Minggu, 02 Oktober 2011

Batikkan harimu! – Batik Garutan yang ceria

Batik, sering banget kita dengar nama itu ya. Apalagi itu adalah salah satu budaya yang kita punya. Bukan orang Indonesia atuh kalo sampe ngga tau apa itu batik.

Batik itu sebenernya proses pembuatan bahan pakaian. Dan kata batik sendiri berasal dari bahasa jawa, amba yang artinya menulis dan titik. Jadi batik itu bukan motif yang ada di kain itu, melainkan cara pembuatannya.

Yang ibu baca di Wikipedia, menurut tekniknya, batik itu ada 3 :

1. batik tulis, memakai malam & canting, bikinnya bisa berbulan-bulan untuk 1 lembar kain
2. batik cap, malam & alat cap (terbuat dari logam), 2-3 hari udah jadi
3. batik lukis, langsung di lukis di kainnya dan tetap memakai malam

Kalau sekarang ada yang disebut batik printing, itu sebenarnya kain motif batik. Seperti kain-kain biasa yang di buat di pabrik, tetapi motifnya mengambil motif batik.

Gimana cara ngebedain antara kain batik tulis, batik cap, juga batik printing ? Gampang kok, cukup liat bagian luar dan dalam kain itu.
Batik tulis, motif di bagian luar dan dalam biasanya sama-sama terang, si motif tembus ke belakang, agak sulit membedakan dalam dan luarnya.
Batik cap, motif di bagian luar terang, dan bagian dalam sedikit kabur, biasanya ada beberapa motif yang tembus sampai bagian belakang
Batik printing, motif bagian luar lebih terang dan bagian dalam bener-bener buram

Satu lagi nih tips buat membedakan, kalo batik tulis & cap, aroma kainnya khas banget. Ada bau malam-nya.

Saat pencucian pertama kali batik tulis & cap, biasanya ada peluruhan warna. Itu bukan luntur, tapi saat pelorotan (kain yg udah di kasih motif terus di rendam di air panas supaya malam lepas dari kain) belum bener-bener bersih. Tapi kalo udah beberapa kali dicuci, peluruhan warnanya juga ilang

Ok, sekarang ibu mah mau cerita tentang kain batik Garutan. Kain batik yang berasal dari kota Garut - Jawa Barat. Ibu pertama kali tau batik Garutan itu, waktu Yana Julio nikah. (buat yang merasa muda, kalo gak tau siapa Yana Julio, searching sendiri aja ya, hehehehe ...). Dia pakai kain batik Garutan buat pernikahannya. Duh, mupeng dengan warnanya yang ceria itu. Tapi saat itu, susah banget cari batik Garutan. Sebatas mimpi aja buat memilikinya

Setelah ibu nikah dengan bapak (yang lahir & besar di Garut), mulai tuh keingetan lagi. Kasak kusuk dimana cari kain batik Garutan. Dapet juga, dikasih tau ama ade ipar, dimana tempat jual batik Garutan dengan harga murah tapi kualitas bagus. Ibu pikir harganya mahal, ternyata ngga lho. Masih dibawah 100 rb rupiah/lembar. Kecuali batik tulis ya, harganya memang di atas 1 juta rupiah.

Awalnya cuma beli beberapa lembar buat dipake sendiri. Iseng-iseng ibu pajang di FB, lha kok banyak yang minat. Wah .. otak dagang langsung muncul. Kenapa gak sekalian jualan aja. Ya gitu deh, akhirnya mulai aktif jadi penjual kain batik Garutan di FB.

Makin kesini, makin banyak yang jualan Garutan di FB, harganya bersaing pula. Belum lagi yang jual dalam bentuk pakaian jadi. Tau ngga, setelah jadi baju, harganya bisa berkali-kali lipat. Dengan kreatifitas, kain batik yang (mungkin) terlihat biasa-biasa aja. setelah jadi baju .. wow.... keren abis. Gak akan malu deh pake batik.

Ibu juga sering lihat di TV, banyak artis/pejabat yang pakai Garutan, keliatan mewah deh. Kok tau sih kalo yang mereka pake itu Garutan ? Hehehe, secara gitu ya, pedagang, udah mulai hapal motif-motif Garutan.

Selain warnanya yang cerah dan penuh pada sisi lainnya, ciri lain dari batik Garutan adalah motifnya yang berbentuk geometrik, selain motif flora & fauna.

Bisa di pake kompakan keluarga, baju dari kain batik garutan .. keren kan ...

kiri = keluarga ibu
kanan = keluarga Ayah Oyo (adiknya ibu)


Siapa bilang gak bisa gaya pake batik .. liat dong dua model ini .. (ibu & anak sama narsisnya .. qeqeqeq ..) 

 Yang kiri, lupa nama motifnya
Yang kanan, motif lepaan bunga daun


Ini mah pose Fauzan kalo ibunya mau foto kain-kain batik dagangan, pasti langsung nyerobot pengen di foto dengan latar belakang kain batik.

Yang kiri warna pink, motif daun talas. 
Yang sebelah kanan warna merah, motif kawung seling kotak (aduhh, motif yg merah ini agak lupa namanya, kalo salah tolong di benerin ya ..)



Kain batik juga dibuat sebagai ikat kepala, biasanya berbentuk segitiga atau segiempat yang disebut iket. Yang Fauzan pake ini bentuknya segitiga. Ini beneran lho, Fauzan seneng banget pake iket ke mana-mana, bukan karena mau di potret.
  Mau tidur, sekolah, main sepeda, main karinding, iket tetep ada di kepala. 
Sekarang sih ke sekolah emang gak pake iket, kan udah SD, jadi gak boleh. Itu dulu saat masih TK, gurunya masih maklum kalo muridnya rada-rada nyeleneh .. hehehe


Ini sebagian motif batik Garutan yang sempet ibu jual :

 kiri atas : motif mata angin, kanan atas : motif cupat manggu
kiri bawah : motif kalung, kanan bawah : cengkeh

 
atas (kiri - kanan) : motif siku, motif adu manis, motif lepaan kupu
bawah (kiri - kanan)  : motif kumeli titik, motif sekar jagat, motif kumeli kumis

Masih banyak lho motif-motif yang lain, tapi gak mungkin di upload disini. Dengan banyaknya motif itu, apa iya masih mau bilang batik itu kuno & hanya bisa di pake orang tua ? Ngga-lah yaw ...
Belum lagi nih ya, motif itu gak sekedar gambar, tapi ada filosofinya, penuh makna.

Terakhir, klik ini aja buat tau gimana cara merawat batik dengan baik & benar, supaya awet & tidak pudar warnanya.

Pokoknya mah, hidup batik !

Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Batikkan Harimu yang diselenggarakan Nia, Puteri dan Orin

Semua foto milik pribadi ya .. boleh pinjem asal nyebutin dari mana asalnya.


31 komentar :

  1. ibu... ga kaciiii
    ini mah promosi terselubung namanya.. hihihi..

    btw, kemarin jd berburu ga? koleksi garutan eike diembat temen tuh..

    BalasHapus
  2. Wah ini mah sambil menyelam minum aer xixi

    Kalo kain kayaknya saya minat bu dey. Tp nunggu di indo dulu aja br pesen. Insyaallah :)

    BalasHapus
  3. duh komplit bgt ulasannya..pasti kalo main ke rumah mbak Dey..segalanya lengkap :)

    ok deh..semoga menang kontes kali ini, biar dapet batik baru dari Mbak Nia :)

    BalasHapus
  4. koleksi batik garutnya keren-keren bun.
    Plus tips buat membedain batik tulis dengan batik yang lain juga oke punya.
    I Love Batik

    BalasHapus
  5. Batik garutan memang keren-keren,Dey...hampir setiap tamu yang datang ke Garut, biasanya saya ajak ke tempat pengrajin batik garutan...hehe, sekalian promosi warisan budaya leluhur kita ;)

    Fauzaaaan, lucu banget sih pake ikat di kepala, tante juga baru lihat karinding pas tinggal di Garut ini, Fauzan malah ternyata udah bisa tiup-tiup karinding segala lo...kereeeeen!

    BalasHapus
  6. @hilsya hihihi, kaci aja ah ...
    blm sempet ke garut lagi uy, pas lebaran juga cuma lewat doang, ntar lah kalo dah ada dikasih tau ..

    @Tarry KittyHolic keselek dong mbak, hehehe ...

    @ketty husnia sy hanya menulis yg saya tau aja mbak, mudah2an berguna juga buat yg lain.

    @Mas Jier I love batik too ..

    @Bintang pasti pengrajin yg disitu ya Mbak, hehehe ....
    Fauzan juga baru belajar karinding, awalnya sih cuma ikut2an bapak + sepupu2nya, lama2 pengen bisa juga.

    BalasHapus
  7. Aih lengkap sekali ulasannya mengenai batik, Bu Dey...
    jadi nambah pengetahuanku tentang batik nih Bu... :-D

    Si Fauzan pake iket cakep bener ya... hihihi...

    Selamat Hari Batik Indonesia! :-D

    BalasHapus
  8. Batik itu mirip lagu dangdhut atau nasi goreng
    Dinikmati pagi gayeng, dipakai siang hari enak, disantap malam hari juga syuuuur
    Jadikan batik bagian dari gaya hidup anda
    Semoga berjaya dalam kontes ini bersama saya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  9. Kalo saya bilang batik itu coretan indah dalam kain

    BalasHapus
  10. Postingan ini aji mumpung.. ya ikut kontes ya promosi terselubung hihi..
    Btw saya suka lihat batik yang dipke ikat kepala itu, keren!!

    BalasHapus
  11. batik yg dikasih ke aku gmn bunda?

    BalasHapus
  12. wew serba batik niyee...
    :)

    BalasHapus
  13. saya naksir semua kain batik yang ditampilin disini mba...

    BalasHapus
  14. wuah lagi2 bahas soal batik,... :p

    BalasHapus
  15. batik dimana-mana... kereeeen

    BalasHapus
  16. yang lepaan kupu keren banget deh teteh...

    BalasHapus
  17. siiip jadi bisa tau aneka motif batik garutan...
    btw, cerita atuh tentang karinding ..itu juga termasuk alat musik tradisional kan teh..?

    Fauzan ganteng pakai iket... udah cinta tradisi ...hebat ...

    BalasHapus
  18. Ibu, Tt ngiler dengan batik garutan yg Ibu pasang foto-fotonya. Semakin berhasrat mengumpulkan kain-kain nusantara. Ibu.....krimi Tt batik garutan donk.... (lho, malah merengek2 di sini...hihi...)

    BalasHapus
  19. motif lepaan bunga daun itu baju,jaket atau hoodie bun?

    BalasHapus
  20. Dear.

    wahhh saingan deehh nampaknyaaa..... tapi gw suka sekali dengan keberagaman motuif dan setiap motif bernama ini menndakan setiap sesuatu ini bukan hanya sekedar di gambar... tetapi ber"identitas"....... saluuteee

    iya betul dimlayasia biasanya adalah batik lukisss... makanya melukisnya juga seeenaknya dewe.... alias suka hati jaaa.... jadi gak perlu pake nama alias identitas....

    Regards.
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  21. Seragamnya keren bun...saya juga, saya suka batik lukis bun..tapi sepertinya saya belum punya batik lukis.

    BalasHapus
  22. wah2 byk y yg ikutan kontes batik kan harimu termasuk blog ini..salam kenal y smoga kontesnya di menangkan,,oh y skalian izin follow kalo berkenan di follow balik

    BalasHapus
  23. Bunda...makasih atas partisipasinya...wah ternyata ini yach motif batik garutan..bener2 khas yachh...beda sama batik dr jawa ato madura......

    BalasHapus
  24. ibu manis ya batik garutan yang warna pink ituh (mupeng), si ganteng fauzan makin ganteng pake ikat kepala batik. makasih ya bu dey udah ikutan batikkan harimu. :D

    BalasHapus
  25. Batiknya motifnya menarik. (wah ternyata terima pesanan ya? hehehe...

    BalasHapus
  26. Aku pertama kali tahu batik garutan saat Ibu buat Giveaway yang hadiahnya batik ini, suka cerah cerianya :)

    BalasHapus
  27. Duh Aa, meni kasep ih pake iket kepala trus main karinding..

    BalasHapus
  28. pada foto pertama, keren deh, suami, istri, anak, semua berbatik

    BalasHapus
  29. Batik memang keren, deh!

    Terpesona sama Fauzan dengan iket kepala batiknya, hehehe...

    BalasHapus