TopMenu

Rabu, 15 Oktober 2008

Lebaran 1429 H

Wah, yang lain sudah cerita soal lebarannya ya, ibu belum nih. Males nulisnya plus suka di recokin aja ama Fauzan.

Dimulai dari tanggal 27 September 2023 aja deh.
Kalo yang lain tanggal ini kayaknya pada mulai mudik ya, kalo ibu mah pergi ke pasar, belanja belanji. Ditemenin Mbah Kung. Iya, Mbah Kung-nya Fauzan yang umurnya udah 78 tahun nemenin Ibu belanja. Kekekeke, habis mau di temenin siapa lagi. Bapak kan ngasuh Fauzan dirumah, soalnya kalo di tinggal di rumah ama Mbah, kasian Mbahnya, lieur ama cucunya yang super duper aktif ini. Lagian, ke pasar salah satunya mau beli daging sapi, emang harus ama Mbah. Kalau ibu yang beli, pasti Mbah rada gak percaya, takutnya dapet daging yang kualitasnya jelek. Kita emang jarang banget beli daging sapi atau daging ayam, sehari-hari seringnya beli tahu tempe atau ikan. Sayuran juga jarang beli, soalnya ada di halaman rumah. Ya itu, kebawa pola makannya Mbah Kung. Nanti deh ibu cerita soal ini di postingan yang lain. Kalo sekarang kan mau cerita soal lebaran.
Jarak dari rumah ke pasar itu, 7 km. Jauh banget ya ? Sebenernya banyak tukang sayur kok, bisa aja ibu pesen ke Mang sayur langganan ibu, tapi ya itu, beli daging sapi musti Mbah Kung yang milih. Tetep ....!
Sekalian Mbah mau beli janur buat bikin kulit ketupat. Mbah pengen kulit ketupatnya bikin sendiri. Bentuknya ngga seperti yang biasa, tapi seperti ini nih :



28 September 2023
Bapak ke rumah Nenek di Jatinangor, ibu ama Fauzan di rumah aja. Karena ibu musti nyiapin makanan buat besok plus beres-beres rumah. Ada asisten sih, palingan ibu ngasih petunjuk aja. Rencananya, besok sepupu-sepupu Fauzan plus ortunya pada dateng. Keluarga Ayah Oyo dari Balikpapan , juga keluarga Pakde Pri dari Jakarta. Mereka emang mau lebaran di Parongpong. Kan ada Mbah di sini. Jadi mereka mudiknya ke sini deh.
Ibu bikin ungkep ayam + ungkep tempe aja, tinggal besok di tambahin sambel juga lalapnya, Simpel. O iya bikin rendang jengkol juga, special request Ayah Oyo. Tau tuh, tiap mudik pasti minta di bikinin rendang jengkol.

29 September 2023
Sekitar jam 4 sore, semua pada dateng. Wuih, langsung rame. Ayah Oyo punya anak dua, Ade Ryo + Ade Lunar. Dua-duanya cowok, umurnya gak beda jauh ama Fauzan. Kalo Pakde Pri anaknya tiga, Mbak Tyas, Mbak Suci, Mas Faqih. Ini mah udah pada gadis gede. Mas Faqihnya juga udah kelas 2 SD.
Ada kejadian nih, saat menyambut mereka, belum masuk rumah nih, di teras rumah, Fauzan ama Ade Lunar udah tabrakan. Fauzan benjol di dahi, Ade Lunar di pelipis kanannya. Hihihihi, masak upacara penyambutannya pake benjol-benjol sih.
Menjelang maghrib, Ibu Bapak Fauzan ikut Ayah Oyo ke kota. Keliling-keliling cari tempat buka, dapetnya bakso Malang di Jl. Buah Batu. Niat ibu yang mau belanja bulanan, jadi ngga jadi karena udah kemaleman.

30 September 2023
Ayah Oyo + Mbak Nita lagi bersihin ayam

Kelinci lagi dikejar-kejar sebelum di potong

Lagi pada ngasih makan kelinci peliharaan Mbah

Nah, dimulai deh kesibukan menjelang lebaran. Pagi-pagi sehabis shubuh, Bule Ratih udah bikin rendang. Ibu mah wira wiri aja deh. Trus selanjutnya, Mbah Kung potong ayam kampung 2 ekor. Ayah Oyo + Mbak Nita kebagian ngebersihinnya. Bude Ninik yang bikin opornya, ketupat, sayur lodeh. Eh, Pakde Pri pengen potong kelinci. Ya udah, 1 ekor kelinci peliharaan Mbah di korbankan. (sssttttt, akhirnya yang makan daging kelinci cuma Keluarga Pakde Pri aja, yang laen pada ngga mau. Kasian aja ngebayangin kelincinya. Padahal rasa dagingnya hampir sama dengan daging ayam lho. Kalau kalian pernah ke Lembang, di sepanjang jalan banyak tuh yang jualan sate kelinci dan disini emang banyak peternak kelinci, termasuk Mbah Kung)

1 Oktober 2008
Fauzan sebelum sholat Ied

Mbah bareng 4 cucu laki-lakinya (Ade Ryo, Fauzan, Ade Lunar di pangku, Mas Faqih)

Para cucu nenek Jatinangor
(A Fitra, Kk Rully, Fauzan, Ade Fasya, A Ipang, Ade Bagja, CeuCeu, Teh Ulfa)

Jalan Tol, masuk pintu tol Cileunyi lengang, sementara yang keluar tol, macet sekitar 7 km

Ini dia hari yang di tunggu semua umat muslim. Pagi-pagi banget ibu udah ngebangunin semua penghuni rumah. Ke dapur buat ngerebus air buat mandi. Kasian aja yang dari luar kota musti pagi-pagi mandi air dingin disini. Ibu, Bule Ratih ngga ikut sholat Ied, biasa lah, tamu bulanannya lagi dateng. Sementara yang laen berangkat sholat, ibu + bule Ratih nyiapin hidangan lebarannya. Ibu buru-buru mandi juga, takut keburu ada tamu.
Fauzan untuk pertama kalinya ikut sholat Ied ama Bapak. Duh, semangat banget tu anak. Pake baju koko yang kegedean plus pecinya.
Pulang dari sholat Ied, salam-salaman deh ama semua. Saat Ibu minta maaf ama Mbah Kung, hiks .. sedih, soalnya Mbah Kung memeluk ibu sambil nangis. Ibu yang tadinya gak pengen nangis, jadi ikutan nangis juga. Mbah Kung itu jarang banget nangis lho, mungkin inget Alm. Mbah Ti. Ini kali kedua anak mantu cucu Mbah, ngumpul ngerayaain lebaran. Itupun masih kurang 1 keluarga dink, keluarga Pakde Boni yang di Cepu ngga dateng.
Emang susah banget ngumpulin keluarga Ibu, tinggalnya pada jauh-jauh sih. Biayanya mahal kalo mau pada mudik.
Habis makan-makan, Bapak ibu Fauzan makam Mbah Ti bareng keluarga Pakde Pri. Yang laen udah pada kemarennya. Dari makam, kita ke Jatinangor ke rumah Nenek. Sebelumnya nganterin Bude Ninik + anak-anaknya ke keluarganya di Cigugur.
Kalo di rumah Nenek, semuanya ngumpul lengkap. Fauzan banyak dapet angpau euy. Karena belum ngerti uang, ada yang di tolak ama dia, karena katanya uangnya udah banyak. Dasar anak-anak, hehehe ....
Habis dhuhur, bubar jalan deh. Nenek + kel. Uwa Gagay mau ke Ciawi - Tasikmalaya, kel. Mamah Deuis mau ke Kuningan, kel. Mang Adi ke Ciawi juga, kel. Bi Neng mau ke Garut. Kita pun balik ke Parongpong.
Rencananya, kita ke Ciawinya nanti Minggu, karena Seninnya ada yang nikah, biar sekalian.
Nih suasana saat kita masuk Tol Cileunyi menuju rumah, lengang. Sementara yang ke arah keluar pintu Tol, macet. Liat deh antriannya.
Di Jl. Setiabudhi, depan kampus UPI, ibu muntah-muntah. Masuk angin. Udah dari semaleman emang ngerasa gak enak badan. Tapi kan mau lebaran, juga banyak tamu. Jadi ibu tahan-tahan aja.
Sampe rumah langsung tidur aja deh, meski diketawain ama kakak-kakak, kata mereka, masak baru ke Jatinangor aja udah muntah-muntah. Mereka udah tau sih, ibu kan paling gak bisa naek mobil, kecuali angkot, hahahaha .... Lha, biasanya ke Jatinangor naek motor, ngga kenapa-napa tuh.

2 Oktober 2008
Ibu udah niatin ngga pergi kemana-mana, mau istirahat di rumah aja. Kel. Ayah Oyo nganterin kel. Pakde Pri ke stasiun, mereka emang pulang hari ini ke Jakarta naik kereta. Fauzan di ajak Mbah ikut keluarga Pakde Agung silaturahmi ke temannya Mbah (Mbak Nita + Teteh Fia malah ikut rombongan Ayah Oyo, jadi untuk sementara Fauzan jadi anaknya Pakde Agung + Bude Anna).
Di rumah bukannya istirahat, tapi Ibu ama Bapak kerja bakti bersih-bersih rumah. Nyuci, ngepel, setrika, dll. Mumpung tamunya pada pergi. Tau sendiri deh, rumah kalo penuh anak-anak, bener-bener kayak kapal pecah.

3 Oktober 2008
Tetep di rumah, nerusin kerjaan rumah. Tapi ibu bener-bener gak kuat, badannya beneran cape. Jam 10 pagi, ibu nyerah deh. Asisten yang lagi libur di panggil. Itulah enaknya punya asisten tetangga sebelah, tinggal panggil aja meski sebenernya lagi libur.
Ibu nerusin tiduran aja. Fauzan anteng ngga ngerecokin, karena ada Mbak Nita yang nemenin.

4 Oktober 2008
Ada acara Halah bi Halal keluarga besar dari kakeknya Fauzan (Bapaknya Bapak)di RM. Ponyo di Jl. Malabar. Awalnya ibu gak mau ikut karena jaga kondisi buat Minggu (mau ke Tasikmalaya). Tapi kok ngga enak, ya dateng aja lah. Toh masih di Bandung juga.
Acaranya salam-salaman, makan-makan, juga bagi2 hadiah. Saking banyaknya keluarga ini, sampe sekarang ibu masih ada yang gak tau namanya. Duh, puntennya Akang Teteh Uwa dll.
Keluarga Bapak emang gak seperti keluarga ibu. Keluarga Bapak mah, meski udah nyampe cicit, buyut, masih nyambung silaturahminya. Jadi tiap tahun pasti ada acara kayak gini.
Perjalanan pulang ke rumah, gantian Fauzan yang muntah-muntah. Kecapean juga kayaknya.

5 Oktober 2008
Saatnya mudik. Berangkat dari rumah jam sekitar jam 9 pagi. Nyantai aja, sempet mampir ke swalayan buat beli kaos kaki ibu. Alhamdulillah perjalanan ke Tasikmalaya lancar-lancar aja.

Sekitar Nagrek, jalan ke arah Tasikmalaya

Fauzan sempet gak bisa diem di dalem mobil, mana ibu lupa bawa maenan atau buku bacaannya. Yang ada, Fauzan mulai berulah. Bolak balik ke depan, ke belakang lagi, buka kaca jendela, dll. Mulai deh. Tapi gak lama, Fauzan tidur. Kita bangunin pas kita mau makan di RM. Racik Desa. Sebenernya dia masih ngantuk, makanya sempet rewel.
Disini kita pesan nasi liwetnya, paket buat ber-2. Itupun ternyata ngga habis, dibawa pulang aja sisanya. Ngga mau rugi, hehehehe.

Nasi liwetnya nih, lauknya tahu, tempe, ayam goreng, asin peda, lalap, sambel, hmmmm....

Fauzan ngambek gak mau difoto, masih ngantuk kayaknya

Ibu + Bapak, yang motretnya Fauzan

Setelah dhuhur, kita lanjutkan perjalanan. Sampai Ciawi, udah banyak saudara, pada sibuk persiapan buat acara pernikahan sepupunya Bapak besok hari. Tapi ternyata, disana lagi kekeringan. Ngga ada air. Ngungsi deh kita ke rumah saudara yang ada air. Ikutan mandi.
Malem harinya, Fauzan tidurnya ngga nyenyak. Banyak nyamuk dan hareudang. Maklum lah, biasa tinggal di tempat dingin.

6 Oktober 2008
Pagi-pagi udah bangun, ngungsi lagi ikutan mandi. Trus balik ke tempat hajatan. Fauzan ama Ibu pake batik, kembaran. Tapi Bapak ngga, pake kemeja yang warnanya senada aja. Kompak deh kita.

Saat acara akad nikah, Fauzan malah bobo. Tapi sebelumnya sempet liat upacara adatnya, pake lengser gitu.
Karena Fauzan bobo, ibu nemenin dia aja. Takutnya bangun, kalo ibunya ngga ada, pasti nangis. Wah, bisa ngerusak acara nih. Makanya, pas foto keluarga bareng pengantin, Fauzan ngga ada.
Selamat ya buat Bi Nia, mudah-mudahan langgeng.
Habis acara, kita langsung pulang. Mampir ke rumah Nenek di Jatinangor dulu. Ibu beneran tumbang deh, sepanjang jalan pulang dari Ciawi, ibu muntah-muntah terus. Eh, Fauzan kok ikutan juga. Sampe rumah Nenek, ibu langsung tiduran, badan kayaknya lemes banget. Tapi masih harus lanjut jalan nih, sampe rumah Parongpong sekitar jam 10-an malem deh.
Legaaaaaaaaa banget masuk rumah, masuk kamar. Fauzan aja langsung masuk kamarnya, tidur ! Home Sweet Home .....

Ternyata tensi ibu naek euy, maag nya juga. Pola makan setelah lebaran berubah sih, belum lagi menu makannya. Cape pula. Walah .....

Alhamdulillah, hari ini mulai baikan, masih tinggi sih tensinya, tapi badannya udah gak pegel-pegel lagi. Mulai jualan lagi. Meski yang online belum di update, ngurus yang offline dulu.

Ufh, akhirnya berhasil juga nulis cerita lebaran. Panjang bangett ......!!!!!!!!

7 komentar :

  1. cukup panjang teh, aku juga blom sempet cerita lebaran, belom mood, hehehe....btw, asik banget deh ngeliat poto halaman rumahnya luas gitu, nanem sayuran pula, boleh ga main ke rumah, tiap akhir bulan aku juga ke bandung loh, ketemu omanya Raka & Maliq.
    Btw, kronologis tanggalnya salah ketik deh mbak, mestinya okt :)

    BalasHapus
  2. Hayah, nuhun Teh Ning. Itu teh saking semangat buat nulis, padahal udah tengah malem, sampe salah ketik bulan. Sekarang udah di benerin kok.

    BalasHapus
  3. Hihihi...ini nulisnya penuh dg perjuangan yah,bu? Gmn masih lemes?

    tapi asyik tuh,Bu... lebarannya rame bgt.. jd kangen lebaran di kampung.. motong2 ayam sdri.. masaknya rame2.. hmmm.. pasti seru bgt....

    BalasHapus
  4. Wah lengakp...kap dech ceritanya seru!!! Asik dong rame ya lebaran kumpul keluarga...
    Aduh itu kelinci kasian amat ya!!! Klo hewan piaraan suka kasian klo dipotong trus dimakan kita sendiri ya...
    Itu ketupat lucu amat bentuknya lain daripada yg lain dech...
    Wah mudik juga ke tasik ya...Saya juga nenek orang tasikmalaya nich...hehehehe

    BalasHapus
  5. Fauzan bagus banget baju kokonya.. gambar mobil....

    BalasHapus
  6. wah ke tasik juga mudiknya... sama dengan ayahnya i-an cuma aku nddak ikut males macetnya he he he...
    eh teh RM Racik desa sebelah mana sih.. jadi kabita neh...

    BalasHapus
  7. yuhuuu, panjang ceritanya...asyik
    acaranya padet banget ya, sampai si ibu muntah2 bin sakit bin masuk angin deh...

    itu yg makan di RM Racik Desa, bikin ngiler aja deh.

    Mudah2an sekarang dah sehat lagi ya..

    BalasHapus