Rabu, 26 Oktober 2011

Piala-piala itu yang membuatnya percaya diri

Sejak kejadian Fauzan nangis di pentas sewaktu perpisahan sekolah TKnya itu, ibu jadi merasa bersalah. Sedih, karena Fauzan suka di ledekin teman-temannya, malah kadang ada ibu-ibu yang ikut ngetawain pula. Hiks ... 

Ibu jadi dendam banget deh. Bukan, bukan dendam dengan membalas ngetawain atau cari-cari kekurangan temen-temennya itu. Tapi dengan cara mencari kelebihan Fauzan. Ibu yakin seyakin-yakinnya, setiap anak itu berbeda dan pasti punya sesuatu yang bisa di banggakan. Ibu cuma bilang dalem hati, liat deh, Fauzan bisa juga punya sesuatu kok.


Karena banyak yang bilang Fauzan itu fotogenic, ibu ikutkan lomba foto (bukan lomba model lho ya). Jadi cuma kirim foto dan ngga harus berjalan di atas pentas. Lha, kalo harus tampil di pentas, pasti dia bakal nangis lagi karena merasa ngga pede tampil di depan orang banyak.

Awalnya cuma iseng, ehhh .. ndelalah menang jadi juara favourite. Ikutan lagi, jadi juara harapan 3. Trus dapet lagi juara 2, juara 3, juara harapan 2. Total sampe sekarang dia punya 5 piala lomba fotogenic dan 1 trophy lomba puzzle. Makanya itu, seperti yang pernah ibu bilang, ibu jadi ketagihan ngikutin Fauzan lomba fotogenic.

Puas rasanya, liat Fauzan jadi percaya diri, bisa ngebanggain pialanya kalo ada yang ngeledek soal dia nangis dipentas kemarin dulu itu. Tapi ibu selalu bilang sama Fauzan :

Menang bukan buat sombong & kalah bukan buat putus asa
Karena prestasi, tidak selalu di ukur dengan piala.

Ayo para orang tua, jangan liat anak-anak dari satu sisi aja. Masih banyak sisi lain dari mereka yang bisa di banggakan. Kita sebagai orang tua yang harus pintar-pintar melihat potensinya. Gak gampang sih, itu juga yang ibu rasain. Dulu, sering merasa sedih kalo udah ada yang komentar, Fauzan nakal karena ngeliat dia gak pernah bisa duduk manis di manapun, selalu berlari kemana-mana (didalam rumahpun), selalu teterekelan (memanjat) apapun yang bisa dipanjat, cerewet banget, apapun di tanya, cengeng (gampang nangis kalo di gangguin sodara-sodaranya). Tapi sekarang, komentar-komentar itu malah membuat ibu makin semangat, kalo Fauzan juga punya kelebihan seperti yang lain. Jalan masih panjang buat dia, masih banyak yang harus dia lalui, dan ibu akan selalu ada untuknya, supaya tetap percaya diri.

Berbagi cerita tentang anak sekalian ikutan kontes ahh, yukkk .... batas akhirnya besok lho ....

Meramaikan acara giveaway Rumah Mauna.


Buat Fathan & Azizah, sehat selalu ya Nak ...

40 komentar :

  1. Wahhh bun keren ya Fauzan, Dini anak saya kalau di ajak foto juga suka narsis bun..hanya saja ditempat kami kota kecil jadi agak susah bun.

    Bener bun, disamping kekurangan pasti ada kelebihan , dis amping kelebihan pasti ada kekurangan...jadi bagaimana kita bisa menjadikan anak kita tidak kekurangan terus ya bun.

    Sukses utk kontesnya bun, iya saya udah lita rumahmauna...tapi malu bun, belum kenalan udah ikutan kontes.

    BalasHapus
  2. smoga tetep semangat terus y mbak tuk menjadikan fauzan anak yg berbakat

    BalasHapus
  3. Shasa dulu juga pemalu sekali, Alhamdulillah sekarang dia sudah jauh lebih berani.

    Aku juga barusan mendaftarkan tulisanku utk lomba di Rumah Mauna. :)

    BalasHapus
  4. Aa Fauzan hebat, walau piala bukan ukuran tapi aku setuju Bu bahwa kita harus menggali potensi anak-anak kita untuk berprstasi. Salam untuk Aa Fauzan ;)

    Semoga sucses kontesnya Bu...

    BalasHapus
  5. kalau kecilnya hiperaktif ada yang bilang jika besar akan menjadi pribadi yang pendiam nih Bu Dey..

    Saya doakan deh kelak Fauzan menjadi coperboi go internasional deh

    BalasHapus
  6. alhamdulillah, fauzan fotogenic...
    semoga tetep semangat buat ikut lomba trs y....:)

    BalasHapus
  7. ih fauzan keren ya..:)
    emang pinter gaya kalo lagi dijepret2 hehehe
    BTW semoga sukses ya mbak kontesnya :)

    BalasHapus
  8. betul bu.... setiap anak punya kelebihan atau kekurangan yg keduanya bisa jadi potensi untuk mengembangkan diri...

    BalasHapus
  9. ga cuma anak anak bu
    orang tua juga butuh penghargaan biar jadi semangat
    asal jangan terlalu banyak pujian aja
    tar malah jadi ga terpuji
    hehehe

    BalasHapus
  10. Sepakat Ibuuuuu, tiap anak pasti punya kelebihannya sendiri2, ayo Aa kumpulkan lg pialanya ;)

    BalasHapus
  11. Wah hebat ya fauzan.. banya pialanya. boleh minta satu ga bu?
    hehe

    BalasHapus
  12. Tetap semangat ya Fauzan dan tetap fokus untuk dapat selalu berprestasi.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  13. Wuiih Fauzan pialanya banyak..
    Kreen..
    emang teh mukanya fauzan tuh lucu,fotogenic jangan fotogenit ya..
    baby face halah..

    Ayo Fauzan ikutan lagi..!!

    BalasHapus
  14. terima kasih atas partisipasi sahabat. anda telah tercatat sebagai peserta giveaway pertama rumahmauna "anakku sayang".

    wah ibu dey emang jago ya bisa support fauzan hingga ia bisa berprestasi di kelebihan Fauzan. trims bu sudah membagi semangat dan ilmunya.

    BalasHapus
  15. tapi yang namanya menang memang selalu menyenangkan. :D

    BalasHapus
  16. Makasih Mba, jurnal ini memberikan saya satu pelajaran tentang kalah maupun menang..
    jadi bangga sama Mbak dan Fauzan ;-)

    BalasHapus
  17. kegiatan yg bermanfaat tuh. semoga Fauzan semakin pd ya.

    BalasHapus
  18. iya yg kecerdasan itu tak hanya di bangku sekolah ya mbak :) ada macam2 dan itu yg sering dilupakan yg penting kita terus aja, jgn menyerah,,;-)

    BalasHapus
  19. Allhamdulillah didukung ibu yang hebat ya.Fauzan emang ganteng loh bun

    BalasHapus
  20. Fauzan hebat, tapi ibunya lebih hebat, Dey...tidak berbakat di satu sisi, pasti ada bakat Fauzan lain yang tersembunyi...dan itu, bisa ditemukan oleh ibunya ;)

    BalasHapus
  21. Memang kadang orang suka ngomong tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain ya mbak..

    Fauzan memang ganteng, kalo di foto pas banget, dan ibunya pinter banget ngeliat salah satu kelebihan Fauzan. Pastinya banyak banget kelebihan Fauzan lainnya, tinggal tunggu tanggal maennya aja ;)

    BalasHapus
  22. Iya, bener sekali. Setiap anak khan pny kemampuan sendiri2. Seperti saya, ga suka sekolah. Nilainya biasa2 aja tp disisi lain, saya anak yg mandiri dan tetap bs cari duit sendiri meskipun jalurnya beda hehe

    Sukses buat bu dey sekeluarga.

    Maaf imelnya br bs di konfirm nanti mlm bu, trimakasih :)

    BalasHapus
  23. wah ternyata Fuzan mempunyai bakat nih untuk jadi model foto, semoga cita²nya tercapai...

    Sukses ya Bu dengan giveawaynya...

    BalasHapus
  24. saya sering menasihati keponakan yang punya baby begini: " Jadikan anakmu mempunyai sedikit kelebihan dibanding teman2nya. Jika teman2nya pintar komputer, buatlah anakmu bisa menulis blog". Jika sekelas pintar bahasa Inggris buatlah anakmu memiliki satu klik diatas teman2nya misalnya pintar pidato bahasa Inggris. Jika semua teman sudah bisa membaca Al-Qur'an buat anakmu pintar ceramah agama". Tentu sesuaikan dengan usianya, minat dan bakatnya.
    Dengan demikian maka dia mempunyai nilai tambah dibandingkan teman2nya. Ini penting karena masa depan penuh dengan persaingan yang ketat.

    Hebat Fauzan.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  25. aku juga ikutannnnnn ahahahahhaha *nari2 sambil kayang*

    BalasHapus
  26. wahh pialanya lumayan dah banyak, sukses deh buat fauzan

    BalasHapus
  27. anakku vania pemalu banget Bu, kalau ditempat ramai... tadinya aku mulai minder (aku yg minder), tapi semua orang meyakinkan vania pasti punya sesuatu...!

    every child is special...

    kalau dibaca kelakuan Fauzan yg suka manjat2 dan nggak bisa diam... vania juga kok... tapi itu kan namanya aktif, bukan nakal! Yang nakal itu yg suka mukul dan gigit... *teteup.. galaunya kebawa kemari*

    sorry bu Dey... ^_^

    BalasHapus
  28. Mbak Dey, komennya OOT dulu

    Nope di bandung saya belum dapat. nanti saya mintakan :)

    Masing2 anak punya keunikan dan kepandaian sendiri2 yah, Mbak :)

    BalasHapus
  29. aa fauzan hebaaat euy punya piala banyak. Ikhsan mah ga pernah juara kalao ikutan lomba

    BalasHapus
  30. Wooow hebat B)
    Saya juga punya piala lhoo tapi cuma satu B))

    BalasHapus
  31. hihi lucu uzan (fauzan) nya. pasti sedih ya teh perasaannya anak sendiri diketawain orang lain gitu. alhamdulillah udah mendapatkan sesuatu ya teh. pasti ada kelebihan tiap orang juga. apalagi ni masih anak-anak, masih banyak potensi terpendam :D

    semangatttt

    oh ya gak ajak-ajak teawalk ah pundung :(

    BalasHapus
  32. Pelajaran dari sebuah piala yang mengiatkan kita untuk tetap jalan sesuai RULESnya itulah hidup

    BalasHapus
  33. Fauzan memang fotogenik banget ...
    sampe menang berkali kali gitu
    hebat deh, pasti Fauzannya juga bangga banget ya Bun...

    semoga menang kontesnya

    BalasHapus
  34. Selamat ya mbak menang lagi... menang lagi... Semoga makin semangat nulisnya :)

    BalasHapus
  35. menang ya?

    eike suka banget tulisan ini...

    BalasHapus
  36. idem dengan bunda hilsya...asli saya demen banget tulisan ini..bikin semangat...nice Quote bun..wah inilah asyiknya berbagi didunia maya..bisa berbagi tips parenting gratis....nggak perlu langganan majalah..asli soalnya belajar langsung dari pengalaman orangtua mengasuh dan mendidik putra putrinya..:)

    BalasHapus
  37. dulu aku sering loch kirim foto2 ina waktu bayi untuk ikutan lomba...krna gak pernah menang jadi males hihihi....hebat euuy fauzan pialanya banyak...boleh minta satu ngga heheh....

    BalasHapus
  38. setidaknya fauzan enggak minder lagi..:))

    BalasHapus