya memang suka bercocok tanam, karena bisa merasakan karyaNya yang indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya udah sejak beberapa thn yg lalu industri bunga lesu, ini yg saya dengar dari teman sy itu. Sudah banyak petani bunga yg beralih profesi.

      O iya, sy susah mau komen di blog applausr, kenapa ya ..

      Hapus
    2. teh apa jaman sekarang udah banyak yang lebih suka ke Bunga bank kale ya..hhe

      Hapus
    3. kalo Bunga BANK sih aku juga suka Mbak!!
      hehehhehee
      gampang ngurusnya, alias gak usah diurus sama sekali
      hehehee

      Hapus
    4. @mama olive, hihihi .. bunga bank lebih gampang digunakan ya ..

      @Elsa, tinggal gesek ya mbak .. :D

      Hapus
  2. Waahh jangan tanya masalah bunga sama aku deh..
    Asli ga tau nama2 bunga,yang tau cuma ros,melati,matahari..pokoknya yang nge trend ..

    Teh, aku perempuan tapi kenapa ya ga seneng sama menanam bunga, coba lihat di halaman rumah asli ga ada penghijauan..
    Sebatas penikmat indahnya bunga aja..
    Ya gitu tanganku panas ga pernah berhasil menanam pohon..

    Toss ahh sama Mbah..
    Suka pisan kalo menanam pohon yang menghasilkan buah..
    *pohon jambu ada*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo..kita kopdar di Parongpong lagii
      Siapa yang mauu ikut..??
      Kita tea walk lagi..
      Yuuk???

      Hapus
    2. aku mau dong Mbak....
      tapi sayangnya kok jauhnya minta ampun yaaa
      hehheee

      Hapus
    3. @mama Olive, masih mending suka menanam pohon buah, sy mah bener2 gak suka berkebun, cuma suka menikmati hasilnya aja. Jarang hidup kalau coba2 nanam.
      Sok atuh cari waktu luang buat tea walk lagi ..*ke garut aja gak jadi melulu, hehehe ..

      @Elsa, kalau deket kayaknya udah daftar duluan ya mbak .. hehe

      Hapus
  3. Aku suka banget berkebun bungaaaaa!
    Wah, seneng ya tinggal di daerah sejuk, bunga betah numbuh.
    Di sini, Pekanbaru, panas membara, susah nyari bunga yang macem2. Umumnya yang jual itu samaaaa semua bunganya.

    Kalo gak ya mbak yang jual online disana? Aku mauuuu ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener ya, pekanbaru panas membara??
      sebegitunya....
      hehehheee

      aku juga suka banget kebun bunga, melihatnya jadi seger dan bahagia gitu (ciieeee...)
      tapi sama sekali gak pandai merawat
      hehehe

      Hapus
    2. Hahaha...orang Jakarta klo kesini, selalu bilang, Pekanbaru panas banget ya? Nah loh?

      Krn suka banget bunga, halaman rumah jadi eksperimen, merawatnya paling siram min sekali sehari trus dipupukin sekali sebulan ^_^
      Bunganya yang gampang aja sih, klo yang susah, aku juga gak bisa mbak Elsa hehehe...

      Hapus
    3. @mayya, teman saya ada yg tinggal di pekanbaru, memang panas ya ..
      Iya mbak, ada bunga yang ngga cocok di tempat panas, hasilnya malah ngga indah.

      @Elsa, hehe .. kok banyak yg senang jadi penikmat aja ya ..

      Hapus
  4. Ralat:
    Klo mbak tau gak yang jual online? *tiba-tiba salah ngetik Hehehe*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg online sy gak tau mbak. Yang saya tau, banyak petani bunga di sini yg membawa bunganya ke daerah sumatera juga.

      Hapus
  5. cantik-cantik bunganya...
    Parongpong teaaaaa.......
    hehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih atuh, Parongpong .. *sombong .. hehe

      Hapus
  6. Itu seperti ayah dan ibu saya. yang ditanam adalah tetumbuhan yang bisa diambil manfaatnya langsung. Saya sendiri mau merawat bunga, keknya gak sempat. Akhirnya malah tanam pohon buah dan pohon kenanga di depan rumah yang perawatannya lebih gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bisa diambil manfaatnya langsung, mungkin lebih bearasa ya mas .. :).
      Sy dulu punya pohon kenanga, akhirnya di tebang juga sama bapak saya.

      Hapus
  7. Saya suka berkebun, suka bunga, suka warna warninya, suka saat melihat kupu hinggap di ujung kelopak bunga, tapi udah lamaaa rasanya nggak berkebun, haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, mas Hakim sih gak usah berkebun, tinggal naik gunung aja kalau mau lihat yang hijau-hijau .. hehe

      Hapus
  8. sy suka bunga hias, tp sy juga gak bs ngerawatnya.. yg telaten sm tanaman tuh suami.. Nurun dr mamahnya.. Semua tanaman termasuk bunga2 hias di halaman rumah semua suami yg rawat.. Sy cukup jd penikmat aja, apalagi kl bunga2nya udah bermekaran ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan atuh ya, halaman rumah berwarna berkat suami .. :)

      Hapus
  9. Bunganya cantik-cantik sekali, sekarang disini juga sudah mulai musim tanam bunga mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pasti sebentar lagi musim berbunga ya mbak . pasti sama indahnya.

      Hapus
  10. Yang punya usaha pasti senang terus, ya? Setiap hari berada di tengah-tengah kesegaran bunga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan terhiburlah melihat bunga meski penjualan bunga menurun ...:)

      Hapus
  11. Aku juga suka sama bunga teh. Sayang, cuaca Palembang yang panas agak kurang cocok sama tanaman berbunga warna-warni, jadinya di halaman rumah cuma ada tanaman yang berdaun aja. Yang ada bunganya cuma bougenville sama kamboja, karena termasuk tahan panas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering kejadian, kerabat atau teman yg datang kesini membeli bunga2 itu. Eh, pas dibawa ke tempat mereka, ternyata hasilnya tidak seindah di sini. Ternyata cuacanya tidak cocok.
      Memang hrs pilih2, sesuai cuaca.

      Hapus
  12. Ibu hasil jebretannya bangus2 banget :)

    Aku suka berkebun, walau tanaman hiasku seadanya, hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting ada tanaman .. hehe

      Hapus
  13. seger pisan ningali fotona teh, aku suka bunga hias tapi gak suka nanam, kasian kalo ditanam sama aku, qiqiiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja atuh ... hehe, kesini lagi atuh, biar bisa liat bunga warna warni.

      Hapus
  14. Mauuuu...mau jalan2 ke Parongpong lg, liat bunga2 beraneka warna en sejuk kek gitu bikin seger bu ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu .. hayu, ntar cari rute baru, bedain sama jalan2 yg kemarin itu.

      Hapus
  15. asyik banget rumahnya itu, sudah kayak taman bunga saja ya ... cantik-cantik ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah teman saya mbak, kalau rumah saya sih, biasa aja, hehe ..
      Disini memang di kenal wisata bunga cihideung, hampir sebagian halaman rumah di jadikan tempat berjualan tanaman hias.

      Hapus
  16. Salam kenal Mbak :) "Karena setiap saat bisa menikmati keindahan bunga-bunga itu tanpa perlu merawatnya, tinggal melirik halaman tetangga kiri kanan... :)" > punya pikiran yang sama nih kita hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar gak repot ya .. hehe

      Salam kenal juga .. :)

      Hapus
  17. nasib kita sama ternyata bun, selalu tragis dengan tanaman hias :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi .. tangannya panas kata orang2 mah ..

      Hapus
  18. idem sm mimi....mimi malah emg ga doyan miara apa2 bu, males semales2nya .

    malah yg rajin nanem mah si ayah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya Mimi males segalanya kecuali yang berbau Korea ? hihih ... *pisssss ....

      Masih beruntung ada si ayah ya, jadi halaman gak kerontang banget .. :D

      Hapus
  19. Balasan
    1. hayu kesini mbak, liat kembang yg cantik2 ...

      Hapus
  20. wah mbak, itu kalo saya kesana pasti betah banget. adem ayem gitu rasanya dan koleksi bunganya cantik2 bangetttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. koleksi bunga milik orang lain kok, hehe ..

      Hapus
  21. foto-fotonya bagus2 teh, pinter ambil fotonya. Harga lebih murah ya teh bunga disana dibanding di bandung?aku suka tanem bunga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga bisa lebih murah kalau kita tau dimana membelinya, kalau yang di pinggir jalan biasanya mah rada mahal, karena harga turis .. ;)

      Hapus
  22. duh, indah nian pemandangannya mba.... bener banget, mata dimanjakan oleh indahnya bunga aneka bentuk dan warna... semoga suatu hari nanti bisa berada disana....

    Kalo saya senang banget nanam bunga mba,sayangnya saat ini terpaksa nge kost, hehe...jadi ga mungkin donk ngutak atik halaman ibu kost, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ... mudah2an suatu saat nanti mbak Alaika bisa sampai ke tempat saya ini ya .. di ajakin liat2 bunga deh.

      Hapus
  23. cakep2 bunganya, apalagi yg motret :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih, yang motretnya siapa ya ... *toleh kiri kanan .. :D

      Hapus
  24. Fotonya cakeeep. Pake lensa makro kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan lensa makro yg khusus, hanya di kameranya di setting buat motret makro. Ini motretnya bukan pakai DSLR kok ...

      Hapus
  25. waoooow, fotonya keren. pengen punya bunga ah nanti di halaman rumah :) #lama ga kesini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekeren yang motretnya kan .. hihihi

      ah, enakan punya bunga bank .. :D

      Hapus
  26. Teteh, bunganya bagus-bagus banget. Ga percaya ada orang yang telaten banget ngurus bunga segitu indahnya (menilik diri sendiri:( yang ga bisa banget merawat bunga:(

    Ohohoh, kalo Hanuun liburan ke Bandung pengen main ah tempat aa Fauzan, boleh yaaaa...;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Hanuun, diantos di Parongpong nyak ...

      Hapus
  27. indah sekali bunganya :)
    order buat pacar tercinta bisa nda yaaaaaa

    BalasHapus