Sabtu, 26 Februari 2011

Wayang dari bunga kembang sepatu

Ini nih salah satu mainan anak-anak di tanah Pasundan. Wayang-wayangan dari bunga kembang sepatu. Tapi kembang sepatu-nya bukan yang bunga lebar. Ibu ngga tau, kalo di daerah lain ada ngga ya. Soalnya kembang sepatu yang ini, jarang di jual di pedagang tanaman hias. Disinipun fungsinya lebih sebagai pagar. Bunganya ngga akan mekar, tetep gitu aja bentuknya, tetep kuncup, tapi memang tumbuh lebih besar dibanding kuncup awal.

Cara buatnya  gampang kok, ambil lidi, 1 kembang sepatu kecil, 1 kembang sepatu besar. Trus, tusukan bunga yang besar dari bawah bunga ke atas (sebagai badan wayang). Bunga yang kecil, ditusuk menyilang di atas bunga besar tadi (sebagai kepala). Jadi deh .. ini penampakannya :


Ini Fauzan lagi asik maenin wayangnya :


Waktu jaman ibu kecil, hampir semua rumah disini pakai tanaman ini sebagai pagar. Tapi sekarang  udah jarang, pagarnya berganti tembok atau besi. Padahal selain sebagai pagar, bisa juga buat tempat jemuran lho, cepet kering lagi. Hanya aja, emang ngerusak pemandangan. Tanaman bagus-bagus, diatasnya bertebaran aneka pakaian, dari yang luar sampe yang dalam dengan aneka warna pula ... hehehe.

11 komentar :

  1. baru tau kembang sepatu bisa dibuat wayang2an, padahal dirumah aki banyak

    BalasHapus
  2. asli keren... warnanya juga turut mengangkat :)

    BalasHapus
  3. Kreatif banget yaaaa

    Hehehe gw juga sama tuh kaya Teh Lidya, baru tau kalo dari kembang sepatu bisa dibikin wayang2an

    BalasHapus
  4. @Lidya, sok atuh kalo nanti ke rumah aki, bikin wayang2an ini buat Pascal + Calvin

    @Merli, @Muslimmuda, @cahayabali : mainan anak kampung, pake yang ada di sekitar aja ...

    @Bunda Zahia, hehehe .. maklum bun, kita mah tinggalnya di Bandung kaki gunung, jadi yang kayak gini bisa dijadiin mainan.

    BalasHapus
  5. Bagus, kreatif mbak... . salah satu warisan budaya dari tanah pasundan... .

    BalasHapus
  6. Mauna, iya nih, perlu di lestarikan kayaknya ya ..

    BalasHapus
  7. hmm wah boleh juga idenya mba.. kalo waktu aku kecil suka diremas remas pake air sama daunya buat 'dodolan minyak' he he he he... kreatifnya juga ibu yang satu ini....

    BalasHapus
  8. @Bunda i-an, selain buat jualan minyak2an, buat campuran kalo bikin gelembung sabun, kadang bunganya juga buat orang2an kalo bikin rumah2an dari tanah. Wah, jadi nostalgia ya ...

    BalasHapus
  9. wahh dulu aku punya pohon kembang sepatu kayak gitu....tp skrang dah mati...

    trnyata lebih gampang bikin wayang yg ini hehehe...

    BalasHapus