Jumat, 19 Agustus 2011

Tumpeng Ngetril61 - Gunung Meletus

 "Lha kok namanya Tumpeng Ngetril ? Itu bagaimana maksudnya,Pakdhe ? Yup, ya tumpeng yang aneh-aneh gitu, baik bentuk, asesoris maupun rasanya"

Nah, karena kata yang punya hajat, tumpeng yang aneh-aneh, jadi ibu bikin bukan nasi kuning, tapi nasi goreng ! Hmm, termasuk aneh gak sih ....

Kenapa juga gunung meletus ? hihihihi, Fauzan yang kasih nama. Waktu liat tumpeng itu, dia nyeletuk, "Wah, bagus .. kayak gunung meletus !", qeqeqeq ....  Kata dia, daun mint yang dipasang di ujung tumpeng kayak lahar kalo gunung meletus ...




Bikin tumpeng ini 2 hari yang lalu, buat buka puasa Fauzan yang memang minta di buatin nasi goreng (Fauzan puasanya cuma sampe Dhuhur). Sekalian buat makan siang ibu (ssttt, ibu sedang gak puasa waktu itu).

Nasi gorengnya dicampur mie rebus, mirip-mirip nasi goreng mawut kalo di Jawa Timur.
Lauknya : ikan salem bumbu merah, semur ati sapi, dadar telur, sosis goreng yang di bentuk hati
Hiasannya (sekalian buat lalap) : tomat, daun mint, daun kemangi

1. Nasi goreng
Bahan :
- Nasi 2 piring
- 1 bungkus mie instan yg direbus lalu ditiriskan (tanpa bumbu)
- 1/2 bungkus bumbu instant nasi goreng
- Kecap sesuai selera
- Minyak goreng/margarin secukupnya

Cara membuat :
- Tumis bumbu nasi goreng dengan minyak/margarin sampai harum
- Masukkan nasi, aduk-aduk
- Masukkan mie rebus yang telah di tiriskan
- Tuang kecap, aduk lagi hingga semua bahan benar-benar tercampur rata
- Setelah matang, cetak menggunakan daun pisang yang telah di bentuk kerucut.

2. Ikan salem bumbu merah
Bahan :
- Ikan Salem
- Jeruk nipis
- Minyak untuk menggoreng
- Sedikit air

Bumbu yang dihaluskan
- Bawang merah
- Bawang putih
- Cabai merah
- Kemiri
- Garam
- Gula merah

Cara Membuat :
- Ikan yang telah dibersihkan di lumuri air perasan jeruk nipis
- Diamkan beberapa saat, lalu goreng sampai berwarna kecoklatan & tiriskan
- Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum
- Masukkan ikan yang tadi telah digoreng
- Tambahkan sedikit air, masak dengan api kecil hingga air habis

3. Semur ati sapi, haduhhh .. maaf, yang ini ngga bisa ngasih resep. Bukan bikinan sendiri,  masakan ini kiriman neneknya Fauzan. Rumahnya jauhan nih, jadi  gak bisa tanya cara membuatnya...*halah, bilang aja gak niat, kan bisa telpon .. hehehe.

4. Dadar telur yang dipotong kecil-kecil
Bahan : 
- Telur
- Sedikit garam

Cara Membuat : semua pasti udah bisa ... 

5. Sosis goreng
Sosisnya di potong miring, setelah di goreng, disatukan memakai tusuk gigi hingga membentuk hati. 
Sebagai tanda cinta nih buat Pakdhe ... :)

Nah, setelah semua bahan siap, di hias deh. Karena memang jiwa seninya dikit banget, jadinya seperti ini aja. Tapi tetep lho, membuat ini sepenuh hati. 

Ini buat Eyang Cholik dari Fauzan, selamat bertasyakur dengan semua yang sudah dijalani & semua yang telah di miliki. Semoga masih banyak lagi hari-hari yang akan dilalui, dengan selalu berbagi ilmu (berbagi hadiah juga sih ..) lewat blog-nya. Yang pasti, selalu bahagia di kelilingi orang-orang tercinta.

Mau ikutan bikin tumpeng ngetril juga ? Sok mangga .. diantos di dieu ..


32 komentar :

  1. Minat ama ikannya bu, hehe
    Punya saya bikinnya asal2an ga biaya pula xixixi

    BalasHapus
  2. hebat..kreatip euy.. *ga punya ide kalo disuruh masak*

    BalasHapus
  3. jeng namanya tambahi angka 61 " Tumpeng Ngetril61-...
    Silahkan dirubah, nanti saya kembali lagi.
    Tak nengok Pasar Antri sebentar.
    Salam hangat

    BalasHapus
  4. wah ini siiiip markusip mbak,..
    jarang2 ada nasi goreng di bikin gunungan hehehehe

    lauknya sederhana tapi tetep aja nikmat, ..i love it!

    BalasHapus
  5. Saya telah memperhatikan tumpeng anda dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    BalasHapus
  6. Walaaaah, ada tumpeng dari nasi goreng disini!
    Unik banget idenya, Dey...nama tumpengnya juga keren...hehe, Fauzan ternyata udah pinter ngasih nama :D

    Sukses, Dey!

    BalasHapus
  7. Wah keliatannya enak tuh Bu Dey..
    Fauzan, bagi dong nasi gorengnya.. Hihihi.. ^_^
    Sukses kontesnya, Bu Dey.. :-)

    BalasHapus
  8. wah tumpeng versi Fauzan ya "Tumpeng Gunung Meletus" semoga tumpeng itu membwa berkah sukses ya Bu....hehehe

    BalasHapus
  9. hihihihi
    itu nasi goreng kegemaran kami di sini,
    hampir juga bikin seperti itu,
    tapi ga jadi krn kuatir ga bisa berdiri hehehe ... eh ternyata cantik ...

    sukses ya Bu :D

    BalasHapus
  10. Aduuuuh...Orin blm buat nih Bu...tapi unik lho, tumpengnya nasi goreng, hebat Bu teu rubuh hohoho...

    BalasHapus
  11. wahhh nasi goreng dibikin tumpeng yachhh...keren mom.....jadi ngilerrr.....

    BalasHapus
  12. Tumpengnya keren, mbak Dey, dan Fauzan ganteng banget lho di foto itu!

    Belom pernah nih bikin nasi goreng dicampur mi gitu. Jadi pengen nyoba, nih, suami pasti suka :D

    BalasHapus
  13. mauuuuuuu dunk...
    kirim sidoarjo sejam sampai yaa :D

    BalasHapus
  14. wah dikasih resep juga, jd pengen bereksperimen nih :D

    BalasHapus
  15. tumpeng ngetril yang keren...

    BalasHapus
  16. kayaknya sy mo coba nih, mumpung esok weekend..thanks mom, smg menang yah

    BalasHapus
  17. Cantik, keren, kreatif..huhu... Tapi kok bisa dibentuk runcing gitu ya Mbak? Kok nggak rubuh? Kan nasi goreng..

    BalasHapus
  18. Nasi tumpeng keren nie,. jadi ngiler mau makan juga,.

    BalasHapus
  19. imajinasi Fauzan okeh lho, kasih namanya keren

    BalasHapus
  20. salam kenal mbak dey :) wah tumpengnya kreatif, nge trill nieh tumpeng dari nasi goreng :) namanya juga unik, Aa fauzan pinter juga kasih nama :) semoga menang yah mbak

    BalasHapus
  21. Wehehe tumpeng buat kontes rupanya :D
    Semoga menang :D :D

    BalasHapus
  22. wah... bwt lapar beneran ne bu, fauzan dah smangat tu di depan tumpengnya. hehehe
    smoga sukses ya kontesnya dhe doain

    BalasHapus
  23. Ibu Dey, daun mintnya dipakai lalap? jadi bisa dimakan gitu? klo di Surabaya kok saya belum pernah lihat baun mint ya?
    Btw tumpeng nasi gorengnya bikin lapar... :)

    BalasHapus
  24. kuduna namanya tumpeng bitu hehehe pakde bingung paling

    BalasHapus
  25. wah, enak sepertinya nih mba. Salam kenal ya mba

    BalasHapus
  26. Wuuuiiih, belum ada posting baru ya, Dey?
    Ehm...balik lagi aja deh ;)

    BalasHapus
  27. Deeeeey, kalo lebaran besok kita tlisipan jalan, kapan-kapan kalo lewat atau berkunjung ke garut lagi mampir lo ya...bener, saya tunggu dengan senang hati, dan mudah-mudahan sayanya juga lagi ada di rumah... ;)

    BalasHapus
  28. Tumpeng oh tumpeng kau telah mengetrilkan lidahku

    BalasHapus
  29. foto tumpengnya bikin ngiler :) .... good luck ya :)

    BalasHapus
  30. hmm nyam nyam keliatan enak mba tumpengnya
    Good luck mbaa ^^

    BalasHapus