TopMenu

Senin, 23 Mei 2011

Gurilem 3 rasa

Inget postingan Mama Calvin tentang kerupuk Gurilem ma Icih yang buat ngedapetinnya susah banget. Gara-gara ma Icih, gurilem naik kelas ya, harganyapun lumayan. Padahal, itu makanan yang murah meriah, gampang juga kalau mau beli. Seingat ibu, makanan ringan ini udah ada sejak ibu kecil. Dulu ibu menyebutnya kerupuk Ojin, gak tau juga kenapa di namain begitu. Ada yang juga yang bilang kerupuk cacing, karena bentuknya emang panjang-panjang.

Jujur aja, ibu sama sekali belum pernah nyobain kerupuk gurilemnya Ma Icih. Ngga terlalu penasaran juga. Yang ngebedain dengan gurilem biasa apanya ya ... yang pasti mah, harganya beda .. hehee.
Kerupuk gurilem yang biasa ibu beli di bapak2 penjual yang biasa lewat itu, Rp 10.000  bisa dapet 3 bungkus gede.  Ada harga, ada rasa juga kali ya ...
Tapi hebat juga tuh promosi Ma Icih, aneka jenis makanan ringan menengah ke bawah, sekarang jadi makanan mewah. Mudah-mudahan aja, banyak yang bisa ikut meningkat kehidupannya gara-gara Ma Icih.
Buat yang belum tau siapa Ma Icih, ceritanya bisa dibaca di sini.

Nah, foto di atas itu suguhan waktu main ke rumah Bude-nya Fauzan.  Gurilem tiga rasa, yang putih, rasanya asin. Yang kuning, rasanya pedes banget. Yang merah, setengah pedes. Itu juga harganya ngga mahal. Karena memang bukan beli di Ma Icih. Beli di pasar kaget yang tiap minggu itu.

Kalo di daerah lain, ada kerupuk kayak gini gak sih ? Atau cuma di Bandung aja ?

14 komentar :

  1. gurilem pedes enak buat makan nasi, tapi kayanya banyak MSG nya ya itu girilem :)

    BalasHapus
  2. adeww.. sedap kayaknya nih makanin MSG, hehe

    BalasHapus
  3. @lidya, @hilsya : emberrrrrrr ... banyak MSG-nya, makanya jarang banget beli, apalagi aku punya hipertensi, oh tidakkk .. heheh.

    BalasHapus
  4. Sepertinya di kampungku juga ada mbak tapi namanya bukan gurilem/ojin. Kami menyebutnya opak pedas karena rasa y tersedia hny pedas. yang membedakan mungkin, gurilem, pedasnya pake bumbu tabur, tapi kalo di jawa di bumbu pedasnya emg pake cabe yg digoreng bareng opaknya... .

    BalasHapus
  5. laporrr! di kuningan-jabar gak ada gurilem nich.. boleh atuh dikirim sini.. hehe

    BalasHapus
  6. @Mauna, kurang tau juga nih cara buatnya, tapi kayaknya bumbunya di ulek gitu, bukan bumbu tabur. Kalo disini, yg namanya opak biasanya berbentuk bulat.

    @Desy, tukeran ama tape ketan yang dibungkus daun + di wadahin ember item, baru tuh mantep .. hehe

    BalasHapus
  7. Coba komen lagi ah, tadi pagi nggak bisa... ;)

    BalasHapus
  8. Horeee, lo kok bisa :D

    Saya juga penggemar gurilem Dey, krupuk itu bisa saya habiskan langsung dalam sekejap...hehe, kalo sekali udah dimakan, dijamin susah buat berhenti kan?

    I love gurilem...

    BalasHapus
  9. di tempatku gak ada yang kayak gitu tuh Mbak...

    BalasHapus
  10. @Bintang, lho, emang susah buat komen ? kenapa ya ..
    Pengennya lagi dan lagi ya kalo dah makan ini ? Tapi aku gak berani banyak2 mbak ..

    @Elsa, kayaknya makanan ciri khas bandung ..

    BalasHapus
  11. Zulfadhli's FamilyKamis, 26 Mei, 2011

    hihihi, gw mah Teh sejak punya anak dilarang makan yang ber-MSG ria sama si Abang, secara kasian Zahia kalo ngicip2 MSG lewat kendi emaknya ;-)

    BalasHapus
  12. @Mama Zahia, emang harusnya begitu kan, jauh2 dari MSG ..

    BalasHapus
  13. belum pernah nyobain. Kayaknya di djogja ga ada dewh

    BalasHapus
  14. @entik, ntar kalo aku ke yogya, aku bawain deh ...

    BalasHapus