Selasa, 02 Agustus 2011

Puasanya Fauzan

Fauzan itu, selalu semangat kalo dibangunin buat sahur, tapiiii ....puasanya ? Hihihi, baru jam 8 pagi udah merengek minta makan. Padahal kalo sedang gak puasa, buat sarapan aja rada susah.
Kemarin, malah teriak-teriak dari halaman rumah, "Ibu, aa teh laper, udah gak kuat."
Ibu pura-pura gak denger aja. Trus ibu alihkan perhatiannya. Ibu ajakin becanda, main game, dsb. Berhasil sampe dhuhur. Setelah itu tidur sampe jam 3 sore. Nahhhh .. bangun tidur, keinget lagi tuh ama lapernya. Pake acara nangis segala pas guru ngajinya dateng. Sampe akhirnya gak ngaji, gurunya cuma ngedongeng aja tentang puasa plus ngapalin doa-doa pendek.


Setelah guru ngajinya pulang, jam 16.30 wib, baru deh ibu bolehin makan kue sama minum air putih, makan tahu & dibikinin teh manis. Menjelang maghrib, ehhh .. malah nyenyak tidur. Sigana mah leuleus karena puasa. Bangun-bangun jam 7 malem, disuapin nasi + ikan goreng, sosis 2 buah, teh manis 2 gelas. Malam waktu mau tidur lagi, masih sibuk cari makanan, katanya, "ibu, aa belum kenyang." Halah, kalaparan .. :D

Hari ini, bukanya sehabis dhuhur, itupun udah dari pagi bilang laper. Dan sukses mengaji tanpa rewel .. (soalnya udah gak kerasa lapernya .. hehehe). Sekarang sedang tidur tuh ... puasanya diterusin sampe ntar maghrib. Atau jangan-jangan bangun tidur pengen makan lagi ? Entahlah, kita lihat saja nanti .. :).

Lumayan sih ada peningkatan dibanding tahun lalu yang cuma kuat puasa sampe jam 10. Mudah-mudahan aja tahun ini bisa puasa terus meski sampe jam 12 siang.

Ibu harus ekstra sabar nih ngajarin Fauzan puasa plus penjelasan yang gampang dimengerti sama anak seusia dia. Kemarin ibu sempat bilang gini, "Aa, maapin ibu ya kalo ngga ngasih makan. Bukan ibu gak sayang, tapi sebaliknya, karena ibu sayang banget sama Aa, Ibu pengen Aa jadi anak yang sholeh." Kalimat yang berhasil membuat dia gak merengek dalam beberapa saat, karena setelah itu, tetep aja bilang laper, hehehehe ...

29 komentar :

  1. Sama sama Raditya nih....baru jam 8 pagi udah merengek terus minta makan :)
    Ayo Fauzan semangat!!!

    BalasHapus
  2. ayooo Fauzan, pasti bisa, belajar puasa yang semangat yaa sayang ;)

    BalasHapus
  3. wah,, pinteeeerrrrr. anak siapa sih.?? hohoho :)

    BalasHapus
  4. wahhh hebat euuy fauzan udah mulai puasa...gpp yach cuma setengah hari....nanti tahun depan sampe magrib dechh...

    klo ina blm aku ajarin puasa mom...nnti aja kali yach pas umurnya 5 tahunan

    BalasHapus
  5. Menjelaskan pada anak kecil mesti sabar ya...

    BalasHapus
  6. Pinter ih Aa Fauzan udh belajar shaum, pdhl kalo smp maghrib nanti ada hadiah dari ibu lho heuheu..

    BalasHapus
  7. Wah Fauzan hebat...insyaAllah pahalanya puasa sehari pool ya;-)

    BalasHapus
  8. hehehe... hebat dong Aa... gmane atuh si Ibu mah... itu si Aa udah berusaha... pinter dong! hehehe...

    Semoga semangat puasanya nular ke Vania, yah A!

    BalasHapus
  9. hebat atuh segitu mah bu..
    si kecil disini masih susah.. dibangunin sahur masih ngadat.. puasa cuma ampe jam 10, langsung minta susu

    moga-moga aja di hari berikutnya mau coba..

    BalasHapus
  10. hehehe tapi gapapa buat latihan...

    BalasHapus
  11. Hehehe,,,Bu Dey sukses berkomukasi dengan Fauzan,,semoga besok fauzan bisa belajar berpuasa ya Bu...

    BalasHapus
  12. semangat trus A puasanya nanti dikasih hadiah sama ibu :)

    BalasHapus
  13. gampang2 susah ngajarin anak puasa ya bun ;)

    BalasHapus
  14. sukses terus ya buat Fauzan, smoga puasanya tahun ini dipermudah Allah, dan jangan bikin ibu marah2 ya, hehehe

    BalasHapus
  15. Saya dl tk br bljr puasa, dan sd br pisah ama dot tp bkn susu cm aer gula hehe
    Semangat buat aa' fauzanSaya dl tk br bljr puasa, dan sd br pisah ama dot tp bkn susu cm aer gula hehe
    Semangat buat aa' fauzan

    BalasHapus
  16. heat euy si fauzan,,, semanagt terus atuh, Insya Allah Bisa sampe sore. memang belajar puasana banyak makan tenaga, bktinya malam lapar deui...

    BalasHapus
  17. Salam buat Fauzan yang dach semangat puasanya ;)

    Keep Hamasah ;)

    BalasHapus
  18. fauzan umur berapa ya? biasa anak kecil memang harus bertahap, jadi ingat pas kecil dulu

    BalasHapus
  19. sejak kecil memang harus dilatih dengan keimanan sebagai bekal dewasa kelak

    BalasHapus
  20. Melatih anak2 puasa emang kudu sabar ya mbak.., dulu Shasa juga begitu. Alhamdulillah sejak kelas 2 SD sudah bisa puasa penuh sampai Maghrib.

    Apa kabar mbak? Maaf nih baru mampir lagi setelah sebulan absen gak ngeblog.
    Selamat menjalankan ibadah puasa ya.., maaf jika selama ini banyak salah2 kata :)

    BalasHapus
  21. @noor, anak2 ya, sama aja .. :)

    @diah, semangat pas sahur + buka aja tante, puasanya sih masih setengah2 ..

    @KIra, anak orang tuangnya dong ... :D

    @Nia, fauzan juga mulai belajar pas umur 5 taun kok ..

    @Ami, pengalaman ya mbak, secara guru TK ..

    @Orin, anak itu mah gak mempang di iming2i macem2 kalo pas laper mah .. hehe

    @Mrs. Nuki, amin .. mudah2an.

    @Thia, iya nih, target emaknya ketinggian ya ? hehe .. Insya Allah Vania juga bisa ..

    @Hilsya, masing2 anak beda2 kali ya cara belajar puasanya ..

    @Rawins, iya mas, latian sedikit2 ..

    @Honey, makasih tante ..

    @Sofyan, sukses gak sukses mas, tiap hari harus terus komunikasi yg bisa dia mengerti.

    BalasHapus
  22. @Lidya, kalo udah laper mah, iming2 hadiah gak berlaku bun .. hehe

    @Dina, iya nih, trial & error .. :D

    @Nurlaila, amin ...

    @Tarry, hihihi .. air gula juga kan enak ..

    @Blog keluarga, anaknya aktif, jadi aja gampang laper ..

    @Yunda, makasih ... kan semangatnya kettularan dari sana .. :)

    @Sang cerpenis, iya mbak .. yg ringan2 dulu aja

    @Andre, 6 tahun lebih umurnya ..

    @Joe, iya dan itu tanggung jawab ortunya ..

    @Catatan kecilku, sukses ya mengajari Shasa puasa ..
    Iya nih, kemana aja mbak, sama2 ya .. selamat puasa & maaf kalo ada tulisan gak berkenan.

    BalasHapus
  23. Hehehhee, namanya juga masih kelas 1 SD Mbak....
    maklum lah kalo jam 8 udah kelaperan. padahal biasanya sarapan aja susah yaaa

    mirip lah sama kakaknya Dija juga gitu

    BalasHapus
  24. Dija gak puasa Tante
    hihihihi.....

    BalasHapus
  25. ih kejadiannya sm dg anakku. kalo ga ramadhan,...susah bgt disuruh makan hihihii

    BalasHapus
  26. puasa tengah hari untuk anak kecil cukuplah

    BalasHapus
  27. semangat aa fauzan...
    kalo ikhsan puasanya ga minum susu kalau siang. Tapi makan dan minum yang lain tetep aja. Dan ngaku-nya dia puasa hihi...

    BalasHapus