Kamis, 08 Maret 2012

Memotret dengan hati

Lupa lagi, sejak kapan suka memotret. Yang pasti, ibu suka menyimpan kenangan. Mau tulisan ataupun foto. Serasa ada yang kurang jika jalan-jalan atau acara kumpul-kumpul tanpa berfoto. Koleksi foto ibu jaman sekolah termasuk lengkap lho, beberapa teman sampai heran, kok ibu punya foto-foto itu padahal mereka tidak. Sementara kenangan dalam bentuk tulisan, ada di buku harian ibu. Dari diary yang wangi dan penuh warna warni, sampai di buku tulis biasa. Dan semua yang ibu tulis sejak kelas 6 SD itu masih ibu simpan sampai sekarang.

Sewaktu membaca tulisan Mbak Monda yang judulnya belajar  memotret, hampir sama dengan yang ibu alami. Ingin sekali mempunyai kamera yang besar & berlensa panjang itu. Selama ini ibu hanya memakai kamera saku yang harganyapun tidak terlalu mahal. Tapi kok ragu-ragu ya, apalagi harganya yang, hmmm ... lumayan sekali.

Sejak beberapa bulan yang lalu ikut salah satu grup Fotografi di FB. Disini ibu banyak belajar dari mereka yang memang sudah senior dan tahu banyak tentang ilmu Fotografi.  Hasil foto mereka keren-keren deh. Tapi mereka tidak pelit ilmu. Awalnya juga minder mau ikutan pamer foto hasil jepretan ibu. Tapi lama-lama, cuek aja deh. Ibu sering upload foto-foto ibu, kadang di komentari baiknya seperti apa. Toh hasil foto masih bisa di edit memakai photoshop atau program yang lain. Selama editnya hanya crop atau warna.

Bukan masalah kamera apapun, selama kita sudah sehati dengan kameranya, pasti hasilnya ok. Pakai kamera yang canggih, kalau masih belum bisa memakainya, hasilnya juga biasa aja. Malah sibuk atur settingan di kamera dan momen yang mau kita potret keburu hilang. 

Pengalaman ibu juga sih, selama ini pakai kamera saku yang sering ibu bawa kemana-mana. Ibu bisa memotret orang yang loncat dengan hasil bagus dan giliran pakai kamera yang sedikit canggih, malah ngga bisa. Bingung sendiri, karena belum kenal. Harus belajar lagi dari awal. 

Ini beberapa foto ibu, belum sekeren hasil foto teman-teman yang lain, seperti Una atau Asop yang hasil memotretnya cakep-cakep :



Sebagian lagi bisa lihat di sini.

Seperti yang Mbak Monda bilang, pokoknya sering-sering memotret, pakai kamera apapun. Yang pasti, memotret dengan hati, pasti hasilnya bagus.

Buat Mbak Monda, ikut gabung di Rumah Kayu Fotografi yuk ... Asik lho bergabung disana, karena setiap minggu selalu ada tema foto yang berbeda buat di tampilkan.

“Tulisan ini diikutkan  pada  Giveaway Pertama di Kisahku bersama Kakakin

 

16 komentar :

  1. Bener bu. Kamera apapun gapapa yang penting orang di belakang lensanya. ;)
    Foto yang pertama cakep mbak.
    Yang kedua agak underexposed~ tapi awannya keren :-bd

    Ahahaha namaku kok disebut @_@ Aku juga masih belajar bu. :D

    BalasHapus
  2. Ih...itu fotonya Aa keren lho Bu...

    BalasHapus
  3. Foto Ibu emang keyyeenn banget :)

    Motret dengan hatinya dah terasa banget...

    BalasHapus
  4. aih, fotonya keren banget deh bu...

    BalasHapus
  5. wah dapat link dari ibu, makasih ya .... coba ah...paling nggak liat2 dulu
    setuju, fotonya AA cakep

    terima kasih ya bu udah ikutan

    BalasHapus
  6. Sepertinya kegiatan fotografi menarik ya mbak... Banyak sekali orang yg menekuni hobi fotografi itu. Jadi pengen belajar juga deh... hehehe

    BalasHapus
  7. Ibu juri datang.. :)
    Akhir2 ini sangat gencar orang2 membicarakan tentang kegiatan potret memotret :)
    Senang sekali bisa menikmati karya fotografi yang indah2 :)

    BalasHapus
  8. pas banget, saya jadi ikut nebeng link itu
    lagi belajar motret juga,
    Bu Dey hebat dah berani majang fotonya
    eh saya juga udah ding
    tapi seadanya hahaha

    good luck ya Bu Dey di kontesnya K'Monda :)

    BalasHapus
  9. Waaaah, kita ikutan lomba di tema yang beda ya Dey, untunglah...karena foto-foto itu memang bukan keahlia saya banget..hehe, keren pisan potretna...hebat euy!
    :D

    BalasHapus
  10. wiihh hasil fotonya kereennn.....aku jadi pengen belajar fotografi juga...mksh sharingnya...lgsung buka link yg dimaksud...sukses utk kontesnya

    BalasHapus
  11. terkadang di foto itu dengan tidak sengaja suka hasil yang sangat baguss,,,

    BalasHapus
  12. aq suka foto yang pertama....
    keren lho...

    BalasHapus
  13. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus