Kamis, 17 November 2011

Anggaran Belanja Bulanan Sang Komandan

Sebenernya bingung juga uy bikin anggaran seperti soal yang Pakdhe kasih. Karena ibu ngga pake PDAM (air langsung dari gunung, bayarnya cuma Rp 10.000/bulan), ngga pake AC (disini AC-nya alami, di gunung gitu lho), bayar listrik gak pernah lebih dari Rp 100.000/bulan (bulan November ini  malah cuma bayar Rp 63.000), gak punya dispenser (masih suka ngerebus air kalo perlu air panas), gak punya BB (punya sih BB, tapi Berat Badan .. hehe).
Tapi bapaknya Fauzan yang penasaran, sampe-sampe gak nonton pertandingan bola Indonesia - Malaysia demi menyelesaikan soal ini. (beu, segitunya). 

Langsung deh, ini jawaban kami (lebih tepatnya sih, jawaban bapaknya Fauzan).



Berlangganan listrik dengan batas daya 2200 VA, biaya pemakaian per kWh Rp. 650,- (harga berdasarkan PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2011 TENTANG TARIF TENAGA LISTRIK YANG DISEDIAKAN OLEH PERUSAHAAN PERSEROAN (PERSERO) PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA) Sumber : http://ngada.org/ps8-2011.htm

·       Dua buah AC yang terpasang di kamar tidur.
·       Kamar / Ruang kerja
            Air Conditioner (AC) 0,5 PK = 500 watt dipakai selama kurang lebih 8 jam
= 500 watt x 8 jam x Rp. 650,-
                        = 4000 watt x Rp. 650,-
                        = 4 kWh x Rp. 650,-
                        = Rp. 2.600,- / hari
·      2 AC x 30 hari x Rp. 2.600,- = Rp. 156.000,-
·       Kulkas.
·      Kulkas 7 Pintu (ada gitu) ok yang 2 pintu aja
            = 150watt x 24 jam x Rp. 650,-
            = 3600 watt x Rp.650,-
            = 3,6  kWh x Rp.650,-
            = Rp. 2.340,- /hari
·         Rp. 2.340,- x 30 hari = Rp. 70.200,-
·       Rice cooker.
·       50 watt
                        = 50 watt x 1 jam x Rp.650,-
                        = 0.05 kWh x Rp. 650,-
                        = Rp. 32.5,-/hari
·         Rp. 32.5,-/hari x 30 hari = Rp.975,-
·       Dispenser.
·       200 watt
                        = 200 watt x 24 jam x Rp.650,-
                        = 4800 watt x Rp.650,-
                        = 4,8 kWh x Rp 650,-
                        = Rp. 3.120,-/hari
·         Rp. 3.120,-/hari x 30 hari = Rp. 93.600,-
·       Tiga buah TV.
·       100 watt
                        = 100 x 12 jam x Rp.650,-
                        = 1200watt x Rp.650,-
                        = 1,2 kWh x Rp 650,-
                        = Rp. 780,-/hari
                        = Rp.780,-/hari x 3 tv x 30 hari = Rp. 70.200,-
·       Pesawat Tilpon.
·       Pemakaian rata-rata temasuk abodemen Rp. 100.000,-
·       Tiga buah handphone.
·       Rata-rata 1 handphone diisi pulsa 50.000 = Rp. 150.000,-
·       Sebuah mobil berbahan bakar premium.
·       50 ribu / hari
·       Pemakaian seminggu rata-rata 2 hari
= 8 kali pemakaian x Rp. 50.000,-
= Rp. 400.000,-
·       Sebuah komputer.
·       100 watt
                        = 100 x 12 jam x Rp.650,-
                        = 1200 watt x Rp.650,-
                        = 1,2 kWh x Rp 650,-
                        = Rp.780,-/hari
= Rp.780,-/hari  x 30 hari = Rp. 23.400,-
·       Dua buah laptop.
·       Masing-masing 50 watt
                        = 50 watt x 8 jam x Rp.650,-
                        = 400 watt x Rp.650,-
                        = 0.4 kWh x Rp. 650,-
                        = Rp. 260,-/hari
·         Rp.260,-/hari x 2 laptop x 30 hari = Rp.15.600,-
·       Dua buah kompor gas
·       2 tabung gas @75.000 = Rp.150.000,-
·                   Speedy Rp. 215.000,-
·       Blackberry Rp. 100.000,-
·       Air PDAM  Rp.100.000,-

Tambahan, mungkin komandan lupa (untuk listrik).
-       Setrika 300 watt
= 300 watt x 1 jam x Rp,-650
= 0,3 kWh x Rp. 650,-
= Rp. 195,-/hari x30 hari = Rp.5850,-

-       Lampu total seluruh rumah 300 watt
Asumsi pemakaian 5 jam (kan kalo dah malam yang nyala cuma lampu luar aja & lampu kamar, itupun remang-remang)
= 300 watt x 5 jam x Rp.650,-
= 1500 watt x Rp.650,-
= 1.5 kWh x Rp.650,-
= Rp.975,-/hari x 30 hari =Rp 29.250,-

      - Kebutuhan Dapur
         = Beras Rp.200.000,-
         = Minyak Sayur, sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, gula rendah kalori, kopi, susu dll. Rp. 300.000
         = Belanja untuk lauk pauk ke Tukang sayur keliling @25.000,- x 30 hari = Rp. 750.000,- (belanjanya di tukang sayur keliling aja, gak usah ke mall)
       
 Keterangan
 Jumlah
·       Dua buah AC yang terpasang di kamar tidur.
Rp. 156.000,-
Kulkas
Rp. 70.200,-
Rice cooker.
Rp. 975,-
Dispenser
 Rp. 93.600,-
Tiga buah TV.
Rp. 70.200,-
Pesawat Tilpon.
Rp. 100.000,-
Tiga buah handphone.
Rp. 150.000,-
Sebuah mobil berbahan bakar premium.
Rp. 400.000,-
Sebuah komputer.
Rp. 23.400,-
Dua buah laptop.
Rp. 15.600,-
Dua buah kompor gas
Rp.150.000,-
Speedy
Rp. 215.000,-
Blackberry
 Rp. 100.000,-
Air PDAM
Rp. 100.000,-
Setrika 300 watt
Rp.5.850,-
Lampu total seluruh rumah
Rp 29.250,-
Beras
Rp.200.000,-
Kebutuhan sehari-hari
Rp. 300.000,-
Tukang sayur keliling
Rp. 750.000,-
Tidak terduga
Rp. 500.000,-
Total
Rp.3.430.075,-

 Artikel ini diikutsertakan pada Kuis Anggaran Belanja Bulanan di BlogCamp.

*UPDATES 
Berdasar koreksi Mama Raja yang memang kerja di PLN, tarif rumah tangga per kWh = Rp 795,-
bisa jadi total anggaran lebih dari segitu.
Mudah-mudahanan aja hitung-hitungan di atas bisa membantu teman-teman yang lain kalau mau menambah alat elektronik di rumah.
Yang pasti, itu bukan anggaran rumah tangga kami lho ya ... soalnya barang-barang yang kami miliki tidak sebanyak itu, seperti yang ibu bilang di awal tulisan ini.

41 komentar :

  1. Wah ayahnya Fauzan rajin juga otak-atik angka ya..? Teliti juga perhitungannya mbak. :)

    BalasHapus
  2. Spertinya utk acara yg ini aku gak ikutan deh mbak... bingung sih.
    Semoga menang ya mbak.

    BalasHapus
  3. Aaaahh...pasti menang ini maaah, meni detail gitu, ada undang2nya segalaaa. udah ah Orin ga ikutan ajjah :p

    BalasHapus
  4. Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Saya catat sebagai peserta
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  5. Aduh, hebat Dey, segitu rincinya...hehe, saya paling payah kalo disuruh hitung menghitung anggaran bulanan, udah stress duluan soalnya :D

    BalasHapus
  6. @catatan kecilku itu dia Mbak, saya sih gak bisa disuruh ngitung detail begitu.

    @the others... minta ayahnya Shasa bantuin ngitung aja ..

    @orin masalah menang mah, kumaha Pakdhe we anu jadi juri .. tong pundung tiheula atuh, sok ikutan.

    @Pakde Cholik Matur nuwun Pakdhe, sudah di catat sebagai peserta.

    @Bintang sama kok Mbak, kan ini juga yang ngitung bapaknya Fauzan. Saya mah rada telat kalo disuruh ngitung .. hehe

    BalasHapus
  7. Ini yang ngerjakan Bapaknya Fauzan ya Bu Dey, jadi klo menang yang dapat hadiah Bapak dong hihi..

    BalasHapus
  8. wah mbak dah selesai yah, detail banget..mendekati real kayaknya ...
    punya saya kok utak atik sana sini masih dapat angka yang tinggi...jadi jiper mau ikutan hehhe....palagi situasi inet dirumah lemot bin bolot haduh...tunggu situasi besuk bisa posting nggak dikantor :)
    semoga sukses kontesnya yah mbak :)

    BalasHapus
  9. wah mbak dah selesai yah, detail banget..mendekati real kayaknya ...
    punya saya kok utak atik sana sini masih dapat angka yang tinggi...jadi jiper mau ikutan hehhe....palagi situasi inet dirumah lemot bin bolot haduh...tunggu situasi besuk bisa posting nggak dikantor :)
    semoga sukses kontesnya yah mbak :)

    BalasHapus
  10. rajin nulisna ih..
    saya mah hitungan kasar aja..
    horeaam mikir yg printilan, pdhal ari lagi ga ada mah sok kokoreh.. :)

    BalasHapus
  11. Si tteh hebat..
    detail banget..
    calon pemenang..
    lebih hemat..

    BalasHapus
  12. waduh waduh yang ikut kompetisinya pakdhe ini kok gak ada yang di bawah dua juta ya. di atas 3 juta saja. gaji saya gak sampe segitu per bulan. maklum guru SD

    BalasHapus
  13. rinci sekali bun, aku dibuatin atuh :)

    BalasHapus
  14. lengkap banget. asik nih. keuangan selalu terencana. nyontek anggarannya ya. hehe

    BalasHapus
  15. pemahaman akan kwh nya mantap kali bu, aku harus belajar lagi nih. sukses ya bu.

    BalasHapus
  16. Sip Bu, seru juga ya Bu bermain angka ;)

    Gudlak...

    BalasHapus
  17. Keknya di blogspot bisa bikin tabel ya, Mbak? Saya lihat punya sahabat yang lain juga bisa rapi termuat dalam tabel. Beda kalo yang di WP :(
    Gudlak ngontesnya ya, Mbak...
    Keren nih. Detail banget :D

    BalasHapus
  18. Mbak, yang tarif Rp/kWh Rp 650 itu untuk tarif Sosial 2200 VA. Kalo untuk penggunaan rumah tangga alias dengan tipe tarif R, maka untuk daya 2200 VA Rp/kWh nya sebesar Rp 795 :)

    BalasHapus
  19. @Allisa Yustica Krones nah .. orang PLN dateng, berarti total anggaran bisa lebih dari segitu ya ...
    Makasih koreksinya ibu PLN .. hehehe

    BalasHapus
  20. wuiihhh mani rinci pisan hitungannya...calon juara hehehhe......hebat euuy bapaknya fauzan jago otak atik angka...

    BalasHapus
  21. ga pa2 mbak ga nonton pertandingan Indonesia - Malaysia, soalnya INA kalah, hehehe

    BalasHapus
  22. Sama, Mbak. Aku juga nggak punya BB, adanya Bau Badan..hahahahaha.........

    Kami juga nggak pake PDAM, ada sumur di depan rumah...

    Kalo AC, juga alami. Bertiup diam-diam lewat jendela..hihii...
    *tos Mba Dey*

    BalasHapus
  23. aiihh rinci bener Mbak, jadi makin takut ikutan ini.

    mudah2n menang ya Mbak ;)

    BalasHapus
  24. wow, very detail... cermat sekali... semoga menang ya mba....

    BalasHapus
  25. Waaahh, detil banget! aq ga kepikiran sampe sini. hihi.. sukses ya, mba! :D

    BalasHapus
  26. waah hebat ayahnya Fauzan yg buat nih?hihihi...
    aku juga mbak, anggaran rumah tangga suami yg atur.. wkwwkwkw

    BalasHapus
  27. wah..hebat..hebat...
    btw..tapi kalo bukan anggaran rumah tangga sendiri, lalu itu anggaran rmh tangga nya siapa jeng?

    BalasHapus
  28. wah detail banget analisa dan itungannya,lum pernah neeh ampe menghitung segitu, good luck :D

    BalasHapus
  29. goog luck aja ya :)

    btw, kalo soal anggaran spt ini bj ku yg pinter ngatur :)

    BalasHapus
  30. ibu pake air gunung?? wah enak ya.. seger euy, masih alami. jadi inet waktu KKN di baduy pas jaman kuliah

    BalasHapus
  31. wah mbak salut ,dech perhitungan listriknya bisa se detail itu,,

    BalasHapus
  32. wah..hebat ni mbak dey..lengkap buangeeets..
    BTW kirimannya sudah nyampe ya?? alhamdulillah deh..!

    BalasHapus
  33. seorang ibu yang baik, bisa bikin anggaran belanja yaaa
    aku.. soal tarif listrik aja gak paham sama sekali

    :(

    BalasHapus
  34. set dah.. mahal juga yah akhirnya jatuhnya.. sampe 3,4 juta gitu.. itu belum kalo ada tambahan anak-anak pada dateng dan buat pesta alias makan besar.

    tapi afterall, moga menang yaa bunda dey!

    BalasHapus
  35. air langsung dari gunung. AC = angin cepoi-cepoi alami

    anugerah luar biasa itu ya teh. pikiran pun jadi lebih tentram dan tenang

    BalasHapus
  36. @yuniari Nukti ngga juga Mbak, kan udah biasa, suami yg usaha, hasil dikasiin ke istri .. hehehe

    @Mama Kinan detail krn yg ngerjain bukan saya .. :D

    @hilsya ngan saukur rajin nulis bu, ari ngitung mah tetep hoream ..

    @Nchie banyak yg jauh lebih hemat Nchie ..

    @rusydi hikmawan waduh mas, ini juga karena mengerjakan soal yg dikasih. Sy pribadi juga gak nyampe segini kok.

    @Lidya - Mama Pascal wani piro .. hehe

    @Bayu Hidayat kalo ketauan nyontek, nilainya dikurangi lho ..

    @puteriamirillis hasil searching kok ..

    @Yunda Hamasah seru buat suami saya Mbak, bukan buat saya .. hehe

    @kakaakin tabelnya copas dari word ..

    BalasHapus
  37. @Nia karena istrinya gak bisaeun Mom ..

    @nurlailazahra finalpun kalah lagi ya .. :(

    @DewiFatma tos juga ah ..

    @.:diah:., @alaika abdullah, @Ila Rizky Nidiana, @al kahfi, @arif ssstttt, suamiku GR tuh, karena dia yg ngerjain bisa sampe detail gituh ..

    BalasHapus
  38. @Lyliana Thia, @Ely Meyer biarkan lelaki2 kita itu yang mikir ya .. hehe

    @Desy Noer itung2an buat kontes jeng ..

    @Ummi Nabil air gunung disini masih banyak soalnya ..

    @ketty husnia udah mbak, makasih banyak ya ..

    @Elsa saya juga sehari2 jarang banget bikin anggaran kok, ini soal kontespun yg ngerjain suami.

    @Gaphe bisa hemat kalo pemakaian beberapa alat di kurangi.

    @maminx Alhamdulillah .. berkah.

    BalasHapus
  39. sukses teh Dey, menang tuh artikelnya

    selamat ya ^^

    BalasHapus